Protein shake merupakan suplemen protein yang berupa bubuk, dan salah satu cara mudah untuk meningkatkan asupan protein ke tubuh. Protein shake berperan mendukung pembentukan massa otot pada manusia, memulihkan sel otot manusia setelah workout. Protein shake berkemasan dalam rupa bubuk, kemudian dijadikan sebagai minuman untuk nutrisi. Berikut artikel ini akan membahas tentang protein shake.

Apa kegunaan dari protein shake atau powder

Protein merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk tubuh yang bertujuan memperbaiki sel jaringan tubuh yang rusak dan berfungsi untuk menghasilkan berbagai macam zat penting dalam tubuh seperti hormon dan antibodi. Protein shake sendiri ialah suplemen nutrisi, mengapa dissebut shake, hal ini penyajian protein tersebut dengan cara dikocok, yang dikarenakan protein tersebut dalam rupa bubuk. Kegunaan atau manfaat protein shake ialah:

Meningkatkan massa otot

Protein shake sangatlah berperan dalam membangun massa otot manusia, karena untuk mencerna protein dibutuhkan energi yang banyak. Proses tersebut jika digambarkan, bahwa otot membakar banyak jumlah kalori dibandingkan lemak, oleh karena itu pada saat melakukan olahraga yang membutuhkan kinerja otot tinggi, disarankan mengkomsumsi protein shake, karena protein shake memberi peran dalam meningkatkan massa otot.

Membantu dalam melakukan kinerja fisik yang tinggi

Dengan asupan protein shake, membantu dalam melakukan kegiatan fisik dengan intensitas tubuh yang banyak. Peran protein shake sangatlah membantu dalam meningkatkan daya kekuatan tubuh pada saat latihan. Ini juga mengapa ada sebagian mengkonsumsi protein shake sebelum latihan yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja fisik.

 

Berperan dalam pemulihan setelah Latihan

Protein shake berperan penting dalam pemulihan sel-sel jaringan tubuh, oleh karena itu ada orang yang mengkonsumsi protein shake sesudah olahraga untuk memasuki fase pemulihan sel jaringan tubuh.

 

 

 

 

 

Jenis-Jenis Protein Shake Atau Powder

 

Whey protein: whey protein merupakan protein susu larut air, dimana protein ini merupakan protein umum yang digunakan oleh olahragawan dan juga orang umum. Whey protein mengandung asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Pada pengunaan Whey protein, tubuh menyerap protein tersebut secara gampang dan cepat.

Casein protein: merupakan tipe protein yang mengandung banyak glutamin, yang merupakan asam amino dan dapat meningkatkan pemulihan otot secara cepat setelah latiham. Casein berasal dari susu. Pencernaan tubuh terhadap casein sangatlah lambat, dan disarankan untuk dikonsumsi pada malam hari.

Kedelai atau berbasis tanaman: Kedelai merupakan protein nabati, dan pilihan alternatif bagi yang mengidap alergi susu. Kedelai juga mengandung asam amino. Selain kedelai juga ada tersedia seperti kacang polong, beras cokelat.

Telur: Telur juga hadir dalam rupa bubuk untuk protein shake yang merupakan protein dari sumber hewani, tetapi bubuk protein yang dari telur relatif mahal.

 

 

 

 

Protein shake dapat menjadi suplemen yang sangat berguna untuk banyak orang, terutama orang yang kalangan atlet, dewasa. Tetapi dari beberapa protein mengandung nutrisi yang lain. Dan sebenarnya kebutuhan protein itu tidak perlu dalam jumlah yang sangat banyak bagi orang biasa selain atlet dan kegiatan yang membutuhkan kinerja fisik yang tinggi. Sebaiknya sebelum menggunakan protein disarankan untuk menjumpai dokter atau bidang professional dalam memahami nutrisi makanan atau minuman untuk manusia.

 

 

 

Bagi kalian yang sudah mengerti tentang asupan gizi tubuh diri sendiri, berikut ini merupakan cara untuk memilih produk protein yang baik. Karena ada sebagian orang asal membeli produk tersebut hanya dikarenakan produk tersebut ialah spesifik untuk sesuatu. Inilah cara bagaimana dalam memilih produk protein shake.

 

 

 

 

 

 

 

Inilah cara untuk memilih produk protein shake

 

Kualitas bahan dari protein shake: Pilihlah produk tersebut yang terbuat dari kualitas bahan yang tinggi dan mengandung jumlah kadar gula dan zat adiktif buatan.

Testing atau mencoba sebelum membeli: Bagi kalian yang masih bingung untuk memilih produk protein shake, disarankan mencari pihak ketiga untuk melakukan percobaan terhadap produk yang kalian inginkan atau kalian capai. Jika dicontohkan, mencoba produk tersebut dari teman yang mempunyai produk tersebut. Contoh ini berdasarkan pengalaman saya, contoh berguna untuk memberi uji terhadap kualitas, akurasi dan kemurnian produk tersebut.

Testimoni dari pembeli lain: Umpan balik atau ulasan dari pembeli lain sangatlah membantu dalam memilih atau membeli sebuah produk. Untuk membantu dalam memilih produk yang tepat.

Harga: disarankan bagi pembeli untuk mengatur anggaran pembelanjaan produk tersebut sesuai kantong masing-masing.

Legitimasi: disarankan melakukan pemeriksaan legitimasi produk, untuk menyesuaikan dengan kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

Sumber protein: kandungan dari protein shake berdasarkan dari hewani atau nabati sebagai sumbernya. Diutamakan dalam memilih protein shake, disarankan cocokkan dengan kebutuhan sehari-hari dalam berkegiatan olahraga.

 

 

 

 

 

 

Inilah sebuah alasan mengapa ada orang tertentu mengkonsumsi protein shake sebagai suplemen untuk olahraga mereka dan tubuh mereka.

 

 

 

References

 

Can protein shakes help with weight loss? (2022, April 27). Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/weight-loss/expert-answers/protein-shakes/faq-20058335

 

Green, J. (2022, March 15). Different types of protein powder explained — Which is best for you? BarBend. https://barbend.com/different-types-of-protein/

 

Nordqvist, J. (n.d.). Whey protein: Health benefits, side effects, and dangers. Medical and health information. https://www.medicalnewstoday.com/articles/263371

 

Protein shakes. (2019, March 21). HealthEngine Blog. https://healthinfo.healthengine.com.au/protein-shakes

 

Raman, R. (n.d.). When is the best time to take protein? Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/best-time-to-take-protein#TOC_TITLE_HDR_5

 

Seputar protein shake, Manfaat Dan Keamanannya bagi Tubuh. (2021, August 30). Alodokter. https://www.alodokter.com/seputar-protein-shake-manfaat-dan-keamanannya-bagi-tubuh

 

Ultimate protein shake guide: How to use protein powder 101. (2022, January 9). Nerd Fitness. https://www.nerdfitness.com/blog/protein-shakes-for-newbies-what-to-buy-when-to-drink/