Tiap tiap individu baik di Indonesia maupun di negara lain tentu saja mendambakan bebas finansial (Financial Freedom). Bebas finansial merupakan istilah dimana tingkatan ekonomi dari seseorang telah mencapai pada puncak nya, yang dimana mereka dapat hidup tanpa mengkhawatirkan bagaimana cara mereka memenuhi kebutuhan hidupnya dengan melakukan pekerjaan, melainkan mereka hidup berdasarkan penghasilan pasif nya. Lantas dalam upaya mencapai kebebasan finansial, suatu individu wajib memiliki literasi keuangan yang cukup, atau dalam kata lain “melek finansial”. Yang dikarenakan dengan adanya literasi finansial yang cukup, suatu individu dapat mengerti bagaimana sistem keuangan bekerja sehingga mereka dapat mengembangkan pola pikir dan sudut pandang mereka terhadap uang itu sendiri. Rendah nya literasi keuangan di Indonesia merupakan suatu problematika yang sampai saat ini belum juga terselesaikan. Kurang nya keterampilan manajemen keuangan yang dimiliki oleh tiap tiap warga negara juga merupakan salah satu akibat dari minimnya literasi finansial di Indonesia. Dalam artikel ini saya akan menjabarkan apa apa saja yang perlu kita ketahui guna meningkatkan pengetahuan mengenai literasi finansial.

Pengertian Uang, Literasi, dan Literasi Finansial

Uang merupakan alat tukar atau standar penilaian akan suatu hal yang sah, dan dikeluarkan oleh negara melalui badan pencetakan keuangan nya masing masing. Menurut Rollin G. Thomas dalam buku Our Modern Banking and Monetary System (1942), “uang adalah segala sesuatu yang siap sedia dan diterima secara umum untuk pembayaran barang, jasa, dan harta kekayaan lainnya, serta bisa dipakai pula buat pembayaran utang”. Berbagai fungsi uang yakni sebagai alat tukar, satuan hitung, dan sebagai alat penyimpanan nilai.

Literasi merupakan kemampuan suatu individu untuk mengeluarkan potensi dan keterampilan nya dalam mengolah suatu informasi melalui berbagai aktivitas seperti membaca dan menulis. Sedangkan Menurut Elizabeth Sulzby “1986”, Literasi ialah kemampuan berbahasa yang dimiliki oleh seseorang dalam berkomunikasi “membaca, berbicara, menyimak dan menulis” dengan cara yang berbeda sesuai dengan tujuannya.

Lantas apa itu Literasi Finansial? Singkatnya, Literasi Finansial merupakan kecakapan serta pemahaman suatu individu terhadap konsep dan resiko terhadap keuangan yang terkait dengan pengambilan keputusan yang efektif dalam konteks finansial guna meningkatkan kesejahteraan finansial baik individu maupun sosial.

Faktor-Faktor penyebab minimnya Literasi Finansial di Indonesia

Berdasarkan data dari survei yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2020, literasi keuangan di indonesia ialah sebesar 40%. Angka tersebut tentu saja masih dapat dikembangkan dan di tingkatkan sehingga literasi finansial di negara kita dapat bertumbuh lebih dan lebih setiap tahun nya. Namun Adapun faktor faktor yang menyebabkan minimnya Literasi Finansial pada negara kita yaitu seperti :

  • Minimnya edukasi, di era digital ini tentu saja akses untuk mendapat suatu informasi semakin di permudah, namun rendah nya edukasi serta informasi yang disampaikan sedari dini mengenai finansial yang justru merupakan hal yang sangat kurang dalam implementasi nya sehari hari.
  • Kurang nya Minat, Kurang nya minat seseorang terhadap keuangan/finansial merupakan salah satu faktor yang menjadikan literasi keuangan di Indonesia cukup rendah.
  • Merasa sudah Pintar, banyak nya masyarakat yang merasa bahwa pengetahuan tentang uang yang mereka miliki sudah cukup, namun pada kenyataan nya tingkat literasi mereka justru rendah. Hal inilah yang kemudian menjadi faktor minimnya literasi finansial di Indonesia.

Dampak dari minimnya Literasi Finansial di Indonesia

Minimnya Literasi Finansial di Indonesia tentu saja akan membawa berbagai dampak negatif pada kelangsungan hidup pribadi maupun berwarga negara yang seterusnya akan mempengaruhi aktivitas aktivitas lainnya sehingga kestabilan kehidupan berwarga negara pada Indonesia akan turut terdampak. berbagai dampak dari minimnya literasi finansial ini antara lain ialah :

  • Hilang nya Tujuan Hidup seseorang
  • Minimnya perencanaan keuangan
  • Kekeliruan dalam memilih sarana berinvestasi
  • Kehilangan uang dikarenakan investasi bodong/penipuan
  • Tidak adanya antisipasi masyarakat terhadap kemiskinan

Beberapa hal yang disebutkan diatas merupakan sedikit dari dampak yang akan disebabkan oleh minimnya Literasi Finansial di Indonesia.

Solusi untuk mengatasi minimnya Literasi Finansial di Indonesia

Dari banyak nya faktor serta dampak dari minimnya Literasi Finansial di Indonesia yang terpapar di atas. Terdapat pula berbagai solusi untuk mengatasi permasalahan mengenai literasi finansial di Indonesia, antara lain ialah :

  • Selalu bersifat terbuka terhadap berbagai ilmu baru
  • Tidak pernah lelah untuk belajar hal hal baru dan mengeksplor berbagai hal baru.
  • Menjadikan pelajaran yang membahas finansial/keuangan sebagai pelajaran wajib pada tingkat sekolah.
  • Edukasi yang merata terhadap finansial guna membuat rakyat Indonesia semakin “melek finansial”
  • Tidak malu untuk bertanya

Sekiranya berikut merupakan sedikit solusi guna menanggulangi minimnya Literasi Finansial pada negara kita. Kita pun harus terus berkembang dan tidak mengenal kata lelah dalam mempelajari berbagai hal baru. Jangan pernah merasa cukup dengan ilmu yang telah kita miliki, teruslah haus akan ilmu ilmu baru dan jangan pernah malu untuk bertanya kepada siapapun merupakan sikap sikap yang perlu kita kembangkan guna terus memajukan dan menyejahterakan kehidupan berwarga negara kita di Tanah Air.

Referensi :

Pendidikan 2, D. (2022, September 9). Literasi adalah. DosenPendidikan.CO.ID. https://www.dosenpendidikan.co.id/literasi-adalah/

Uang – Pengertian, Jenis dan Contohnya | Tokopedia Kamus. (n.d.). Tokopedia. https://kamus.tokopedia.com/u/uang/

Id, J. (2020, June 16). Pengertian Bebas Finansial : Cara dan Contoh. JAGAD ID. https://jagad.id/pengertian-bebas-finansial/

Times, I. (2022, November 27). Riset: Literasi Keuangan Generasi Muda Indonesia Masih Rendah. IDN Times. https://www.idntimes.com/business/finance/ainal-zahra-1/riset-literasi-keuangan-generasi-muda-indonesia-masih-rendah

Swasty, R. (2022, November 22). Apa itu Literasi Finansial? Yuk Cari Tahu di Sini – Medcom.id. medcom.id. https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/DkqAwxQk-apa-itu-literasi-finansial-yuk-cari-tahu-di-sini