Binus Communication Department berkunjung ke sekolah di provinsi Riau pada hari selasa dan rabu 24-25 Januari 2024 untuk memberikan seminar Pendidikan mengenai media digital. Mariko rizkiansyah merupakan pembicara dari Binus Communication science department yang membawakan materi untuk sekolah – sekolah di Riau. Terdapat dua sekolah yang mengundang Binus untuk hadir yaitu sekolah Witama dan sekolah Education 21.

Pada kunjungan hari pertama di sekolah Witama, Binus communication science department bekerja sama dengan fakultas business analisis membawakan materi tentang hoaks dan bagaimana cara memberantasnya. Mariko rizkiansyah selaku dosen Binus communication department memulai seminar dengan mengajak peserta untuk bermain games menebak informasi benar atau salah dengan menggunakan aplikasi Quiziz. Peserta yang terdiri dari siswa kelas kelas 10 dan 11 dengan total 100 siswa ini sangat antusias untuk menebak informasi yang benar ataupun palsu.

Usai bermain games, Mariko memberikan materi mengenai hoaks dan bagaimana mengenalinya. Menurutnya, hoaks merupakan informasi yang menyesatkan namun seringkali dipakai untuk menyesatkan Masyarakat agar tidak mengetahui tentang kebenaran. Dosen yang bertugas sebagai koordinator konten di communication science departemen jurusan mass communication ini juga mengenalkan peserta berbagai situs website seperti…dan aplikasi – aplikasi dengan teknologi artificial intelligence untuk mendeteksi informasi yang hoaks.

Pada akhir sesi, Mariko Rizkiansyah menutup dengan memberikan kuis menebak berita informasi dengan menggunakan situs website ataupun tools AI. Sebanyak lima informasi benar dan palsu diberikan kepada peserta dengan hasil mayoritas peserta berhasil mengetahui berita benar atau palsu. Sebelum berpisah, dosen mass communication dari communication department binus ini menyampaikan bahwa materi tentang hoaks dalam dunia digital bisa lebih banyak dipelajari lagi pada mata kuliah yang terdapat di Binus mass communication science department.

Rangkaian kunjungan Binus Communication Science Department di Riau berlanjut di hari kedua dengan mengunjungi sekolah SMP education 21. Dua materi dipersiapkan untuk sekolah ini yaitu bagaimana mengenalkan brand produk di digital dan membuat konten digital melalui media sosial dengan fakultas manajemen mengenalkan cara membuat bisnis dalam dunia digital. Sebanyak 50 peserta dari kelas 10, 11 dan 12 beserta kepala sekolah ikut meluangkan waktu berpartisipasi dalam pelatihan binus mass communication dan creative communication science department ini.

Pelatihan dimulai dengan bermain Quizlet secara kelompok agar setiap siswa mampu membaur dengan kawannya dan kepala sekolah. Pada sesi ini, Mariko Rizkiansyah selaku pembawa materi dari Binus Creative Communication Program dan Mass Communication Program mengenalkan pentingnya brand pada konten dan bagaimana peserta ternyata terpengaruh oleh brand suatu produk secara tak sadar. Di akhir sesi, pembicara mengajak peserta untuk menebak brand dari suatu produk dari tagline produk tersebut. Seluruh peserta berhasil menjawan pertanyaan yang diajukan oleh pembicara.

Sesi pelatihan berlanjut setelah diselilingi oleh strategi bisnis digital dari fakultas manajemen. Pada sesi materi ini, Mariko rizkiansyah memberikan materi mengenai bagaimana membuat konten di media sosial. Diakhir sesi sekaligus penutup pelatihan, pembicara meminta peserta untuk membuat konten. Setelah 30 menit, terkumpul 11 konten mengenai sekolah dan sekaligus menjadi branding konten sekolah tersebut. Sebagai penutup, Kepala sekolah menyampaikan terima kasih karena pelatihan dari Creative Communication dan Mass Communication Program Binus University ini bukan hanya memberikan informasi namun sekaligus memberikan karya nyata berupa konten yang dihasilkan oleh peserta siswa secara mandiri.