Kesulitan tidur di malam hari merupakan sebuah keresahan yang kita semua pasti pernah alami, kesulitan tidur atau Insomnia adalah sebuah kondisi ketika membutuhkan waktu yang sangat lama untuk tidur. Penyebab Insomnia bermacam-macam, mulai dari kebiasaan kecil yang kurang baik sebelum tidur hingga penyakit tertentu.

Insomnia atau kesulitan tidur sudah menjadi masalah yang umum di kalangan mahasiswa/i. Beberapa gejala yang umum di rasakan oleh penderita Insomnia atau gangguan tidur yaitu;

  1. Pola tidur yang kurang teratur
  2. Irama nafas yang tidak normal saat tidur
  3. Sering terbangun di malam hari tanpa alasan
  4. Badan yang sering lemas ketika bangun tidur
  5. Mengalami mimpi buruk atau teror saat tidur

Gejala-gejala diatas merupakan beberapa hal normal yang dialami seseorang dengan gangguan tidur. Jika anda mengalami gejala-gejala yang disebutkan diatas, maka tidak salah lagi bahwa anda menderita gangguan tidur. Terdapat beberapa gejala yang harus diwaspadai dan perlu konsultasi dokter yaitu;

  1. Tertidur saat mengemudi
  2. Kesulitan untuk tetap bangun saat menonton atau membaca buku
  3. Tidak dapat merespon dengan cepat
  4. Sulit berkonsentrasi
  5. Daya ingat lemah

Jika anda mengalami hal-hal diatas, ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter agar mendapat treatment.

Anda sudah mengetahui arti dan gejala-gejala Insomnia atau gangguan tidur, sekarang apa sajakah hal-hal yang harus dilakukan untuk mengatasi Insomnia. Namun, cara mengatasi gangguan tidur berbeda-beda tergantung dari penyebabnya. Berikut adalah beberapa jenis pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi ataupun mengurangi gangguan tidur;

  1. Perubahan pola hidup

Pola hidup yang sehat menentukan kualitas tidur seseorang, dengan memiliki pola hidup yang sehat, anda dapat meningkatkan kualitas tidur anda.

  1. Psikoterapi

Psikoterapi terbagi menjadi banyak jenis, untuk mengobati gangguan tidur anda dapat konsultasi dengan dokter dan melakukan terapi perilaku kognitif untuk mengubah pola pikir penderita gangguan tidur.

  1. Bantuan alat khusus saat tidur

Teruntuk penderita Hipersomnia, dianjurkan oleh dokter untuk menggunakan alat khusus yang berupa masker oksigen yang tersambung ke alat CPAP (Continuous Positive Airway Pressure). Terapi ini berguna untuk memperlancar saluran pernapasan.

  1. Obat-Obatan

Terdapat beberapa obat-obatan yang umun diberikan oleh psikiater untuk mengatasi gangguan tidur yaitu, obat penenang dan obat anti depresan.