People Innovation Excellence

KECANDUAN DALAM PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP PERILAKU KOMUNIKASI

            Pada era globalisasi seperti saat ini, membuat setiap kalangan membutuhkan teknologi, terutama dalam teknologi komunikasi. Perkembangan teknologi dalam bidang komunikasi serta informasi sangatlah pesat. Kabar berita yang dapat mudah didapatkan seperti melalu media online ataupun dapat menunjang mobilitas serta kemudahan dalam berkomunikasi jarak dekat atau sekalipun jarak jauh. Salah satu dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tersebut adalah berkembangnya teknologi telekomunikasi yaitu smartphone. Melalui smartphone, kita dapat dengan mudah mendapatkan setiap informasi.

Perkembangan teknologi telekomunikasi smartphone yang sangat canggih ini juga dapat mempengaruhi setiap kelompok atau individu secara signifikan dalam kalangan masyarakat. Smartphone pada dasarnya adalah sebuah istilah yang dipakai untuk menunjukkan teknologi telepon dengan fungsi yang lebih meluas. Smartphone juga bisa dibilang merupakan sebuah perangkat yang memungkinkan untuk melakukan komunikasi seperti menelepon atau berkirim pesan singkat bahkan lebih dari itu. Buktinya sekarang, tidak hanya kalangan orang tertentu saja yang dapat bisa menggunakan teknologi canggih seperti smartphone tersebut, melainkan dari semua kalangan.

Dari kalangan umum seperti dari kalangan pelajar. Pada era sekarang dari usia anak-anak, orang tua, remaja bahkan sekalipun manula dapat menggunakan smartphone tersebut. Yang memang untuk para pengguna Smartphone tidak dibatasi untuk kalangan apapun dalam menggunakannya. Mungkin hanya saja lebih di prioritaskan untuk digunakan sebagai alat komunikasi saja seperti telepon dan sms, serta digunakan juga dalam kebutuhan sosial, pekerjaan, dan pendidikan.

 

 

 

Segala kecanggihan dan kemudahan yang diberikan melalui smartphone, tidak sedikit kalangan masyarakat yang ingin untuk memilikinya. Namun, sekarang hampir semua masyarakat dari setiap kalangan dari menengah kebawah hingga menengah keatas, dewasa maupun anak-anak telah memiliki smartphone. Saat ini para pengguna smartphone yang ada di Indonesia terus meningkat naik. Salah satu lembaga riset yang menyebutkan bahwa negara Indonesia yaitu berada didalam peringkat kelima untuk daftar pengguna Smartphone terbesar di dunia.

 

DeveNews.com – Jakarta. Rata-rata pengguna smartphone di dunia akan mengecek hp nya setia 12 menit sekali. Hal ini setara dengan melakukan kegiatan berputar sebanyak 80 kali dalam sehari. Hal ini tentu merupakan faktor bagaimana berubahnya perilaku mahasiswa dalam kegiatan sehari-hari, khususnya dalam berkomunikasi dengan individu. Misalkan seperti berkomunikasi dengan keluarga, teman, dan lingkungan sekitarnya. Karena perilaku komunikasi adalah  menetapkan  siapa  bicara  dengan  siapa,  tentang  apa,  dan  bagaimana. Untuk dapat menghindari suatu perubahan perilaku yang mengarah ke hal buruk, seseorang harus bisa dapat memposisikan dirinya dalam suatu lingkungan di era yang saat ini teknologinya serba canggih.

Pada kenyataannya, saat ini penggunaan terhadap smartphone memang dapat mempengaruhi suatu perilaku komunikasi antar individu. Smartphone sekarang sudah menjadi media komunikasi yang wajib. Hasil tersebut dapat dibuktikan dengan kenyataan yang ada dilapangan. Saat ini setiap individu ataupun kelompok pasti tidak bisa dapat lepas dari yang namanya Gadget atau Smartphone, baik untuk hanya berkomunikasi ataupun hanya sekedar mengunggah Sesuatu sosial media. Hal tersebut dapat memperlihatkan bagaimana kecanduan yang dirasakan setiap individu atau kelompok dalam penggunaan smartphone dapat berpengaruh terhadap perubahan perilaku individu.

