Hidup itu katanya cuma sebentar, tapi kok jam di kantor rasanya lama banget ya? Tapi udah lama kok pekerjaan masih numpuk aja? Haduh, pusing gak sih kepala. Baru selesai ngerjain ini, udah dikasih kerjaan baru, kadang malah belum selesai sudah ada lagi hal yang harus dikerjakan. Thanks boss! 🙂

Jika hal ini terjadi dalam kehidupan perkantoranmu, coba ambil waktu sebentar untuk berkaca, introspeksi diri, dan tanyakan hal ini sendiri kepada dirimu, seberapa produktif kamu di kantor? Jangan-jangan kamu belum menggunakan waktumu secara efisien dan malah menyalahkan orang lain atas sistem kerjamu sendiri.

Well, terlepas dari faktor-faktor dari luar, ada kalanya kamu harus mengembangkan diri dari dalam dulu. Karena itu, kali ini JuKo ingin berbagi tips-tips untuk menambah produktivitas mu agar waktu luangmu bertambah kamu bisa mengerjakan lebih banyak hal!

Buatlah sebuah Agenda dengan Prioritas

Terkadang hal-hal yang membuat kita kewalahan sendiri adalah berusaha mengingat-ingat apa yang harusnya kita kerjakan. Ada hal yang lebih penting, eh..kita malah membalas e-mail yang tidak terlalu penting. 

Karena itu sebelum memulai aktifitasmu, ada baiknya untuk membuat list untuk hal-hal apa saja yang harus dikerjakan hari ini dan mengurutnya sesuai dengan prioritas atau kepentingannya. Dengan begitu, setelah menyelesaikan hal-hal yang dirasa penting, beban otomatis akan berkurang sehingga kita tidak lagi sering merasa lelah di kantor.

Satu hal yang harus diingat adalah, kemampuan kita untuk fokus lebih tinggi pada hari. Hal ini dikarenakan otak kita masih fresh dan tubuh kita masih belum lelah dari melakukan berbagai hal. Karena itu kembali lagi, usahakan untuk menyelesaikan hal-hal yang penting sebelum jam makan siang.

Meminimalisir Distraksi

Tahukah kamu kalau distraksi bisa mengubah pola dan flow kerjamu? Jadi misalnya bayangkan saja ketika kamu sedang sangat fokus mengerjakan, tiba-tiba HP kamu berdering kencang, otomatis mata dan perhatian kamu akan tertuju ke layar HP dan memecah konsentrasimu yang sedang jor-jornya. 

Biasa hal ini akan dilanjutkan dengan kamu berpikir, “Tadi sampai mana ya?”

Jika sudah begitu, perlu energi yang lebih besar untuk kembali mencapai level fokus yang sama. Karena itu, ada baiknya jika kamu sedang mengerjakan sesuatu yang penting, hindari distraksi yang mungkin terjadi, misalnya menjauh sedikit dari teman kantor yang kira-kira akan “menganggumu”, menyalakan mode silent pada HPmu, ataupun memasang headset agar suara di sekitarmu tidak menganggu.

Kerjakan Satu per Satu

Kita seringkali berusaha untuk mengerjakan berbagai hal sekaligus, atau kerap disebut multitasking. Namun percaya tidak percaya, hal ini justru adalah sebuah metode yang tidak efektif dalam menyelesaikan sesuatu. 

Hal ini dikarenakan fokus manusia tidak bisa terbagi 2, sehingga ketika kita sedang multitasking, fokus kita hanya berpindah antara satu hal dengan hal lain. Hal ini jelas melelahkan secara mental dan membuat kita harus membangun fokus kita dari awal lagi ketika hendak kembali ke task pertama. Karena itu, usahakan untuk fokus ke satu pekerjaan terlebih dahulu agar hasilnya maksimal sebelum berpindah ke pekerjaan selanjutnya.

Merapikan Meja

Suasana meja yang berantakan seringkali malah membuat mood kita rusak yang berujung pada menurunnya produktivitas. Di sisi lain, menaruh sesuatu yang “enak” untuk dilihat dapat meningkatkan produktivitas mu secara drastis. 

Cobalah untuk menaruh hal-hal yang bisa membuatmu tersenyum atau membuat mood mu lebih baik sehingga suasana hati menjadi riang. Hal ini bisa jadi sebuah hal yang sangat simpel untuk dilakukan namun terbukti efektif untuk meningkatkan kinerjamu.

Tidak hanya itu, meja yang rapi berarti kita tidak perlu membuang-buang waktu untuk mencari sesuatu di tumpukan file ataupun kehilangan sesuatu yang penting hanya karena kita salah menaruhnya. 

Jadi, lain kali kamu merasa kamu kurang produktif dibanding teman-teman kantormu, atau merasa seperti pekerjaanmu tiada habisnya, kamu bisa mencoba tips-tips yang JuKo bagikan di atas.

Selamat mencoba!