Perkembangan zaman sekarang atau saat ini juga sangat berpengaruh terhadap perkembangan teknologi loh! Salah satu nya adalah Teknologi Artificial Intelligence. Teknologi Artificial Intelligence atau AI adalah program komputer yang dirancang untuk meniru kecerdasan manusia, meliputi kemampuan mengambil keputusan, logika, dan karakteristik kecerdasan lainnya. Saat ini AI telah banyak digunakan di berbagai aplikasi seperti search engine, asisten virtual seperti Siri, Google Assistant, dan Cortana. Selain itu penggunaan AI juga sudah mencapai tingkat yang mengagumkan, salah satunya adalah penggunaan dalam kendaraan (self drive) yang memungkinkan kendaraan melaju dengan sendirinya tanpa campur tangan manusia. Menurut saya AI akan sangat dibutuhkan dan sangat bermanfaat bagi kita di masa sekarang. Perkembangan AI dalam beberapa waktu terakhir juga semakin populer dan semakin pesat.

Seperti yang kita tahu saat ini robot AI banyak sekali digunakan oleh berbagai restoran, pabrik, hingga perusahaan. Banyak penggunaan robot AI sebagai pengganti tenaga kerja manusia. Sampai ada yang memilih menggunakan robot sebagai pengawas pekerjaan. Berdasarkan berita dari Times of India, sebuah perusahaan minuman di Polandia bahkan memanfaatkan robot AI sebagai CEO eksperimental. Robot AI tersebut bertugas untuk mengawasi pertumbuhan perusahaan dalam bidang komunikasi hingga perencanaan strategi perusahaan.

Jika dilihat dari kecerdasan dan manfaat yang diberikan robot AI untuk manusia, menurut saya teknologi tersebut nantinya akan bisa menimbulkan berbagai pro dan kontra dari masyarakat. Pasti akan menimbulkan kekhawatiran jika nantinya teknologi robot tersebut benar benar menggantikan peran manusia dalam pekerjaan. Di satu sisi memang teknologi robot AI tersebut bermanfaat untuk meningkatkan efisiensi, akurasi, dan kecepatan dalam mengolah data. Tetapi di sisi lain seiring dengan kemajuan teknologi AI, muncul juga tantangan seperti penyalahgunaan data pribadi dan risiko keamanan siber.

Menurut saya setiap orang yang menggunakan teknologi AI akan sangat terbantu dalam menyelesaikan pekerjaan nya, contohnya para pebisnis yang terbantu dalam menjalankan usahanya. Namun dibalik semua kemudahan tersebut tentu ada kekhawatiran bahwa teknologi AI akan membuat banyak pekerjaan menjadi tak berarti. Dan menurut pandangan saya terhadap dampak negatif yang juga bisa ditimbulkan jika teknologi AI semakin berkembang adalah meningkatnya angka pengangguran dan hilangnya pekerjaan manusia, tentu saja hal ini bisa terjadi dikarenakan otomatisasi dan  hampir semua pekerjaan manusia diambil alih oleh robot AI tersebut. Berdasarkan data yang saya peroleh dari firma Challenger, Gray & Christmas menunjukkan perusahaan di AS melakukan PHK terhadap lebih dari 80.000 karyawan sepanjang Mei 2023. Alasan meningkatnya PHK sepanjang Mei adalah kondisi pasar yang belum stabil, restrukturisasi, serta -untuk pertama kalinya diakibatkan penerapan AI. Lebih spesifik, hampir 4.000 pekerjaan yang dipangkas sepanjang Mei 2023 benar-benar disebabkan AI.

Kesimpulannya secara keseluruhan, menurut saya teknologi AI memiliki potensi besar untuk merubah cara kita hidup dan bekerja. Kemajuan perkembangan teknologi AI sangat menguntungkan dan bermanfaat bagi kehidupan manusia. Dengan adanya AI semua pekerjaan dapat mudah dilakukan dan diselesaikan. Tetapi perlu adanya kesadaran juga dalam menggunakan teknologi AI tersebut, jangan sampai dengan adanya kemudahan tersebut membuat kita terlalu mengandalkan teknologi dan membuat kita menjadi malas dan rentan terhadap teknologi.

References

Admin SMP. (2023, 6 8). Mengenal Artificial Intelligence : Teknologi. Retrieved from ditsmp.kemdikbud: https://ditsmp.kemdikbud.go.id/mengenal-artificial-intelligence-teknologi-yang-akan-mengubah-kehidupan-manusia/

Ayuningtyas, N. (2023, 11 10). Perusahaan Minuman Ini Jadikan Robot AI sebagai CEO, Sanggup Kerja 24 Jam. Retrieved from Liputan6: https://www.liputan6.com/hot/read/5449902/perusahaan-minuman-ini-jadikan-robot-ai-sebagai-ceo-sanggup-kerja-24-jam

Redaksi, CNBC Indonesia. (2023, 6 5). Gara-Gara AI, Ribuan Karyawan Kena PHK dalam Sebulan. Retrieved from cnbcindonesia: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230605155410-37-443113/gara-gara-ai-ribuan-karyawan-kena-phk-dalam-sebulan