Sebelum nya apakah kalian pernah mendengarkan apa itu mental health? Apakah penting untuk anak yang di bawah umur? Ternyata mental health juga bisa terjadi pada anak yang di bawah umur dan beberapa aspek penting di pengaruhi oleh kondisi Kesehatan mental dan juga lingkungan yang ada di sekitar anak dari lingkungan sekolah maupun lingkungan keluarga sehingga kita mengetahui penting nya agar tetap di ketahui terutama cara orang tua mulai mendidik anak. Kesehatan mental sangat lah penting untuk diri kita dan tidak terhalang oleh umur.

Mental health atau Kesehatan mental merupakan sebuah kondisi dimana seseorang terbebas dari segala bentuk gejala-gejala gangguan mental. Seseorang yang sehat secara mental dapat berfungsi dengan baik dalam menjalankan kehidupan nya, jika sedang dalam suatu masalah dapat menyelesaikan nya dengan baik. Kesehatan mental mencangkup beberapa hal seperti emosioal, hubungan sosial, dan psikologi. Dari ketiga aspek ini lah yang dapat mempengaruhi cara seseorang berpikir, merasakan, dan juga bertindak. Kesehatan mental merupakan hal yang sangat penting mulai dari anak-anak, remaja, dan juga dewasa.

Merupakan hal yang cukup sulit untuk membedakan Kesehatan mental. Penyakit mental yang di miliki orang tersebut juga harus di dukung dengan adanya tes ke dokter dan konsultasi untuk menunjukkan sesuatu yang salah. Salah satu Kesehatan mental yang banyak terjadi pada anak-anak atau remaja seperti, Kecemasan dan depresi adalah penyakit mental yang paling umum terjadi pada anak-anak ataupun remaja. Tetapi kita tidak dapat melihat atau tidak dengan cara melihat kehidupan sehari-hari nya dan tingkah laku yang biasa mereka tunjukkan. Berikut beberapa hal yang dapat kita lihat :

> Tingkah laku. Perubahan dalam tingkah laku juga dapat di lihat, dari sifat yang ceria dan periang bisa berubah drastis menjadi pendiam dan selalu ingin menyendiri atau tidak ingin terbuka.

> Cara berpikir. Cara berpikir orang yang Kesehatan mental normal dan yang mempunyai penyakit mental akan berbeda. Yang mempunyai penyakit mental akan selalu berpikir ingin menyakiti diri nya sendiri.

> Perasaan yang di miliki oleh orang yang mempunyai kesehatan mental. Terkadang kondisi Kesehatan mental yang terganggu di tandai dengan timbul nya kesedihan yang mendalam atau berkelanjutan dan bisa di dorong dengan trauma selama masih kecil.

Contoh gangguan mental health yang terjadi pada anak di bawah umur :

  1. Kecemasan dan ketakutan yang berlebihan
  2. Selalu ingin menyendiri
  3. Tidak mau bersosialisasi
  4. Terkadang ingin menyakiti diri sendiri
  5. Mempunyai pola pikiran yang negatif atau berpikir terlalu jauh
  6. Menjadi sensitif
  7. Hidup nya menjadi toxic
  8. Tidak bisa mengontrol emosi atau kemarahan nya
  9. Menjadi orang yang panikan
  10. Mudah menangis

 

Mental health bisa terjadi pada siapa saja dan di bawah umur juga bisa. Mental health terjadi karena kurang nya perhatian dan kasih sayang dari orang tua, adanya masalah di lingkungan rumah ataupun sekolah. Walaupun masih terbilang anak di bawah umur mereka juga bisa mengalami stress. Berikut beberapa cara tepat untuk menjaga Kesehatan mental anak yang di bawah umur adalah :

  1. Memiliki kepercayaan antara anak dan orang tua.

Hal ini sangat lah penting karena memiliki kepercayaan antara anak dan orang tua bisa mempererat hubungan dengan baik. Anak akan merasa nyaman dan terbuka kepada orang tua. Anak akan merasa berada di posisi yang aman dan memiliki tempat untuk bercerita, bersandar, dan juga berkeluh kesah. Sehingga anak bisa tumbuh menjadi anak yang baik dan tidak menjadi anak yang pendiam.

  1. Meningkatkan rasa percaya diri pada anak.

Anak yang memiliki tingkat rasa percaya diri yang tinggi akan memiliki kemampuan nya sendiri dan selalu ingin melakukan hal yang ia sukai. Dengan meningkatkan rasa percaya diri pada anak akan membuat anak selalu berpikir positif dan percaya kepada diri nya sendiri.

  1. Mengajarkan anak cara meredakan stress.

Walaupun masih anak-anak, mereka juga bisa stress. Seperti stress akibat mengerjakan banyak tugas atau ada masalah dalam pertemanan nya. Kita sebagai orang tua dapat mengajarkan anak agar bisa meredakan stress nya dan mengajarkan nya agar mampu menghadapi permasalahan yang terjadi pada diri nya. Dengan menyuruh nya untuk berhenti sejenak, mengajak nya bermain, mengajak anak untuk berjalan, dengan begitu anak akan merasa senang dan terhibur.

  1. Pola hidup sehat.

Kita bisa mengajak anak kita dan mengajarkan nya untuk memulai pola hidup sehat. Dengan mengajak nya berolahraga ringan dan juga makan-makanan yang sehat seperti sayuran dan buah-buahan. Anak akan merasa senang, selain itu akan membuat tubuh anak menjadi sehat, anak pun akan bahagia.

  1. Tidak membandingkan anak dengan anak yang lain.

Ini adalah salah satu contoh yang sering kita dengar, dengan kita membanding-bandingkan anak kita dengan anak yang lain akan membuat anak kita menjadi tidak nyaman atau tidak percaya diri, menjadi marah, menjadi membenci kepada anak yang kita bandingkan dengan dia, tidak hanya itu, hal ini akan membuat anak kita tidak menyukai orang tua nya sebab selalu membandingkan nya dengan orang lain. Maka dari itu, kita sebagai orang tua harus belajar untuk tidak membanding kan anak kita dengan anak lain nya. Karena setiap anak itu berbeda-beda dan mempunyai kelebihan nya masing-masing.

 

Source :

https://m.merdeka.com/jabar/apa-itu-mental-health-berikut-cara-menjaganya-dengan-baik-kln.html

https://vivahealth.co.id/article/detail/13399/kesehatan-mental

https://www.alodokter.com/cara-menjaga-kesehatan-mental-anak-yang-perlu-dipahami-orang-tua