Sumber: https://www.sekolah.mu/blog/sains-tech/perkembangan-teknologi-pendidikan

Pada era digital ini, pendidikan sudah bisa dilakukan dari mana saja dengan peralatan elektronik seperti, hp, laptop, dan juga dengan Ipad. Karena adanya wabah Covid-19 mengharuskan sistem pendidikan harus dilakukan secara daring. Dengan adanya sistem daring juga mempermudah, guru dan juga siswa dalam sistem belajar mengajar. Dalam era globalisasi ini, sudah selayaknya kita mulai beradaptasi dengan teknologi.

Pergeseran sistem pendidikan pada masa ini tidak hanya mencakup penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak yang canggih untuk menunjang sistem belajar mengajar. Dengan adanya teknologi juga memperluas akses pengetahuan ke luar batas geografis. Pendidikan dalam era digital ini tidak hanya menggantikan buku dengan tablet atau Ipad, tetapi juga mempermudah akses belajar sehingga bisa dilakukan dimana saja. Era digital ini juga menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan terbuka untuk inovasi.

Pendidikan di era digital tidak hanya tentang memahami materi pelajara, tetapi juga untuk mengembangkan keterampilan digital yang diperlukan dalam dunia kerja. Siswa diajak untuk mampu menguasai teknologi seperti alat digital, analisa data, dan pemecahan masalah. Teknologi juga membantu siswa untuk menentukan sistem dan gaya belajar yang sesuai dengan diri mereka. Sistem pembelajaran juga menggunakan kecerdasan buatan yang mampu menganalisa kebutuhan tiap siswa.

Teknologi juga memungkinkan akses ke pengetahuan tanpa memandang batas wilayah. Teknologi juga membantu untuk menciptakan kesempatan pendidikan yang merata di berbagai lokasi. Dengan adanya sistem pendidikan secara daring juga mendukung pembelajaran jarak jauh, dan juga memberikan fleksibilitas untuk siswa dan guru. Dengan teknologi, siswa juga diberi kemudahan untuk mendapat pelajaran yang sesuai dengan minat dan bakat mereka, selain itu siswa juga diberi kemudahan dalam memilih pelajaran apa yang sesuai dengan mereka.

Pendidikan pada era digital memberikan peluang untuk memperkaya pengalaman belajar dan memberikan keterampilan yang diperlukan dalam dunia yang terus berkembang. Namun, tantangan dalam pendidikan secara digital juga menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Pendidikan akan selalu menjadi sarana yang membuka pintu bagi setiap individu untuk memperoleh informasi tanpa melihat latar belakang dan kondisi geografis. Dengan menggabungkan teknologi dengan visi pendidikan, kita bisa membentuk masa depan yang cerah untuk semua.

 

Referensi

Sulut, B. (2023, 10 10). Bergerak Menuju Transformasi Pendidikan Di Era Digital: Mewujudkan Pembelajaran Informatika Yang Adaptif. Retrieved 11 27, 2023, from Kemdikbud: https://bgpsulawesiutara.kemdikbud.go.id/2023/10/10/bergerak-menuju-transformasi-pendidikan-di-era-digital-mewujudkan-pembelajaran-informatika-yang-adaptif/

Zahra, D. A. (2022, 12 30). Perkembangan Teknologi Dalam Pendidikan. Retrieved 11 27, 2023, from Jurnal Post: https://jurnalpost.com/perkembangan-teknologi-dalam-pendidikan/41610/