Dalam hidup ini kita tidak hanya harus peduli terhadap Kesehatan fisik saja. Namun kita juga harus menjaga kesahatan mental, semua ini berlaku untuk semua orang mulai dari anak-anak sampai lansia. hal ini pun mempengaruhi bagaimana kita berpikir,merasakan dan bertindak. Tanpa di sadari semua ini juga dapat mempengaruhi Kesehatan fisik. Dan bila kesahatan mental kita terganggu, hal ini akan mengganggu aktivitas kita dimana saja, termasuk di lingkungan kerja. Banyak orang di luar sana mengalami masalah Kesehatan mental. Banyak yang berhasil menyembuhkannya namun ada juga yang belum bisa sembuh akibat masalah yang dihadapinya. Pentingnya Kesehatan mental untuk tidak boleh di abaikan dengan sepele.

Masalah ini harus kita hadapi dengan serius untuk dapat mencegah menjadi lebih parah.

Sebelumnya kita harus mengetahui apa itu mental health atau Kesehatan mental. Dan mengapa hal ini sangat lah penting untuk pedulikan. Menurut WHO atau World Health Organization. Organisasi Kesehatan dunia mengatakan bahwa Kesehatan mental sebagai keadaan sejahtera dimana individu menyadari kemampuannya sendiri, dapat mengatasi tekanan hidup yang normal, dapat bekerja secara produktif dan bermanfaat, dan mampu membuat kontribusi kepada sekitarnya. Dan juga membantu menentukan bagaimana kita menangani stress,berhubungan dengan orang lain, dan membuat sebuah pilihan. Kesehatan mental penting pada setiap tahap kehidupan, dari masa kanak-kanak,remaja hingga dewasa. Dan hal ini merupakan hal yang umum, terjadi oleh semua orang. Kesehatan mental dan kesehatan fisik adalah komponen penting dari Kesehatan keseluruhan untuk jiwa dan raga. Seperti misalnya, terkena depresi dapat meningkatkan resiko berbagai jenis masalah kesehatan fisik,terutama kondisi jangka panjang seperti diabetes,stroke bahkan penyakit jantung sekalipun. Demikian pula, adanya kondisi kronis yang dapat meningkatkan penyakit mental. Saat ini sudah banyak orang yang terbuka dan yang bersedia menolong menangani masalah Kesehatan mental.

Dari kanak-kanak sampai dewasa saat mengalami Kesehatan mental, suasana hati,berperilaku dan cara berpikir dapat terpengaruh. Khususnya di lingkungan kerja. Saat di lingkungan kerja pasti kita akan bertemunya tekanan, mulai dari atasan yang menuntut banyak pekerjaan, client yang bermacam-macam permintaan. Atau juga rekan kerja yang kurang kerjasamanya. Hal ini mebuat diri kita dapat menjadi tertekan yang dapat menimbulkan masalah Kesehatan mental bila di abaikan begitu saja. Dan membuat perkerjaan menjadi berat dari pada biasanya. Dan dapat membuat diri kita menjadi Lelah. Kemudian munculnya rasa insecurity yang di timbulkan karena tidak merasa nyaman terhadap lingkungan disekitarnya. Yang kemudian menimbulkan stress yang dapat mengganggu Kesehatan mental. Dengan menjaga Kesehatan mental kita di lingkungan kerja, hal ini dapat membantu performa perkejaan yang di kerjakan menjadi lebih baik. Dengan peduli terdahap Kesehatan mental kita.

Seperti diketahui ada banyak juga faktor yang dapat mempengaruhi kondisi Kesehatan mental seseorang, seperti trauma,pelecahan,gaya hidup yang tidak sehat,keturunan, atau juga karena masalah Kesehatan fisik seperti cedera pada otak. untuk peduli dengan Kesehatan mental kita harus memperhatikan hal-hal yang dapat menjaga kesahatan mental. Seperti jangan lupa bersyukur apa yang telah kita miliki walaupun sekecil apapun itu atau yang kita dapatkan tanpa adanya rasa iri atau dengki tanpa membandingkan dengan orang lain. Selalu lah bersikap positif dan menerima apa adanya. Kemudian istirahat lah yang cukup, karena dengan kurangnya istirahat akan menggangu kita dalam berpikir atau berperilaku yang dapat memicu masalah Kesehatan bahkan bisa terjadinya burnout karena stress berat yang di alami di lingkungan kerja dan kurangnya istirahat. Ubalah gaya hidup yang lebih sehat seperti tidak mengonsumsi akohol,merokok,begadang dan ubalah dengan mengonsumsi makanan yang lebih sehat,berolahraga dan tidur yang cukup. Bila kita ikuti Langkah-langkah ini, bisa membantu kita dalam menjaga Kesehatan mental bahkan menjaga kesahatan fisik. Bila perlu kita terus-menerus menerapkan hidup sehat untuk tidak hanya di lingkungan kerja namun dilingkungan lainnya.

Menurut WHO, Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan saat ini, hamper 1 miliar orang hidup dengan gangguan mental dan di negara yang masyarakatnya memiliki penghasilan rendah, lebih dari 75% orang dengan gangguan tersebut tidak menerima pengobatan. Setiap tahunnya, diperkirakan hamper 3 juta orang meninggal akibat penyalahgunaan zat. Setiap 40 detik, satu orang meninggal karena bunuh diri. Sekitar 50% gangguan Kesehatan mental dimulai pada usia 14 tahun. Khususnya dunia ini yang telah terkena pandemic covid-19 telah mengganggu pelayanan Kesehatan mental yang terhenti oleh pandemi tersebut di 90% negara diseluruh dunia. Bahkan mereka mengatakan Depresi akan membebani banyak negara dalam sepuluh tahun kedepan.

Oleh karena itu Kesehatan mental bukan lah hal yang disepelekan, Kesehatan mental sama pentingnya Kesehatan fisik. Kita sebagai manusia harus bersyukur dan banyak bersabar atas apa yang terjadi di dalam kehidupan kita. Kita sebagaimana manusia memperkuat mental kita dengan hidup sehat,berpikir positif dan dekatkan diri kepada tuhan. Dengan melakukan hal ini sudah dapat menjaga Kesehatan mental kita.tanpa perlu datang ketempat berobat. Namun bila sudah cukup tidak jaga sendiri, lebih baik minta tolong ke ahlinya.

References:

Bella, D. (2022, April 22). Memahami Kesehatan Mental Dan Cara Menjaganya. Retrieved from ALODOKTER: https://www.alodokter.com/cari-tahu-informasi-seputarkesehatan-mental-disini#:~:text=Seseorang%20dapat%20dikatakan%20sehat%20secara,dan%20berintera ksi%20dengan%20orang%20lain.

Kesehatan, K. (2018, juni 08). Kesahatan Mental. Retrieved from kemkes:

https://www.kemkes.go.id

WHO. (2018, maret 30). Mental Health. Retrieved from who.int: https://www.who.int/newsroom/fact-sheets/detail/mental-health-strengthening-our-response