Salah satu pekerjaan Public Relations adalah mengkomunikasikan sebuah brand. Tapi, sebelum kita bahas lebih lanjut, apa sih definisi dari brand? Menurut Philip Kotler, brand adalah nama, istilah, tanda, simbol, kata, atau kombinasi dari semuanya yang digunakan untuk mengidentifikasi barang atau jasa dan membedakannya dengan pesaingnya atau biasa disebut dengan diferensiasi. Agar dikenal oleh masyarakat luas, tentu sebuah brand harus dikomunikasikan kepada target audiencenya. Lalu bagaimana caranya untuk mengkomunikasikan sebuah brand? Sebenarnya ada banyak caranya, tetapi yang paling umum adalah dengan melakukan empat langkah berikut:

  • Mengenali target audience

Memahami siapa yang akan yang menjadi target utama kita adalah langkah awal yang sangat penting dalam proses mengkomunikasikan sebuah brand. Dengan memahami target audience, kita akan lebih mudah untuk “mendekati” mereka, dan memperkenalkan brand kita dengan cara yang paling mudah mereka pahami.

  • Menentukan pesan yang akan disampaikan

Setelah kita menentukan siapa target audience, langkah berikutnya adalah menentukan pesan utama yang akan disampaikan. Pesan utama harus dibuat singkat, jelas, dan padat sehingga lebih mudah untuk disampaikan melalui berbagai macam channel atau media.

  • Menentukan media yang akan digunakan

Langkah selanjutnya adalah menentukan media apa yang paling sesuai untuk menyebarkan pesan yang sudah kita olah tersebut. Media dibagi menjadi dua (2), yaitu konvensional dan digital. Media konvensional contohnya seperti televisi, radio, koran dan majalah. Sedangkan media digital seperti sosial media, website, serta media online. Nah, penggunaan media biasanya akan disesuaikan dengan kebutuhan target audincenya. Jadi, semakin kita mengerti target audiencenya, semakin mudah pula kita menentukan media apa yang akan digunakan.

  • Membuat storytelling yang dapat menggugah target audience

Bahasa manusia adalah bahasa cerita. Dengan cerita, kita akan lebih mudah memahami berbagai macam hal. Jadi, kalau mau sukses dalam mengkomunikasikan sebuah brand, gunakanlah cerita yang dapat menggugah perasaan target audiencenya. Saat ini yang paling mudah digunakan adalah dengan digital storytelling menggunakan berbagai platform social media, seperti Instagram, YouTube, Twitter, dan lain sebagainya.

Nah, di Program Marketing Communication, kita akan belajar secara mendalam tentang bagaimana Public Relations mengkomunikasikan sebuah brand melalui storytelling. Ada beberapa mata kuliah yang khusus mempelajari hal ini, contohnya; Narrative Development, dan Strategic Brand Management. Jadi tunggu apa lagi, yuk gabung dengan Program Marketing Communication! (YS).