People Innovation Excellence

MAKANAN PENAMBAH DARAH UNTUK ATASI ANEMIA

MAKANAN PENAMBAH DARAH UNTUK ATASI ANEMIA

Anemia merupakan penyakit yang menunjukan suatu kondisi dimana sel darah merah lebih rendah dari  jumlah darah pada normalnya. Anemia bisa saja terjadi jika sel darah merah tidak mengandung hemoglobin, hemoglobin merupakan protein yang kaya akan zat besi dan ini sangat penting bagi tubuh karena protein inilah yang membantu sel darah merah membawa oksigen dari paru paru ke seluruh tubuh. Tanda tanda anemia yang paling identic adalah jika tubuh anda cepat merasakan kelelahan atau lemes, tangan pucat, sesak napas, dan pusing pada kepala. Hal itu disebabkan karena tubuh anda kekurangan sel darah merah yang mengandung hemoglobin untuk menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh.

Tubuh membutuhkan vitamin, mineral dan nutrisi tertentu yang dapat memproduksi sel darah merah. Zat besi, folat dan vitamin B12 adalah zat zat yang penting dalam produksi sel darah. Zat besi bagian dari hemoglobin, kekurangan asupan zat besi sel darah merah akan turun. Zat besi dibedakan menjadi ada 2 ada zat besi heme dan non heme, zat besi heme terdapat pada ikan, unggas, dan daging. Sedangkan yang non heme terdapat pada kacang kacangan, sayur sayuran dan buah buahan.

Agar tubuh tidak kekurangan darah, harus rajin mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi. Beberapa makanan yang dapat menambah darah diantaranya: Daging Merah, seperti daging sapi, kambing, daging merah merupakan makanan penambah darah yang paling mudah ditemui, di pasar atau supermarket banyak orang yang menjual daging merah, biasakan untuk memilih daging secara baik dan benar, daging bagus adalah daging merah yang terlhat fresh dan tidak pucat warna nya. Dalam 100 gram daging merah terkandung 2.7 mg zat besi. Jeroan, organ dalam hewan seperti hati, ginjal, otak dan jantung, megandung zat besi yang sangat tinggi. 100 gram hati sapi mengandung 6.5 mg zat besi yang sudah mencukupi 36% asupan harian. Daging Unggas, seperti daging ayam dan bebek dapat membantu menambah darah.

Ada juga buah buahan yang dapat membantu menambah darah seperti: Jeruk,buah yang berwarna oranye ini  mengandung asam folat yang tinggi, asam folat dari jeruk dapat membantu tubuh untuk membuat sel darah merah yang baru. Menurut USDA National Nutrision Database for Standard Reference, kandungan asam folat dalam satu gelas jeruk sebesar 31,5 mcg. Jeruk juga kaya akan vitamin C yang sangat berguna bagi tubuh manusia. Mengkonsumsi jeruk juga dapat di makan langsung atau biasanya di peras.  Stroberi, mengandung antioksidan yang tinggi, maka dari itu stroberi sangat membantu untuk menambah darah, selain itu stroberi juga merupakan buah yang sangat bayak disukai oleh masyarakat apalagi wanita, karena strobe memiliki rasa yang sangat manis dan juga warna merah yang sangat cantik. Wortel, mengandung vitamin A yang berperan untuk membantu dalam memproduksi sel darah merah sekaligus mengantar oksigen ke sel sel tubuh. Semangka, buah yang berwarna merah dan memliki rasa manuis ini mengandung vitamin C yang merupakan nutrisi penting untuk memudahkan tubuh dalam menyerap zat besi.

     Alpukat, mengandung folat yang cukup tinggi untuk menambah darah. Sebanyak 45 mikrogram folat bisa didapatkan dengan mengkonsumsi setengah cangkir buah alpukat. Buah yang berwarna hijau ini memiliki rasa yang manis dan sangat digemari oleh banyak orang, biasanya buah alpukat dikonsumsi dengan cara di jus atau dimakan langsung, biasanya saya makan buah alpukat itu di makan langsung kadang ditambahin susu kental manis.

Selain buah buahan, sayuran juga berperan penting dalam membantu menambah darah. Beberapa sayuran sayuran yang dapat menambah darah diantaranya: Bayam Merah, dulu saya mengalami anemia yang berawal dari gejala DBD, dokter menyarankan saya untuk mengkonsumsi bayam merah yang sangat membantu untuk menambah darah. Akhirnya ibu saya membelikan bayam merah di pasar, dan setiap hari saya mengkonsumsi bayam merah dan itu terbukti, hemoglobin saya langsung naik dibantu juga dengan mengkonsumsi makanan makanan lainnya yang megandung zat besi dan vitamin. Selain bayam merah, Kedelai juga dapat membantu menambah darah. Kedelai adalah sumber zat besi yang diperlukan dalam proses metabolisme, dalam 1,5 cangkir kacang kedelai terdapat 4 mg zat besi. Mengkonsumsi tempe, tahu dan susu kedelai

Dari semua penjelasan diatas adalah beberapa makanan yang berperan penting dan dapat membantu untuk penambahan sel darah merah. Intinya, kita harus menanamkan pola hidup sehat mulai dari sekarang dengan perbanyak konsumsi buah buahan dan sayur sayuran yang mengandung banyak vitamin dan zat besi, dengan mengkonsumi makanan yang mengandung banyak vitamin tubuh akan terasa lebih sehat dan bugar. Hindari makanan yang tidak bergizi, seperti junk food atau jajanan di pinggir jalan yang belum tentu terbukti keamanan dan kebersihan nya.

 

Nama: Saras Tri Purnamasari

NIM: 2101685143

Kelas: LA51


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close