Hewan peliharaan merupakan hewan yang dapat hidup di lingkungan rumah serta disekitar manusia. Umumnya hewan peliharaan dapat dijinakkan dan menjadi teman manusia. Berbeda dengan hewan ternak yang di pelihara untuk tujuan tertentu dan hewan liar yang hidup di habitatnya. Saat ini banyak ditemukan orang yang memelihara hewan peliharaan, banyak orang yang memutuskan untuk memelihara hewan karena memiliki sejumlah manfaat bagi manusia. Hewan peliharaan juga sangat beragam dan memiliki manfaatnya masing – masing. Berikut beberapa hewan yang dapat dipelihara dengan sejumlah manfaatnya:

  1. Ikan Hias

fish

Ikan hias memiliki beberapa jenis seperti air tawar dan air laut. Umumnya lebih banyak orang memelihara ikan air tawar karena lebih mudah untuk dirawat seperti pergantian air serta makanan yang mudah ditemukan. Ikan hias ini dipelihara didalam aquarium yang umumnya diletakkan di ruang tamu. Manfaat dari memelihara ikan hias, yaitu: menghilangkan stress karena dengan melihat ikan yang berenang mengelilingi aquarium dapat memberikan ketenangan. Lalu, dapat menjadi hiasan atau dekorasi tambahan dalam rumah ataupun kantor karena ikan hias memiliki warna yang cerah serta beragam sehingga indah untuk dipandang. Yang terakhir dapat menambah fokus dan kreativitas, dengan melihat keindahan ikan hias dapat membuat otak menjadi lebih produktif. Banyak orang yang memilih ikan hias sebagai hewan peliharaan karena mudahnya perawatan serta biaya yang dibutuhkan relatif tidak sebesar hewan peliharaan lainnya. Gambar diatas merupakan salah satu contoh ikan hias yaitu ikan koki yang dapat ditemukan dengan mudah di toko – toko ikan hias.

2. Burung

bird

Burung memiliki sangat banyak jenis, dalam artikel ini yang akan dibahas merupakan burung peliharaan atau burung kicau. Tidak berbeda jauh dengan ikan hias burung peliharaan ini juga memiliki beragam jenis serta memiliki warna – warna yang cerah. Burung menjadi pilihan hewan peliharaan karena dapat memberikan suara kicauan yang indah dan juga beberapa jenis burung jika dilatih dapat dijinakkan dan dipelihara di luar kandang. Umunya burung dipelihara didalam kandang serta diletakkan di teras, untuk memelihara burung juga dapat dikatakan mudah seperti hanya membutuhkan kandang serta biji – bijian yang menjadi makanan bagi burung. Memelihara burung dapat memberikan manfaat bagi kesehatan manusia seperti mengurangi stress karena dengan berinteraksi serta mendengar kicauan burung dapat mengurangi tingkat stress. Lalu dapat menjadi teman, karena burung yang jinak dapat dipelihara diluar kandang sehingga dapat diajak bermain serta sangat dekat dengan pemeliharanya.

3. Anjing

dog

Anjing merupakan salah satu hewan peliharaan yang menjadi pilihan karena dapat sangat dekat dengan manusia. Terdapat jenis anjing kecil yang umunya disukai oleh anak – anak karena sangat lucu, lalu terdapat jenis anjing besar yang tinggi dan gagah. Memelihara anjing dapat didalam rumah atau dapat di halaman rumah. Biaya yang dibutuhkan untuk memelihara anjing relatif tinggi karena perawatan, makanan, kebutuhan anjing yang termasuk tidak mudah & membutuhkan biaya dibandingkan hewan peliharaan lainnya. Sebagai salah satu contoh biaya vaksin untuk anjing dimulai dari harga Rp.200.000 – Rp.500.000 dan vaksin bagi anjing wajib dilakukan 3 kali dalam 3 tahun agar tetap sehat dan potensi untuk terkena penyakit kecil. Memelihara anjing memiliki cukup banyak manfaat, yaitu menjadi teman serta sahabat bagi manusia karena anjing dapat dipelihara didalam rumah serta dibebaskan tanpa dikandang atau pun di ikat menggunakan tali sehingga dapat menemani saat melakukan aktivitas ataupun bermain untuk menghibur. Lalu anjing dapat menjadi penjaga rumah terutama jenis anjing besar, seperti saat meninggalkan rumah anjing dapat menjaga rumah ketika terdapat orang asing ataupun orang jahat yang ingin masuk ke dalam rumah. Terakhir, memelihara anjing juga dapat membantu terhindar dari depresi karena anjing dapat memberikan dorongan sosial serta memberikan energi positif bagi manusia.

Jadi, seperti yang dapat terlihat di atas, 3 hewan tersebut merupakan opsi yang dapat menjadi hewan peliharaanya dengan sejumlah manfaatnya masing – masing. Tentu saja memelihara hewan tidak mudah karena kita harus memiliki keinginan dan konsisten serta memikirkan segala resikonya karena hewan peliharaan merupakan makhluk hidup yang membutuhkan sosial, makanan, minuman, kasih sayang dan sebagainya. Karena cukup banyak ditemukan orang yang membuang atau menelantarkan hewan peliharaanya dengan alasan bosan ataupun kekurangan biaya. Hal tersebut tentu saja sangat disayangkan dan menyedihkan. Jika kita merawat dengan sungguh – sungguh tentu saja kita akan mendapatkan manfaat serta sebaliknya. Jadi, setelah membaca artikel ini apakah teman – teman tertarik untuk memiliki hewan peliharaan?