Data membuktikan jika intensitas dalam penggunaan smartphone dapat berpengaruh terhadap perilaku komunikasi. konten yang digunakan pun beragam, mulai dari jejaring sosial, game, video, foto, musik, e-mail,  SMS,  telepon,  dan  chatting  online. Bahwa hal tersebut dapat berpengaruh terhadap suatu perilaku komunikasi mereka. Tidak sedikit dari para pengguna smartphone mengakui bahwa mereka menggunakan smartphone karena ingin mendapatkan suatu pengalaman yang baru. Lalu mereka pun ingin juga mendapatkan respon, dan merasa ingin diakui oleh lingkungan di sekitarnya.

Untuk para pengguna Smartphone bagi mereka juga adalah suatu hal yang bisa membentuk mereka  menjadi  pribadi  yang gemar  bersosialisasi. Sehingga smartphone pun kini menjadi salah satu bagian dari gaya hidup mereka. Bagi para perilaku komunikasi pengguna Smartphone terkadang tidak sedikit menyatakan bahwa penggunaan smartphone tersebut sangat baik. Hal baiknya adalah berupa kesadaran mereka sebagai pengguna menyadari hal mengenai manfaat penggunaan smartphone dalam mendapatkan suatu informasi serta dalam membuka wawasan tentang sesuatu pengetahuan yang baru.

Intensitas dalam penggunaan smartphone sangat berpengaruh besar dalam perilaku komunikasi seseorang. Karna memang penggunaan smartphone yang sering kita gunakan membuat kita merasa mendapatkan suatu pengetahuan yang baru, bahkan bisa membuat karakter cara berbicara seseorang. Informasi yang didapatkan dari media sosial memudahkan seseorang mencairkan informasi yang belum mereka dapatkan. Kecepatan dalam berita yang disalurkan media online, serta cepat tersebar nya suatu informasi membuktikan bahwa mengapa seseorang seintensitas itu dalam menggunakan smartphone.

Smartphone telah mengubah cara komunikasi antar individu, terutama kaum muda. Terlebih lagi, dengan segala fitur dan  kehadiran smartphone yang memudahkan semua media dan segala aktivitas komunikasi dalam satu genggaman. membuat kalangan remaja semakin terbawa arus dengan penggunaan teknologi yang ada pada smartphone, dibanding generasi yang ada sebelumnya.

Khususnya untuk kalangan remaja, pada saat ini smartphone sudah merupakan bagian dari kehidupannya. Bahkan juga tidak sedikit kalangan remaja yang bisa sampai ketergantungan terhadap smartphone. Terlalu berlebihan dalam menikmati sesuatu teknologi yang mungkin itu akan mendapatkan manfaat baik mungkin sah saja. Tapi jika itu berdampak negative itu adalah suatu hal yang akan merugikan. Penyebab itu semua adalah bisa terjadi karena adanya pengaruh dari globalisasi.

 

 

 

Globalisasi memberikan kita banyak perubahan, terutama terhadap gaya hidup masyarakat. Remaja pada masa ini lah yang paling sangat banyak terpengaruh. contohnya ketika seorang remaja melihat iklan smartphone terbaru di televisi yang menampilkan segala fitur-fitur pendukung yang canggih dan sangat tren saat ini. Membuat remaja tersebut menginginkan smartphone tersebut. Bukan karena untuk kebutuhan, melainkan menjadi tuntutan gaya dilingkungannya dan juga serta mengikuti perkembangan zaman.

Internet juga yang telah membantu smartphone dalam penggunaannya. Komunikasi yang dilakukan oleh setiap masyarakat dengan cara nya yang unik dan berbeda juga telah membuat masyarakat menjadi tempat menarik dalam berkomunikasi. Juga kemudian dalam penggunaan smartphone seseorang bisa untuk berkomunikasi antarpribadi satu dengan yang lainnya dalam chat room. Fitur yang ada pada smartphone memanfaatkan Internet dalam kemampuan untuk mengunduh musik, game, aplikasi, menonton video secara online, dan banyak hal lainnya. Dengan memiliki smartphone, maka kebutuhan tersebut semakin tersalurkan dengan baik

Kemunculan Internet juga adalah salah satu peran yang sanagt penting dalam mengubah dunia seseorang yang membuatnya memperbaharui cara mereka dalam berkomunikasi. Smartphone telah berhasil mencuri hati para generasi muda memang. Karna  Dengan segala fitur yang ada pada smartphone dan banyaknya manfaat yang didapat dari penggunaan smartphone membuat mereka merasa nyaman. Smartphone juga membuat mereka untuk selalu terhubung 24 jam sehari, dan 7 hari dalam seminggu, dengan Internet. Ditambah lagi dengan meningkatnya penggunaan sosial media dengan segala fitur nya juga yang mendukung, seperti Instagram, snapchat, facebook dan lainnya membuat kaum muda semakin ingin selalu terhubung dengan Internet. Karna itu adalah menjadi salah satu kebutuhan untuk mereka.

