Pernah kah terpikir bagaimana agar tetap terlihat muda di masa tua nanti? Atau pernah kah terlintas di pikiran kalian bagaimana agar terlihat awet muda terus menerus? Kalian bisa mencoba untuk menggunakan sunscreen sebagai bentuk perawatan wajah kalian.

Masih banyak orang yang tidak peduli akan kondisi kulit mereka, padahal seiring berjalannya waktu, kondisi kulit mengalami perubahan sehingga membutuhkan perlindungan extra agar kulit tetap terjaga. Salah satu hal yang dapat kita lakukan ialah dengan penggunaan skincare, terutama sunscreen. Menggunakan sunscreen yang rutin dapat mencegah dan memperlambat proses penuaan dini yang akan terjadi pada kulit kita.

Sunscreen merupakan salah satu produk perawatan kulit yang bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari atau ultraviolet (UV) yang dapat merusak kulit kita. Semakin besar gelombang sinar ultraviolet nya, maka semakin besar pula kemungkinan kulit akan terbakar. Masih banyak orang yang mengira jika tidak keluar rumah, maka tidak harus menggunakan sunscreen. Nyatanya terdapat dua jenis sinar UV yang cukup familiar, yaitu UVA dan UVB. UVA memiliki gelombang lebih besar dibandingkan UVB. Sekitar 95 persen UVA dapat mencapai tanah dan UVA dapat menembus jendela serta awan. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa walaupun berada di dalam rumah atau di dalam ruangan kita tetap harus menggunakan sunscreen karena ada sinar UV yang dapat menembus jendela. Dampak jangka panjang yang dapat terjadi jika kulit terlalu sering terpapar sinar UVA maupun UVB tanpa adanya lapisan pelindung maka akan terjadi kanker kulit.

Di Indonesia sendiri, tingkat kesadaran masyarakatnya untuk menggunakan sunscreen masih tergolong rendah. Hasil studi yang telah dilakukan oleh PT. Shiseido Cosmetic mengatakan bahwa hanya sekitar 2% dari total masyarakat Indonesia yang menggunakan sunscreen, padahal riset yang telah dilakukan oleh salah seorang dokter spesialis kulit dan kelamin, membuktikan bahwa 80% penuaan dini disebabkan oleh sinar UV.

Berikut beberapa hal mengenai pentingnya penggunaan sunscreen:

  1. Mencegah penuaan dini

Penggunaan sunscreen yang rutin dapat melindungi kulit dari noda hitam, tidak merata nya warna kulit, dan garis halus yang mana hal tersebut akan mengganggu penampilan kita. Terpapar sinar matahari terlalu sering tanpa adanya perlindungan akan membuat elastisitas kulit menurun sehingga muncul hal-hal seperti di atas. Menggunakan sunscreen menjadi solusi untuk tetap bisa menjaga elastisitas kulit memiliki perlindungan dari paparan sinar UV.

  1. Meminimalisir terjadinya kanker kulit.

Sinar matahari yang di dalamnya terdapat sinar UVA dan UVB dapat menyerang dan merusak DNA yang ada di dalam sel kulit yang bertugas mengontrol pertumbuhan sel kulit baru. Sinar UVA dan UVB dapat merusak kulit kita bahkan hingga menyebabkan kanker kulit. Dilansir dari halodoc.com setiap orang memiliki risiko sekitar 70 persen untuk mengalami kanker kulit, dan penggunaan sunscreen dengan minimal spf 30 PA+++ dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah terjadinya kanker kulit. Dengan menggunakan sunscreen kulit akan terjaga dari jahatnya paparan sinar UVA dan UVB.

  1. Meredakan kemerahan

Terlalu sering terpapar sinar matahari tanpa menggunakan perlindungan kulit dapat menyebabkan kulit kemerahan atau inflamasi. Hal ini merupakan reaksi tubuh kita yyang menganggap bahwa sinar matahari adalah benda asing, sehingga sering kali jika kita keluar rumah tanpa menggunakan sunscreen kulit kita timbul kemerahan, gatal, nyeri, atau bahkan sampai terbakar (sunburn). Menggunakan sunscreen dapat meminimalisir terjadinya kemerahan, inflamasi, ataupun kulit terbakar (sunburn). Berbeda hal nya jika kamu alergi matahari (sun rashes), maka penanganannya tidak hanya dengan menggunakan sunscreen, kamu bisa mengkonsultasikannya ke dokter untuk penanganan khusus.

 

So, setelah tau manfaat nya, masih mau gapake sunscreen?