Kolaborasi Danone Dengan Komunitas Ayo Dongeng Indonesia

Pada Masa Pandemi COVID-19 yang masih berlangsung sejak Maret 2020 lalu, anak-anak  usia dini tidak saja memerlukan makanan yang bergizi tapi juga memerlukan nutrisi edukasi  yang menyenangkan. 

           Untuk itulah Danone mengagas channel YouTube dengan  konten berisi Dongeng ABCD kepanjangan dari Aku Bintang Cerita Danone. Idenya adalah  tersebut untuk mengatasi rasa bosan anak-anak  yang harus berkegiatan di dalam  rumah. 

           Ariyo Zidni, Founder Ayo Dongeng Indonesia serta pengarang cerita Dongeng ABCD  mengatakan Dongeng ABCD dapat membantu orang tua mengisi waktu anak-anak dengan sesuatu yang menyenangkan dan edukatif. Dia berharap dengan melihat dan mendengar dongeng anak-anak bisa tumbuh dan berkembang dengan Bahagia di rumah. 

          Pada channel YouTube Nutrisi Bangsa memberikan konten-konten yang akan menjadi kegiatan yang membahagiakan di rumah. Selain itu juga mendorong kemampuan anak-anak berimajinasi dan belajar yang nantinya menjadi pengalaman positip bagi anak tersebut. Konten-konten dibuat untuk menanamkan Kebiasaan baik pada  anak yang akan terus dibawa hingga mereka dewasa nantinya.

            Menurut Arif Mujahidin, Corporate Communication Director Danone Indonesia, dongeng tersebut menghadirkan edukasi yang menyenangkan tentang gizi seimbang, kebersihan tubuh, pentingnya aktivitas fisik, keamanan pangan, hingga dehidrasi dalam rangkaian cerita dongeng audiovisual. Arif juga berharap rangkaian dongeng ABCD dapat membuat anak mempunyai kebiasaan untuk makan dan minum yang sehat dan selalu menjaga Kesehatan dirinya. 

            Dongeng ABCD ini dibuat untuk memperingati Hari Dongeng Nasional. Peluncurannya  pada Festival Dongeng International Indonesia 2020 yang diselenggarakan oleh Komunitas Ayo Dongeng Indonesia. Dengan mengusur Tema Dongeng Bahagia di Rumah. Para pendongeng ABCD adalah relawan pendongeng yang terdiri dari para  karyawan Internal Danone Indonesia. 

           Rangkaian dongeng ABCD ditujukan kepada anak-anak di bangku PAUD hingga SD. Visualisasi karakter yang unik serta cerita yang menarik diharapkan dapat membuat anak-anak belajar dengan gembira. Channel YouTube tersebut juga menjadi alternatif orang tua untuk memberikan konten edukatif bagi anak-anak di rumah. 

          Tahun 2020,  dongeng ABCD membuat 5 (lima) konten cerita Kesehatan dan nutrisi yaitu (1) “Kenalan dengan isi piringku” yang merupakan edukasi  gizi seimbang isi piringku; (2) “Cuci Dulu dong!” merupakan edukasi kebersihan tubuh dan tangan; (3) “Ayo Gerak” merupakan edukasi penting aktivitas fisik; (4) “Makanan Sehat, Harus Aman” merupakan edukasi pangan yang aman; (5) “Yuk Minum” merupakan edukasi pentingnya hidrasi sehat. 

          Tujuan kegiatan ini adalah untuk mencetak anak Indonesia yang sehat dan cerdas, langkah awal yang paling penting untuk dilakukan adalah pemenuhan nutrisi anak sejak usia dini. Kesehatan jangka panjang di mulai dari 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK), yang dimulai sejak dari fase kehamilan (270 hari) hingga anak berusia 2 tahun (730 hari). Di 1000 HPK ini adalah window of opportunity bagi anak, karena perkembangan organ-organ vital terjadi di masa ini

        Danone Indonesia yang merupakan Group perusahaan multiiternasional yang memproduksi berbagai jenis makanan dan minuman.  Brand Danone  memimpun di pasar produk turunan susu atau air minum dalam kemasan. Pada tahun 2006 Danone membeli perusahaan makanan bayi terbesar kedua di dunia setelah membeli Numero. Sejak 2105 rutin berkolaborasi dengan Komunitas Ayo Dongeng Indonesia untuk menghibur dan mengedukasi anak-anak di Jakarta, Banda (maluku), Banda Aceh dan Lombok (LE)