Yang menarik Dalam berkomunikasi dalam smartphone tersebut juga adalah dengan menyediakan beberapa fasilitas untuk memperlancar komunikasi yang bukan tatap muka, yaitu dengan memberikan penguatan terhadap pesan yang dikirim melalui perantaraan symbol emoji dan fasilitas lainnya. Seperti symbol emoji yang ada pada fitur chat dalam smartphone yaitu memungkikan seseorang memberikan sikap perasaan nya saat chat, seperti sedang marah, bahagia, dan sedih. Hal yang menarik dari peningkatan teknologi dalam komunikasi terkadang juga membuat seseorang cenderung lebih tidak aktif dalam komunikasi.

Saat seseorang berkomunikasi melalui sosial media dengan chat room misalnya, terkadang seseorang dalam kenyataannya tidak akan bisa sesuai dengan apa yang dia lakukan dalam chatroomnya. Itupun bisa mempengaruhi karakter seseorang dan tidak bisa membentuk karakter nya dengan baik. Lebih bermain dibalik layar ketimbang di depan layar. Mungkin ini adalah salah satu kekhawatiran dalam mempengaruhi komunikasi seseorang karna kecanduannya dalam penggunaan smartphone.

Dengan keterbiasaan seseorang terhadap smartphone membuat mereka menjadi merasa ketergantungan akan hal itu. Komunikasi yang lebih sering dilakukan melalu smartphone atau  Kebiasaan berkomunikasi dengan menggunakan media smartphone tentunya akan membawa implikasi bagi penggunanya ketika mereka pada suatu saat tidak membawa smartphone.

Dengan penggunaan smartphone yang semakin marak di masyarakat terutama remaja, tentunya terdapat beberapa dampak dari penggunaanya. Dampak negatifnya bisa membuat remaja yang kecanduan akan smartphone itu menjadi lupa waktu, hingga menjadi orang yang anti sosial karena terlalu asik dengan smartphonenya dan menganggap bahwa tidak perlu bertemu dengan orang sekitar secara langsung tetapi  cukup dengan komunikasi melalui social media.

Terkadang memang miris jika seseorang terlalu kecanduaan terhadap penggunaan smartphonenya. Setiap orang tidak mungkin hanya selalu melakukan komunikasi melakukan media saja, pasti juga harus melakukan komunikasi secara langsung. Penggunaan smartphone seharus nya dijadikan kemudaha  saja untuk bisa membantu kemudahan kita dalam berkomunikasi bukan tapi malah dijadikan suatu prioritas untuk digunakan dalam berkomunikasi.

Tahu tempat dalam penggunaannya. Penggunaan smartphone seharus nya bisa dikondisikan dimana kita harus menggunakan nya. Pada saat ini kadang sudah banyak sekali saat kita sedang meeting atau berkumpul bersama kerabat, seseorang lebih fokus terhadap smartphonenya. Seharus nya disaat seperti itu kita harus memanfaatkan kualitas komunikasi kita. Berbicara dengan orang yang ada disekitar kita dan berdiskusi apa yang ingin dibicarakan. Kecanduan terhadap smartphone dalam hal ini membuat status sosial masyarakat semakin terpojok karna kurang kebijakan bagaimana cara penggunaan smartphone dengan bijak dan benar.

Bila digunakan secara bijaksana maka smartphone sangat membantu dalam berkomunikasi. Tetapi masih banyak masyarakat yang utamanya adalah remaja yang tidak menggunakannya dengan bijak, melainkan mereka menggunakannnya untuk tujuan lain hingga bia menjadi ketergantungan terhadap smartphone.

Mengikuti perkembangan zaman yang semakin canggih dan dengan tekhnologi yang diberikan pun semakin canggih dan mempermudahkan kita itu adalah salah satu kesenangan tersendiri khususnya bagi para kalangan remaja yang notabenenya sangat senang mecari hal yang baru. mengeksplore segala hal terbaru yang menurut mereka sangat menarik. Entah hannya sekedar ikut-ikutan  dalam mengikuti perkembangan trend atau bahkan sampai menjadi gaya hidup.

