Ketika kita menyadari bahwa pada kenyataannya masalah hidup pasti datang secara tiba-tiba dan kita tidak bisa lari dari kenyataan, atau bisa dikatakan sembuh dengan penyakit itu berat untuk ditanggung, orang-orang yang berjuang merasakannya. Ia merasa hidup dalam realita tidaklah mudah, namun juga tidak mungkin meninggalkan realita karena dimanapun ia berdiri akan selalu ada masalah, sebaiknya jalani dengan setenang mungkin dan yakinlah harus dicarikan solusi untuk setiap masalah. Hal yang paling penting dan utama saat seseorang sedang menghadapi masalah adalah mengutamakan istirahat. Kenyamanan diri adalah kriteria terpenting untuk dapat berpikir jernih, karena emosi negatif terkadang memperumit situasi alih-alih menyelesaikannya. Masalah yang muncul dan muncul seringkali berdampak negatif pada kehidupan seseorang, bahkan jika mereka tidak menyadarinya, seringkali membuat seseorang trauma. Oleh karena itu, emosi negatif dapat diungkapkan atau dihilangkan karena dapat menghibur diri sendiri, tetapi memiliki efek negatif pada orang di sekitarnya.

Pada dasarnya setiap orang pernah mengalami masalah, baik yang terkecil maupun yang terbesar. Apalagi jika dilihat dari kondisi lingkungan permasalahan yang sering muncul di kalangan remaja yaitu masalah percintaan, permasalahan tersebut seringkali berdampak signifikan. Hal seperti ini dapat mempengaruhi seseorang secara negatif dan positif. Tentu saja ia merasa tertekan dengan adanya masalah tersebut. Pernyataan di atas adalah contoh masalah remaja. Selain itu masih banyak hal lain yang pasti akan membuat seseorang merasa stres yang tidak terkendali. 

 

Apa itu stress ? 

Stress adalah penyakit yang timbul dari pikiran seseorang terhadap situasi dan kondisi yang sedang dialami bisa dalam bentuk ancaman atau berbentuk bahaya untuk dirinya. Stres merupakan salah satu bagian terpenting dalam kehidupan seseorang, misalnya stres ringan berguna untuk memperbaiki cara berpikir dan pola usaha seseorang, sehingga dapat dengan cepat menyelesaikan tantangan hidup. Ketika seseorang tidak merasakan stres, mereka selalu merasa santai dan meremehkan hidupnya, sehingga stres dapat diantisipasi. Stres yang berlebihan juga tidak diperbolehkan, karena berdampak negatif pada kesehatan mental atau psikologis seseorang.

Tetapi dengan timbul nya ke stressan seseorang menjadi lebih mudah menyelesaikan masalah kehidupan nya. Mengapa begitu ? karena orang itu banyak belajar dari stress yang dialami nya mulai dari situlah orang itu mencoba beradaptasi untuk menyelesaikan masalah kehidupan nya. kemudian orang tersebut terbiasa menghadapi stres dan tidak membiarkan stres yang berlebihan menimpanya. Idealnya, selama fase stres ini, seseorang dapat mengubah stres menjadi motivasi untuk sukses. Lalu mengapa? Karena perubahan ini bisa meminimalisir emosi yang muncul akibat stres, terutama emosi negatif yang merugikan anda. 

Munculnya stress disebabkan oleh banyak faktor dalam kehidupan manusia yang direspon secara berlebihan kemudian menjadi stress. Menurut yang saya ketahui Hal ini disebabkan oleh beberapa point-point penting diantaranya : 

Putus cinta atau kehilangan orang yang di sayangi, kehilangan barang kesukaan nya, masalah pekerjaan, tapi faktor usia pun mempengaruhi penyebab stress. Tidak bisa dihindari peristiwa kecil yang berulang setiap hari merupakan stress yang mendasar. Itu tergantung pada kepribadian masing-masing individu, seperti seseorang yang introvert dan rentan terhadap stress ringan dan bahkan mungkin menjadi stress berlebihan karena fokus introvert pada emosi dan pemikiran yang ada di dalam, sehingga menonjolkan dirinya sendiri. 

 

Sumber Ilustrasi Foto : https://www.shutterstock.com/image-photo/closeup-portrait-angry-young-woman-blowing-181519442 

Keadaan emosi negative 

 

Emosi adalah sebuah reaksi seseorang mengluapkan lewat berbagai tindakan. Seperti bentuk perasaan kecewa, marah, sedih atau bahagia yang berlebih memicu emosi. Ini memiliki pengaruh besar pada tindakan setiap orang. Oleh karena itu, emosi ini bisa bersifat positif atau negatif tergantung dari kemampuan seseorang dalam mengolah dan mengendalikan emosi tersebut. Ada baiknya seseorang mampu mengolah atau menyalurkan emosi negatif tersebut menjadi emosi positif, karena diketahui bahwa emosi negatif biasanya berdampak negatif pada diri sendiri dan juga keadaan sekitar.

