Saat ini Piala Dunia sedang menjadi topik pembicaraan yang hangat di kalangan orang-orang di seluruh dunia, dan juga acara ini sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh dunia. Piala Dunia FIFA pertama ditayangkan pada tahun 1954 dan sampai saat ini Piala Dunia FIFA menjadi acara olahraga yang paling banyak disaksikan dan diikuti oleh dunia bahkan mengalahkan Olimpiade.

Piala Dunia FIFA adalah turnamen sepak bola Internasional yang di ikuti 32 tim Nasional Putra senior anggota FIFA (Federation Internationale de Football Association). Piala Dunia pertama kali diadakan di Uruguy pada tahun 1930. Piala Dunia biasanya diadakan setiap 4 tahun sekali, kecuali pada tahun 1942 dan 1946 karena pada saat itu Perang Dunia II sedang terjadi.

Berikut adalah 32 tim yang di bagi menjadi 8 grup dengan masing masing grup berisikan 4 tim yang akan berpatisipasi dalam Piala Dunia 2022:

  • Grup A: Qatar, Ekuador, Senegal, dan Belanda

Qatar menjadi satu-satu nya tim yang belum mendapatkan kemenangan dari Grup A.

  • Grup B: Inggris, Iran, Amerika Serikat, dan Wales

Tim Amerika Serikat dan Wales juga belum mendapatkan kemenangan.

  • Grup C: Argentina, Arab Saudi, Meksiko dan Polandia

Pada Grup C Meksiko menjadi satu-satunya tim yang belum mendapatkan kemenangan.

  • Grup D: Prancis, Australia, Denmark, dan Tunisia

Prancis sudah 2 kali memenangkan pertandingan sejauh ini, lalu Denmark dan Tunisia belum mendapatkan kemenangan.

  • Grup E: Spanyol, Kosta Rika, Jerman, dan Jepang

Jerman dan Kosta Rika belum juga mendapatkan kemenangan sejauh ini.

  • Grup F: Belgia, Kanada, Maroko, dan Kroasia

Di grup F Belgia satu-satu nya tim yang sudah mendapatkan kemenangan sejauh ini.

  • Grup G: Brasil, Serbia, Swiss, dan Kamerun.

Tim Serbia dan Kamerun belum mendapatkan kemenangan sejauh ini.

  • Grup H: Portugal, Ghana, Uruguay, dan Korea Selatan

Untuk yang terakhir Grup H sejauh ini gelar pemenang masih dipegang oleh Portugal dengan satu kali kemenangan.

Piala Dunia pada tahun 2022 ini menjadi edisi ke-22 dalam sejarah Piala Dunia. Tahun ini Piala Dunia tersebut diselenggarakan di Jazirah Arab, Qatar yang dimana penduduk nya mayoritas muslim. Dan juga menjadi Piala Dunia ke-2 yang diselenggarakan di Asia setelah Piala Dunia pada tahun 2002 yang diselenggarakan di Korea Selatan dan Jepang.

Ternyata pemilihan tuan rumah untuk Piala Dunia 2018 dan 2022 sudah dilakukan dari Januari 2009. Pihak Asosiasi Nasional memberikan waktu sampai 2 Februari 2009 untuk para kandidat mendaftarkan diri. Indonesia pun ikut turut mendaftarkan diri untuk menjadi tuan rumah pada Piala Dunia 2018, tetapi Indonesia di tolak oleh FIFA pada Februari 2010 karena tidak adanya dukungan tertulis dari pemerintah Indonesia. Hasil akhir dari pemungutan suara untuk tuan rumah piala dunia 2022 dimenangkan oleh Qatar dengan 14 suara di putaran terakhir.

Piala Dunia di tahun ini dijadwalkan akan dilaksanakan mulai dari 20 November sampai dengan 18 Desember 2022, selama sekitar 1 bulan. Berbeda dari tahun tahun sebelumnya yang dimana Piala Dunia ini selalu dilaksanakan pada bulan Juni-Juli. Tahun ini dijadwalkan berbeda dari tahun sebelum sebelumnya karena untuk menghindari musim panas di Arab, maka dari itu FIFA sepakat memundurkan jadwal nya.

Upacara pembukaan Piala Dunia 2022 di gelar di stadion Al-Bayt, Al-Khor. Banyak kejutan pada upacara pembukaan Piala Dunia 2022, seperti penyetelan lagu-lagu yang ikonic dari edisi-edisi sebelum nya yang membangkitkan kenangan masalalu, lantunan surah Al-Qur’an yang dikumandangkan oleh Ghanim Almuftah seorang pengusaha sukses dan juga penyandang disabilitas. Ghanim tampil untuk menyampaikan pesan perdamaian bersama dengan aktor legendaris Morgan Freeman.

Qatar berhasil melobi FIFA untuk memajukan jadwal tanding nya dengan Ekuador sebagai pembukaan pertandingan dalam piala dunia 2022. Yang dimana seharusnya pertandingan antara Senegal dan Belanda menjadi pembukaan turnamen pada piala dunia 2022 ini. Kemeriahan upacara pembukaan piala dunia FIFA 2022 di akhiri dengan kekecewaan bagi tuan rumah Qatar yang dimana ini adalah pertama kalinya Qatar bergabung dengan FIFA dan langsung menjadi tuan rumah, tetapi hasil tidak sesuai dengan harapan, Qatar melawan tim Ekuador pada 20 November kemarin dengan skor akhir 0-2.

Berikut adalah 8 pemenang dari 19 turnamen Piala Dunia sepanjang sejarah. Yang pertama ada Brazil yang telah memenangkan Piala Dunia sebanyak 5 kali dan juga Brazil adalah satu-satunya tim yang selalu terus ikut andil mengikuti turnamen Piala Dunia FIFA ini. Italia juga telah menjuarai Piala Dunia FIFA sebanyak 4 kali. Berikutnya ada Jerman Barat dengan membawa 3 gelar menjadi juara di Piala Dunia FIFA. Argentina sudah 2 kali memenangkan Piala Dunia. Lalu Uruguay juga sudah 2 kali memenangkan Piala Dunia. Serta tim Inggris, Perancis, dan Spanyol masing masing sudah menjuari Piala Dunia sebanyak satu kali.

Indonesia pun pernah mengikuti Piala Dunia FIFA ini pada tahun 1938 dengan nama Hindi-Belanda dan juga tercatat sebagai negara asia pertama yang pernah mengikuti Piala Dunia FIFA. Namun hasil yang di dapat sangat mengecewakan, tim Hindi-Belanda tersebut mendapat kekalahan pada babak pertama melawan Hongaria dengan skor akhir 0-6.

Referensi:

https://m.bola.net/amp/piala_dunia/hasil-lengkap-dan-klasemen-piala-dunia-2022-0621a3.html

https://www.kompas.com/sports/read/2022/11/21/04500068/kejutan-pembukaan-piala-dunia-2022-morgan-freeman-hingga-qatar-tumbang?page=all#page2