Selama masa pandemi, sering kita mendengar kata-kata yoga di kalangan masyarakat. Kegiatan ini tidak hanya dilakukan oleh para kalangan tua melainkan para remaja melakukan nya. Banyak yang memulai kegiatan yoga ini sekedar mencoba-coba kegiatan baru dalam pendemi ini guna menghabiskan waktu dirumah. Selain tidak membutuhkan perlengkapan yang banyak. Video olahraga yoga sudah banyak tersebar melalui kanal Youtube dan lain-lain. Yoga juga banyak memiliki keuntungan untuk orang-orang yang rajin melakukannya. Kegiatan yoga pun dapat di bagi menjadi beberapa level berdasarkan tingkat kesulitannya. Level Beginner banyak dilakukan oleh para pemula saat dirumah.

            Yoga dikenal sebagai olahraga kuno yang dilakukan dengan menyatukan pikiran dan tubuh kita, karena yoga merupakan usaha untuk mengendalikan pikiran kita dan mencapai kesempurnaan. Manfaat yoga juga beragam, dimulai dari meningkatkan daya konsentrasi, mengendalikan pikiran, perkataan dan tingkah laku kita, serta dapat membantu umat hindu untuk mecapai keadaan supra sadar. Ajaran yoga dahulu popular dikalangan umat hindu. Yoga merupakan ilmu yang bersifat praktis bagi umat hindu, guna meningkatkan diri dalam bidang rohani yang bersumber dari ajaran Veda. Bagi orang yang melakukan yoga akan mendapatkan julukan tersendiri, untuk wanita dikenal sebagai Yoginis dan untuk pria dikenal sebagai Yogis.

Dalam yoga, terdapat kata dasar yang harus kamu ketahui yang akan sering disebutkan selama kegiatan yoga berlangsung. Kata tersebut adalah Cakra, cakra bersumber dari Bahasa sansekerta yang berarti roda, yang juga dapat diartikan pusat energi dalam diri manusia. Cakra dalam tubuh kita dibagi menjadi 7 Bagian. Yang pertama adalah Cakra Dasar, ini melambangkan fondasi dari tubuh fisik, kehidupan materi dan semangat hidup seseorang yang terletak di tulang ekor manusia. Yang kedua, adalah Cakra Seks. Ini berhubungan dengan organ reproduksi seseorang yang terletak di tulang pelvis manusia. Selanjutnya adalah Cakra Manipura, ini berhubungan dengan vitalisasi manusia dan terletak di sekitar pinggang dan pusar manusia. Lalu, ada Cakra Jantung ini berpengaruh dalam bagaimana seseorang memberi & menerima cinta, dan terletak di Jantung manusia. Untuk Cakra tenggorokan, ini berhubungan dengan bagaimana terciptanya kreativitas seseorang dan bagaimana hubungan antar sesama manusia. Selanjutnya Cakra Ajna, yaitu berhubungan dengan emosi manusia, dan terletak di dahi kita. Dan yang terakhir adalah Cakra Mahkota, ini berhubungan kemampuan seseorang secara spiritual.

            Yoga memiliki beberapa jenis, hal ini dapat disesuaikan berdasarkan keinginan akhir orang yang mengikuti. Ada beberapa orang yang melakukan yoga untuk meditasi diri, ada juga yang melakukan yoga guna meningkatkan fleksibilitas diri mereka dan ada juga Sebagian orang melakukan yoga untuk membakar kalori. Berikut beberapa jenis yoga yang sering kita dengar di kalangan masyarakat;Yoga Bikram, Yoga Ashtanga, Yoga Iyengar, Yoga Vinayasa, Yoga Hatha, Yoga Yin, Yoga Prenatal, Yoga Restorasi, Yoga Hot.

Bagi mereka yang melakukan yoga untuk meditasi. Disarankan untuk mengikuti Yoga Yin atau Yoga Restorasi. Tujuan kedua yoga ini adalah untuk meningkatkan ketenangan dalam diri dan dapat membantu untuk mengurangi tingkat stress kita. Untuk yoga ini terdapat 6 pose yang terkenal untuk para beginners seperti: The Quarter Lotus, The Half Lotus, The Full Lotus, The Burmese Position, Seiza, dan Chair. Keenam pose ini dapat dilakukan secara mudah, dikarenakan kebanyakan dari pose tersebut dapat dilakukan saat sedang duduk, dan tidak memerlukan perlengkapan apapun.

            Jika selama pandemi ini kalian bentujuan untuk menurunkan berat badan, maka Yoga Bikram dan Yoga Hot dapat menjadi pilihan. Namun, untuk kedua yoga ini tidak dapat dilakukan didalam rumah dikarenakan membutuhkan rungan yang bersuhu kurang lebih 40 Derajat. Penggunaan ruangan dengan suhu ini dilihat dapat membantu kita untuk memproduksi keringat lebih banyak yang akan mempermudah tubuh kita untuk melepaskan racun-racun dalam tubuh. Kedua yoga ini memiliki rangkaian gerakan yang hampir sama, yaitu 26 gerakan.

            Beberapa tips yang dapat berguna untuk kamu yang ingin mencoba yoga:

  1. Pilihlah tempat yang tenang dan memiliki ventilasi yang baik.
  2. Pakailah pakaian yang nyaman untuk anda, sesuai dengan referensi diri.
  3. Disarankan untuk membersihkan kandung kemih serta hidung dan tenggorokan dari lendir.
  4. Mulai lah dari yang mudah dan jangan paksakan diri jika memang lelah.

Untuk memulai perjalanan yoga kamu, berikut list kanal-kanal di Youtube yang menyediakan video Yoga untuk beginners secara gratis. Seperti; Yoga with Adriene, Boho Beautiful Yoga, Lululemon dan masih banyak lainnya. Video-video yang di berikan juga bervariasi dan dapat dilakukan dirumah dengan perlengkapan yang ada.

Jika tertarik untuk melakukan yoga diluar rumah, kalian dapat mengunjungi tempat-tempat yoga di Jakarta dengan harga yang terjangkau, seperti;

  • Laca Studio, Cipete
  • Real Yoga, Radio Dalam
  • Yoga @42, Senayan
  • Zuci Studio, Kramat Jati
  • Jakarta Do Yoga, Menteng

Tempat-tempat diatas sudah menjadi tempat favorit warga Jakarta jika ingin yoga bersama-sama. Kalau pandemi ini sudah selesai, mari kita bertemu di tempat-tempat tersebut ya Yogis dan Yoginis!