Photography merupakan sebuah seni dan penghasilan gambar dengan cahaya pada film atau permukaan. Photography bukanlah suatu hal yang bisa diambil begitu saja atau sekedar memfoto objek dengan kamera. Melainkan, photography membutuhkan teknik teknik mendalam untuk membuat sebuah foto yang diambil begitu berkesan dan menarik. Photography adalah media yang dapat berekspresi dan berkomunikasi dengan kuat, serta menawarkan berbagai persepsi, interpretasi,dan ekseskusi yang tak terbatas.

Kemampuan dalam melakukan photography yang baik tentunya perlu dilatih sesuai dengan teknik- teknik yang ada. Hal itu dilakukan agar gambar atau foto yang dihasilkan dapat menarik perhatian publik. Dalam photography, kita bisa berkaya tidak hanya dengan memnggunakan kamera. Melainkan kita juga bisa menggunakan teknik mobile photography.

Mobile photography adalah teknik dalam photography yang dilakukan dengan menggunakan alat alat mobile seperti gadget atau yang bisa kita sebut dengan smartphone atau handphone. Seiring dengan berjalannya waktu, gadget yang kita gunakan terus berkembang menjadi lebih baik lagi. Tentunya dengan inovasi-inovasi menarik yang dapat mempermudah kita dalam melakukan kegiatan atau aktivitas sehari-hari. Dengan gadget yang canggih, kita dapat melakukan photography tidak hanya dengan kamera saja, melainkan bisa juga dari gadget. Terutama, di zaman yang sudah serba digital ini, anak-anak muda terus berkembang dan berinovasi. Mereka ingin dapat melakukan kegiatannya dengan mudah dan cepat. Tentu, hal ini pastinya berkaitan dengan teknik mobile photography. Anak muda masa kini, pasti akan jauh lebih suka berfoto dengan gadget atau yang biasa disebut dengan mobile photography dibandingkan berfoto dengan menggunakan kamera biasa. Hal itu dikarenakan, keunggulan dari mobile photography yang lebih simple, mudah dipelajari, dan juga lebih compact untuk dibawa kemana mana. Kita hanya membutuhkan sebuah gadget untuk berfoto atau memfoto
objek tertentu. Bahkan hasil yang dihasilkan dari teknik mobile photography pun tidak kalah baik dengan photography biasa yang menggunakan kamera.

Oleh sebab itu, anak muda zaman sekarang pasti akan jauh lebih suka dan nyaman melakukan photography dengan gadget. Teknik-teknik yang ditawarkan dari mobile photography juga hampir sama dengan teknik photography biasa, hanya saja alatnya yang berbeda. Beberapa teknik mobile photography yaitu ada shutter speed yang merupakan kecepatan rana ketika menangkap gambar suatu objek. Ketika objek yang akan dipotret bergerak cepat, maka dibutuhkan shutter speed yang tinggi pula agar gambar tertangkap dengan baik dan tidak bias (blur). Lalu terdapat juga teknik ISO atau yang bisa disebut sebagai tingkat sensitifitas sensor kamera terhadap cahaya. Semakin rendah nilai ISO maka hasil foto akan semakin gelap, sebaliknya nilai ISO semakin tinggi maka semakin terang foto yang dihasilkan.

Lalu, yang terakhir, terdapat teknik aperture atau bukaan diafragma pada sensor kamera. Semakin diafragma terbuka lebar, maka akan semakin banyak cahaya yang masuk sehingga mampu menghasilkan gambar dengan pencahayaan yang cukup. Setiap kamera memiliki ambang bukaan diafragma yang berbeda-beda. Ketiga teknik tersebut adalah teknik dasar yang harus dilakukan ketika memfoto objek menggunakan mobile photography. Dalam mobile photography terdapat juga seni komposisi yang terdiri dari rule of third, point of interest, dan juga leading line. Terdapat pula angle yang dapat digunakan dalam mobile photography. Contohnya seperti low angle (pengambilan foto dari bawah), eye level (pengambilan foto sejajar), dan high angle (pengambilan foto dari atas). Ketika kita ingin melakukan photography, biasanya terdapat waktu waktu yang baik dan pas untuk pengambilan foto. Di pagi hari biasanya pada pukul 06.00 – 07.00. Di sore hari sekitar jam 17.00 – 18.00. Dan juga pada malam hari. Mobile photography ini biasanya digunakan untuk membuat konten konten masa kini. Hal itu dikarenakan, ketika kita membuat konten menggunakan mobile photography, akan mempermudah kita dalam membuat konten. Tentunya hal itu juga dikarenakan sifatnya yang simple dan compact. Konten konten masa kini yang umumnya dibuat oleh anak muda biasanya tidak hanya terdiri dari foto saja. Melainkan terdiri juga dari text, visual, audio, dan AI.

Kita sebagai anak muda, sudah hidup di zaman yang semuanya serba modern. Maka dari itu, sudah seharusnya kita paham dengan teknik teknik masa kini, contohnya seperti AI dalam pembuatan konten. Memang di zaman yang serba digital ini, semuanya dapat dilakukan dengan mudah. Maka dari itu, mobile photography yang dilakukan dalam membuat konten merupakan sebuah teknik yang sudah baik dilakukan. Terutama, di zaman sekarang ini, semuanya sudah bisa dilakukan dengan menggunakan gadget saja. Jadi bisa dikatakan bahwa teknik mobile photography adalah pilihan terbaik yang dapat dilakukan untuk membantu kita dalam membuat sebuah konten di zaman sekarang ini. Dengan hanya menggunakan gadget, kita bisa melakukan berbagai macam hal kegiatan dan aktivitas sehari hari terutama membuat konten menarik untuk dilihat oleh publik.

Menurut saya, pembuatan konten yang baik adalah ketika kita merasa senang untuk membuatnya. Oleh sebab itu, kita juga dapat memberikan kebaikan dan kesenangan yang kita rasakan kepada publik atau orang lain agar mereka juga bisa merasakan kesenangan yang kita alami. Kita akan merasa senang dalam membuat konten ketika kita tidak merasa terbebani dalam membuat konten tersebut. Maka dari itu, dikarenakan sifat anak muda zaman sekarang yang ingin simple dan cepat, pembuatan konten akan baik dilakukan ketika kita ingin mengambil foto menggunakan mobile photography. Hal itu tentu merupakan kombinasi yang baik dan tepat untuk pembuatan konten yang menarik bagi publik