“Waduh, nanti bakal berhasil ga ya kalau kita melakukan persalinan anabul di rumah sendiri ?”

Kerap merasa panik dan cemas ketika anabul sobat mulai menunjukan tanda – tanda melahirkan ? Membantu persalinan anabul di rumah tidak sulit lho ! berikut cara mudahnya.

Sebagai langkah yang cepat dan akurat, kita tentunya akan lebih memilih untuk melakukan persalinan anabul kita secara mandiri di rumah, karena perlengkapan yang ada sudah tersedia lengkap dan tidak perlu menunggu dokter hewan untuk datang. Namun, sebagai langkah cadangan kita perlu memiliki dokter hewan yang dapat dihubungi untuk berjaga-jaga apabila kondisi menjadi rumit dan sulit dikendalikan. Kita juga perlu memastikan kita sudah menyisihkan area khusus di dalam rumah sebagai tempat anabul untuk melahirkan. Penting bahwa area ini disiapkan dengan benar untuk memastikan sang induk bebas stres dan nyaman, sehingga anak anabul dapat memulai hari dengan baik.

 

Maka dari itu berikut tips and tricks lainya yang perlu dilakukan ! 

Ingin tahu lebih jelas ? yuk simak penjelasan berikut ini ! 

 

Ruangan Tenang 

 

Langkah pertama proses yang perlu dipersiapkan adalah ruangan yang tenang, pastikan proses persalinan anabul berada di dalam ruangan yang memiliki suhu 20 – 25 derajat celcius dan jauh dari keramaian. Mengapa hal tersebut perlu dilakukan ? hal tersebut diperlukan agar anabul tidak stres dan merasa terancam, karena biasanya induk anjing akan menjadi lebih ganas dan sensitif pada proses persalinan. Selain itu, ruangan yang tenang juga akan membuat kita lebih fokus dalam membantu persalinan.

 

Underpad 

Underpad merupakan alas yang dapat menyerap dan menahan cairan dengan cepat dan mudah. Biasanya underpad berfungsi sebagai tempat buang air anabul. Namun, dalam proses persalinan underpad dapat berfungsi sebagai alas untuk anak anjing pasca melahirkan karena permukaannya yang halus dan nyaman sehingga anak anjing tidak kedinginan. Selain itu, apabila masih ada sisa air ketuban yang ada tidak akan mengotori permukaan matras.

 

Kuning Telur 

 

Memakan telur yang kaya akan vitamin A, B12, dan selenium penting untuk anabul yang sedang menyusui karena memiliki fungsi untuk menjaga data tahan tubuh anabul. Telur yang dikonsumsi akan membantu menunjang kebutuhan energi yang dibutuhkan dalam meningkatkan produksi ASI. Selain energi, kandungan protein, vitamin, dan mineral yang terkandung dalam telur juga akan meningkatkan kualitas ASI. Maka dari itu, setelah proses persalinan segera berikan kuning telur agar memiliki tenaga ekstra dan juga kualitas ASI yang baik bagi anak anjing.

 

Whelping box 

 

whelping box atau whelping bed adalah zona aman bagi anabul Anda untuk melahirkan. Ketika anabul mempersiapkan kelahiran anak-anaknya, mereka akan merasakan dorongan yang luar biasa untuk menemukan sarang yang aman dan nyaman sebagai tempat melahirkan. Tempat yang ideal untuk melahirkan akan melibatkan area yang menawarkan perlindungan bagi ibu dan anak anjing.

Anak anjing sangat sensitif selama tiga minggu pertama kehidupan mereka. Terkhusus saat 48 jam pertama dapat menjadi faktor penentu apakah mereka terus berkembang secara sehat karena anak anjing yang baru lahir rentan kekurangan oksigen dan terinfeksi. Jadi, penting untuk mengikuti tips di atas demi mempersiapkan tempat melahirkan dan mengurangi risiko tersebut. Jika dilakukan dengan cara yang tepat, melahirkan di rumah dapat membantu anabul anda merasa rileks saat melahirkan. Peran Anda adalah mempersiapkan rumah dengan hati-hati dan memberi perawatan yang dibutuhkan anak-anak anjing dalam tiga minggu pertama.

 

Tidak sulit kan memberi bantuan saat anabul kita melahirkan ?

 

Selamat mencoba dan semangat !

 

Referensi :

https://www.nationalgeographic.com/science/article/yes-dogs-can-catch-their-owners-emotions#:~:text=A%20study%20in%20a%202018,their%20gaze%20and%20heart%20rate.

https://anjing.org/mengawinkan-anjing/tahapan-proses-anjing-melahirkan.html

http://e-journal.uajy.ac.id/11414/3/TA142512.pdf

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3633841/manfaat-konsumsi-telur-untuk-ibu-menyusui

https://emergencyvetsusa.com/what-is-a-whelping-box/