Hal ini merupakan fenomena yang terjadi saat ini, dimana era globalisasi berkembang begitu pesat dan dengan diciptakannya gadget canggih atau seperti smartphone dengan banyak sekali fitur-fitur menarik yang diberikan seperti beberapa media sosial yang sedang digandrungi remaja itu membuat mereka menjadikan ini adalah suatu keharusan yang mereka lakukan, sehingga mereka mengabaikan bagaiman berkomunikasi secara langsung secara seharusnya.

Ketika penggunaan gadget tak lagi seimbang sehingga banyak sekali dampak negatif yang dirasakan seperti efek kecanduan dan ketergantungan akan penggunaan gadget sehingga komunikasi dengan orang lain tidak berjalan dengan baik. Bersikap dengan bijak dalam penggunaan smartphone bagi kehidupan sehari-hari. Gunakan manfaat smartphone seperti seharusnya dan sesuai agar bisa produktif dalam menunjang komunikasi kita dengan baik.

Berbagai macam teknologi yang ada saat ini dapat dipakai sebagai sarana untuk berkomunikasi. Karna memang mereka sangat membutuhkan sekali apa smartphone atau media lain yang dapat menunjang kemudahan mereka terutama untuk berkomunikasi seharusnya. Bukan hanya mengikuti trend belaka atau hanya ingin diakui dilingkungan sekitarnya.

Perkembangan era teknologi yang meningkat dengan fungsi alat komunikasi panggilan telepon telah mengalami peningkatan yang sangat pesat dengan adanya smartphone pada saat ini. Smartphone sudah seperti sebuah personal computer yang mudah dibawa ke mana-mana dan gampang hanya dapat digenggam saja. Dapat dibawa ke mana-mana dengan bentuk nya yang kecil dan itu mengintegrasikan semua kebutuhan yang dibutuhkan dalam berkomunikasi untuk setiap individu. Dengan penggunaan teknologi ini bisa membuat individu dapat dengan mudah terhubung dengan individu yang lain melalui pengalaman yang baru. Ditambah lagi dengan adanya bantuan jaringan Internet, membuat terbentuk suatu kebiasaan yang baru pada pengalaman manusia untuk selalu menggenggam smartphonenya kemanapun dan di mana saja mereka berada.

Prioritas dalam berkomunikasi melalui smartphone biasa nya untuk pesan text. Telepon juga lebih sering digunakan. Individu sekarang menganggap itu menjadi suatu keharusan dan sudah sangat biasa bagi mereka dalam berkomunikasi. Keunikan yang didapat dan pengalaman yang sering mereka rasakan dalam berkomunikasi menggunakan smartphone membuat mereka terbiasa.

Untuk dalam membantu mahasiswa misalnya. Mereka terkadang menggunakan smartphone nya untuk membantu tugas mereka atau saat sedang melakukan presentasi. Ini sangat sering dilakukan karna mereka yang sudah bergantungan terhadap hal tersebut. Menjadikan semuanya menjadi satu kesatuan untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dalam menunjang proses kinerja mereka. Smartphone pun juga membentuk bagaimana pola komunikasi yang khas, yang dilakukan oleh kaum muda, dalam hal ini mahasiswa.

Hal ini menunjukkan bagaiman tingkat kepentingan smartphone dalam hidup mereka, sehingga tidak bisa terlalu jauh untuk dapat menjangkau smartphone yang mereka miliki tersebut. Mereka selalu ingin mengetahui hal-hal yang terbaru tentang dunia yang ada disekitar mereka, dan tidak mau ketinggalan info berita, seakan terbentuk dari kedekatan, kebiasaan, atau mungkin ketergantungan mereka dengan smartphone yang mereka gunakan.

Berkomunikasi secara langsung dengan tatap muka dapat meningkatkan interaksi sosial yang lebih baik  dan memang seharusnya dibandingkan interaksi secara tidak langsung misalkan melalui video call yaitu fitur yang ada pada smartphone.

Maka dari itu kita harus bijak dalam menggunakan smartphone dan jangan sampai dengan adanya teknologi ini hanya membuat kerusakan pada sistem sosial kita. Gunakanlah sebaik-baiknya dan sesuai dengan seharusnya. Jangan sampai berlebihan, agar manfaat dari teknologi yang dimaksud bisa kita dapatkan dengan secara maksimal. Bukan malah menjadi berdampak negative. Jika bila terjadi penyimpangan dalam penggunaannya, jangan sampai kita biarkan begitu saja. karena segala sesuatu yang besar berawal dari hal-hal yang kecil.

Fajar Miftahudin


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close