Emosi negatif menjadi bahasan yang sangat penting karena emosi negatif tersebut mendorong seseorang untuk melakukan tindakan negatif yang merugikan diri sendiri maupun orang lain. Oleh karena itu, untuk meminimalisir kejadian tersebut, kita harus lebih mengetahui dengan tepat bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi emosi tersebut dan tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain. Singkatnya, keadaan emosional paling baik diatasi dengan menarik napas dalam-dalam dan mencoba menenangkan diri, jangan mengevaluasi tindakan yang tidak baik. Bila hal ini dilakukan maka akan menimbulkan emosi negatif yang berdampak negatif, ini disebut emosi negatif.

Peningkatan dan perkembangan emosi terkait dengan kesadaran diri akan emosi, munculnya emosi negatif karena ketidaktahuan dan kurangnya pemahaman tentang bentuk-bentuk emosi yang dialami sendiri. Terkadang seseorang bahkan tidak mengerti emosi apa yang muncul padanya. Pada tahap ini emosi harus digali lebih dalam dan seseorang harus mulai mengenal diri sendiri agar pandai mengelola emosi. Dengan demikian, jelas bahwa ini terkait dengan mengingat terjadinya emosi negatif, karena seperti yang disebutkan di atas, untuk meminimalkan kejadian ini, seseorang harus dapat mengenali diri sendiri dan memahami keberadaan emosi. 

Menurut pengalaman saya meluapkan emosi dapat membuat nyaman diri ketika stress Contohnya seperti menangis untuk meluapkan masalah yang ada, berteriak kencang juga dapat meluapkan kekecewaan kemudian, setelah tangisan dan berteriak ini berakhir membuat diri akan lebih tenang, nyaman dan rileks. Hal tersebut Bisa dilakukan untuk menghibur diri, tapi jangan berlebihan, seperti menunda menangis. Maka bijaklah dalam mengelola emosi agar tidak menjadi emosi negatif yang berdampak negatif.

 

Jadi bagaimana Anda mengatasi stress dan emosi negatif ? Mengatasi masalah tersebut dapat dilakukan dengan beberapa cara sebagai berikut: 

  • Pertama, Berpikir positif, dengan adanya pikiran positif ini maka kita tidak selalu berpikir kepada hal-hal negative tetapi hal yang positif, kebanyakan orang yang menerapkan pola pikir positif memiliki sudut pandang positif terhadap hal lain. 
  • Kedua, melakukan aktivitas yang disenangi. Hal itu dapat membantu menghilangkan kestressan dalam keadaan emosi ini.
  • Ketiga, Menghindari situasi yang membuat emosi negative muncul, untuk mencegah terjadi nya emosi yang berlebihan.
  • Keempat, Berolahraga dengan hal tersebut dapat menghindarkan emosi negative dan stress yang berlebihan.

Dengan adanya 4 point diatas, bisa dikatakan jika seseorang sudah menerapkan point diatas maka besar kemungkinan seseorang terhindar dari stress serta emosi negative yang berlebih. Mengelola stress dan emosi negatif bukanlah tugas yang mudah, tapi setidaknya kita bisa mengelola stres dan emosi itu dengan lebih baik sehingga tidak berdampak negatif pada diri kita dan orang lain. Pada kenyataannya setiap orang pasti pernah merasakan posisi terlemah dalam hidupnya, tekanan dan kondisi mental yang buruk kondisi fisik yang buruk pasti akan menimbulkan stress dan munculnya perasaan tersebut. Seseorang yang mampu mengelola stres dan emosi tidak menjadikannya beban, sedangkan seseorang yang tidak mampu dan kurang memiliki keterampilan mengelola stres dan emosi merasa terbebani. 

Maka dari itu untuk meminimalisir emosi negatif kita harus memiliki kemampuan ini, terkadang emosi tidak selalu bisa dikendalikan, tapi setidaknya kita bisa merespon emosi tersebut dengan benar agar tidak berdampak buruk dan merugikan untuk diri sendiri atau orang lain, karena mengatasi stress dan emosi negatif adalah caranya mengubah gaya hidup menjadi lebih baik. Bukankah gaya hidup yang baik adalah impian semua orang? Jadi mulailah dengan kebiasaan baik dengan menjadi lebih teratur dalam mengelola stres dan emosi. Segala sesuatu yang Anda lakukan pada diri sendiri adalah bentuk self love, cintai diri sendiri dan Anda bertindak senyaman mungkin karena apa yang Anda lakukan adalah bentuk peningkatan gaya hidup yang baik.