Setelah skripsi, mahasiswa akan mulai memikirkan tentang melamar pekerjaan dan bagaimana mereka akan beradaptasi di dalam pekerjaan barunya nanti. Mahasiswa sering bertanya-tanya darimana mereka harus memulai, dan apa yang seharusnya disiapkan sebelum terjun ke dalam dunia kerja. Berikut ini 6 kemampuan yang sebaiknya mahasiswa kuasai untuk mempermudah ketika memasuki dunia kerja.

  1. Manajemen Waktu

Manajemen waktu adalah kemampuan dalam mengatur waktu.  kemampuan ini sangat membantu kita tidak hanya ketika bekerja tapi juga dalam kegiatan sehari-hari. Bahkan saat kuliah kemampuan ini sudah dilatih dengan adanya pembelajaran di kelas, mengikuti organisasi, komunitas, kepanitiaan dan lainnya yang memberikan pilihan dalam mengatur kegiatan dan manajemen waktu. Saat bekerja nanti, kita akan mengatur waktu dengan berbagai kegiatan seperti waktu mandi, makan, perjalanan dengan berbagai perkiraan seperti macet di jalan, hujan lebat, pembangunan jalan dan sebagainya.

  1. Sikap/Perilaku Yang Baik

Dengan sikap/perilaku yang baik kita dapat dengan mudah bergaul dengan siapa saja. Sikap/perilaku bisa dimulai dengan hal yang kecil seperti mengucapkan selamat pagi, selamat siang, atau selamat makan tidak lupa mengucapkan terima kasih saat dibantu dan meminta maaf ketika melakukan kesalahan. Menjaga hubungan baik dengan orang sekitar akan membantu kita dalam dunia kerja.

  1. Kemampuan Beradaptasi

Selanjutnya adalah kemampuan beradaptasi di mana seseorang berusaha menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Pastinya ada perbedaan antara lingkungan kuliah dan lingkungan tempat kerja. Dengan kemampuan penyesuaian diri, kita dapat menempatkan posisi kita sebagaimana acuan dalam bertindak dan melakukan sesuatu.

  1. Berbicara di Depan Umum

Sering kali kita merasa tidak tenang dan gugup ketika harus berbicara di depan banyak orang dan khawatir melakukan kesalahan saat berbicara. Tidak jarang dalam pekerjaan, saat bekerja dalam tim, kita harus mempresentasikan hasil kerja kita di depan orang. Jika ide atau hasil kerja kita dapat disampaikan dengan baik, maka perkerjaan pun dapat berjalan dengan lancar.

 

  1. Negosiasi

Negosiasi adalah kemampuan dalam mencari titik temu antar kedua bela pihak sehingga mencapai kesepakatan bersama. Kemampuan ini dibutuhkan, ketika di dunia kerja kita banyak berhubungan dengan pihak lain seperti atasan, rekan kerja, dan juga klien. Dengan memiliki kemampuan negosiasi yang baik, akan tercapai kepuasan dari kedua belah pihak dan urusan pun dapat berjalan dengan baik.

  1. Berbahasa Asing

Dengan menguasai bahasa selain bahasa ibu, Bahasa asing dapat membantu dan menguntungkan kita ketika di dunia kerja. Banyak literatur berbahasa asing seperti Bahasa Inggris yang dapat dijadikan bahan referensi dalam pekerjaan kita nanti. Dengan menguasai bahasa asing, hal ini dapat dijadikan plus ketika melamar pekerjaan. Tidak jarang recruiter mencari kandidat yang dapat berbahasa asing. Kita juga dapat memanfaatkan kemampuan berbahasa kita sebagai profesi sampingan seperti penerjemah.

Jangan khawatir kemampuan di atas ini dapat kalian latih seiring berjalannya waktu dengan menerapkannya kedalam kegiatan sehari-hari kalian. Sehingga ketika mulai bekerja nanti kamu tidak akan merasa keberatan untuk menjalaninya. Selamat mencoba!

Referensi

Anugrah, D. (2022). 5 soft skill yang sangat dibutuhkan di dunia kerja, wajib dikuasai. suara.com. https://yoursay.suara.com/lifestyle/2022/09/12/100252/5-soft-skill-yang-sangat-dibutuhkan-di-dunia-kerja-wajib-dikuasai

Ilham, A. (2022). 8 skill yang harus dimiliki mahasiswa. kompasiana.com. https://www.kompasiana.com/asep34920/6336b5a6fdf1c518335fcee4/8-skill-yang-harus-dimiliki-mahasiswa?page=all#section1