Mental Health atau kesehatan mental adalah topik yang sedang cukup ramai dibicarakan di kalangan generasi masa kini. Bukan hanya sebuah tren, memelihara kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan jasmani. Kesehatan mental merupakan kesehatan yang berkaitan dengan emosi, psikologis dan sosialiasi seorang manusia. Tidak setiap manusia memiliki mental yang sehat, ada beberapa di antaranya yang memiliki gangguan kejiwaan. Gangguan tersebut dapat mengganggu mereka dalam beraktivitas sehari-hari seperti sekolah, bekerja, atau bahkan hal-hal yang biasa dilakukan seorang manusia. Artikel ini akan lebih fokus membahas keterkaitan antara gangguan kesehatan mental dengan kerativitas seorang individu.

Kreativitas adalah sebuah life skill yang dimiliki setiap individu. Beberapa pendapat mengemukakan adanya hubungan antara gangguan kesehatan mental dengan kreativitas. Orang dengan gangguan kesehatan mental terkadang memiliki tingkat kreativitas yang lebih besar daripada yang lain. Tetapi kreativitas ini turun kembali ke tingkat rata-rata atau lebih rendah selama episode penyakit yang parah. Untuk menunjukkan hubungan antara keduanya, ada sebuah penelitian untuk menentukan apakah kreativitas merupakan faktor risiko gangguan mental. Penelitian ini sekaligus untuk memahami bagaimana orang kreatif menangani stres dan menyelesaikan masalah secara berbeda dari mereka yang tidak kreatif. Dengan demikian, orang yang memiliki gangguan mental dapat melampiaskan stres atau kecemasan mereka dengan melakukan hal kreatif.

Lantas, apa saja dampak positif dari kesehatan mental dengan kreativitas seorang individu? Penjelasannya dapat dirangkum dalam poin-poin berikut ini:

  1. Dapat melampiaskan rasa cemas dan stres yang ada di dalam pikiran.

Stres dan anxiety adalah beberapa dari banyak hal yang sering dialami pada orang yang memiliki gangguan kesehatan mental. Dua faktor tersebut berperan besar dalam pengendalian seseorang dengan gangguan kesehatan mental. Melampiaskan emosi dengan media kreativitas dapat melepaskan rasa cemas dan stres seorang individu, dan dengan itu pula mereka dapat menuangkan rasa yang ada di dalam batin dan pikiran melalui media yang positif seperti melukis, menggambar ataupun menulis.

  1. Membantu mengindentifikasi rasa yang sedang dialami sang individu.

Mengindentifikasi adalah cara yang dapat dilakukan seorang individu untuk mengetahui apa penyebab rasa cemas dan stres yang dirasakan dalam dirinya. Dengan media kreativitas mereka bisa meluapkan atau mengekspresikan diri mereka.

  1. Dapat menjadi sarana untuk individu mengembangkan bakat mereka.

Dengan kreativitas, individu dengan gangguan kecemasan dapat mengembangkan bakat mereka melalui hal-hal yang positif daripada yang negatif. Selain kreativitas, mereka juga dapat mengembangkan bakat dalam musik maupun hobi lainnya.

Kesimpulan yang bisa kita dapat adalah individu dengan gangguan kesehatan mental atau kesehatan jiwa termasuk dalam kategori orang-orang dengan kapasitas dan skill yang luar biasa, sehingga mereka termasuk orang-orang yang sangat kreatif. Gangguan mental bisa dijadikan  motivasi bagi seorang individu untuk melangkah dalam hal-hal yang produktif dan positif juga.