Berteman di tempat kerja kerap menjadi momok bagi sebagian orang. JuKo ingat ketika pertama kali masuk kantor dulu, JuKo akan menyipitkan mata sambil melihat ke orang, 

“Hmm, aku harus bekerja lebih baik daripada.”

“Dia sepertinya tidak suka dengan gayaku. Akan kubuat dia kesal.”

Padahal, itu semua hanya ada di benak JuKo. Miskonsepsi kebanyakan orang dimana orang lain di tempat kerja akan menjadi rival adalah hal yang sangat jarang dan hampir tidak pernah terjadi. 

Tapi emangnya worth it ya nyari temen di tempat kerja?

Oohh, setelah pengalaman kemarin, JuKo bisa bilang dengan sangat yakin. It’s very worth it. Oleh karena itu, JuKo ingin berbagi keuntungan-keuntungan yang bisa didapatkan dengan mempunyai teman di kantor, dimulai dari..

Suasana Kantor yang Lebih Kondusif

Pernahkah rutinitasmu dipenuhi dengan harus pergi satu tempat yang sama selama weekdays, namun tidak pernah mengobrol dengan orang lain, dan hanya berbincang seperlunya? JuKo pernah mengalami hal itu, dan rasanya sangat tidak enak.

Rasanya seperti terasingkan dan tidak mempunyai satupun sekutu di ruangan tersebut. Padahal jika kamu dekat dengan teman kantormu, you actually have something to look up for when you’re going to the office. Kamu menjadi lebih bersemangat pergi ke kantor dibanding ketika kamu tahu bahwa hari ini pun kamu tidak mengobrol dengan siapa pun.

Hal ini bisa dikaitkan dengan suasana hatimu. Mood hati yang tidak baik akan membuat produktivitasmu menurun. Begitu juga sebaliknya, ketika suasana hatimu sedang bagus, maka otomatis kinerjamu akan meningkat. 

Seseorang untuk Ditanyai

Baik sekadar menanyakan kabar atau memerlukan bantuan, teman adalah salah satu orang yang paling tepat untuk ditanyai. Jika kamu memiliki masalah di kantor, akan terasa lebih mudah untuk langsung bertanya kepada temanmu daripada harus menghadap ke atasan.

Tidak hanya itu, temanmu mungkin mempunyai saran yang bisa menjadi solusi dari permasalahan yang kamu hadapi. Ini bisa menjadi salah satu saranamu untuk mempelajari hal-hal baru dan dapat membuatmu lebih cepat beradaptasi di posisi barumu.

Koneksi

Siapa yang tidak butuh koneksi? Di jaman sekarang,(hampir) apapun bisa didapatkan dengan adanya koneksi. Bagaimana tidak, kamu tidak akan pernah tahu teman yang kamu punyai sekarang bisa saja menjadi rekan bisnismu di kelak hari nanti.

Tidak hanya itu, seandainya salah satu dari kalian berpindah tempat kerja, kalian bisa saling mereferensikan tempat kerja masing-masing sehingga memudahkan transisi kita seandainya kita memutuskan untuk pindah. Karena itu, perbanyak teman, perbanyakan koneksi!

Meningkatkan Efisiensi Kerja

Mempunyai teman di kantor dapat meningkatkan tingkat efisiensi kerjamu dalam berbagai hal. Misalnya, temanmu akan cenderung bersedia untuk dimintai tolong ketika kamu sedang berada dalam kesulitan atau menemui masalah dibandingkan dengan seseorang yang tidak pernah kamu sama sebelumnya.

Selain itu, temanmu juga bisa mempunyai tips dan trik yang kamu tidak tahu sebelumnya dalam menjalani hari-hari kerjamu. Tidak berhenti sampai disitu, mengerjakan sesuatu dalam sebuah tim juga pada umumnya akan mempunyai hasil akhir yang lebih baik jika kamu mengerjakannya dengan seseorang yang kamu kenal dibanding orang yang tidak kamu sama sekali. 

Karena itu, lain kali kamu melewati pintu kantormu, berikan senyum terbaikmu dan sapalah orang-orang. Tidak akan ada yang tahu jika dia akan menjadi temanmu berikutnya. 🙂

Berhubungan dengan orang meningkatkan mood dan moral kita, dan pertemanan memberikan kita kekuatan secara emosi dan fisik untuk menghadapi apapun yang kita hadapi, baik itu adalah sebuah kesempatan yang menyenangkan, tantangan, atau kesulitan.” – Annie Mckee, penasihat untuk perusahaan-perusahaan Fortune 500.