People Innovation Excellence

BANYAK DIMINATI, PUBLIC RELATIONS ITU MUDAH?

Bagi pelajar yang tengah duduk di bangku kelas 3 Sekolah Menengah Atas tentu saja jurusan yang akan diambil saat kuliah itu sangat penting. Bagi mereka, ketika salah mengambil jurusan maka kehidupan mereka nantinya akan menjadi berbeda dengan apa yang mereka inginkan sebelumnya. Dari sekian banyak jurusan, jurusan yang membuat saya tertarik adalah jurusan komunikasi tepatnya Public Relations karena jurusan tersebut banyak diminati oleh pelajar dengan diiringi kata-kata mudah. Sebenarnya mengapa jurusan ini dianggap mudah? Coba kita pelajari lebih lanjut.

Public Relations adalah salah satu fungsi manajemen yang bertugas menjadi jembatan antara perusahaan atau organisasi dengan publik. Public Relations memiliki tugas untuk membantu sebuah perusahaan, organisasi, badan atau institusi agar publik mau bekerja sama dengan baik. Fungsi utama Public Relations adalah untuk membangun citra positif perusahaan, dan hasil yang lebih baik dari sebelumnya karena mendapatkan opini dan kritik dari konsumen. Selain itu, Public Relations juga berfungsi untuk memelihara, mengembangtumbuhkan, mempertahankan adanya komunikasi timbal balik yang diperlukan dalam menangani, mengatasi masalah yang muncul, atau meminimalkan munculnya masalah (Black, 2002).

Tujuan utama dari Public Relations adalah untuk mempengaruhi perilaku orang secara individu maupun kelompok saat saling berhubungan, melalui dialog dengan semua golongan, dimana presepsi, sikap, dan opininya penting terhadap suatu kesuksesan sebuah perusahaan (Davis, 2003). Tugas Public Relations adalah menyelenggarakan komunikasi timbal balik (two ways traffic communications) antara lembaga dengan publik yang bertujuan untuk menciptakan saling pengertian dan dukungan bagi tercapainya tujuan tertentu, kebijakan, dan kegiatan produksi demi kemajuan lembaga atau citra positif lembaga bersangkutan. Tugas Public Relations sangat erat kaitannya dengan pembentukan opini publik dan perubahan sikap dari masyarakat.

Banyak orang memilih Public Relations karena mendengar pengalaman orang lain yang dirasa menyenangkan. Mereka berpikir ketika mereka mengambil jurusan Public Relations, mereka akan mendapatkan banyak kenalan baru. Seorang Public Relations terkenal sebagai orang yang dapat beradaptasi dengan baik karena mereka biasanya dituntut untuk dapat menempatkan diri sesuai dengan situasi dan kondisi. Selain itu, biasanya mereka senang untuk berinteraksi dengan banyak orang sehingga tidak heran ketika melihat mereka mengenal banyak orang dari divisi lain maupun perusahaan lain.

Selain itu, seorang Public Relations biasanya memiliki penampilan yang rapi dan menarik. Mereka memiliki pekerjaan yang mewajibkan mereka untuk bertemu dan berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai divisi maupun perusahaan. Mereka membentuk citra diri dan citra perusahaan yang baik dengan berpenampilan yang rapi dan menarik. Ketika orang dari perusahaan lain bertemu dan melihat bahwa Public Relations dari perusahaan yang ingin diajak berkerja sama tidak memakai pakaian yang rapi, mereka akan berpikir dua kali untuk berkerja sama dengan perusahaan tersebut karena mereka menilai bahwa perusahaan tersebut tidak memerhatikan para karyawan yang bekerja diperusahaan mereka.

Mereka juga merasa orang-orang yang bekerja sebagai Public Relations tidak merasa bosan ketika di kantor. Hal tersebut dikarenakan mereka memiliki banyak kenalan dari berbagai divisi yang memudahkan mereka untuk menghibur diri dengan cara mengobrol ataupun pergi makan siang bersama. Orang-orang yang bekerja sebagai Public Relations juga biasanya memiliki pengalaman pergi ke berbagai kota atau negara untuk menemui perusahaan yang ingin bekerja sama dengan mereka.

Sebagai seorang Public Relations, mereka dituntut untuk selalu mengetahui tentang isu terkini dan selalu menjadi orang yang tidak ketinggalan zaman dan informasi. Informasi tersebut berguna untuk menunjang pekerjaan mereka. Ketika seorang Public Relations tidak memiliki informasi terkini, mereka akan kesulitan untuk menjalankan pekerjaan mereka. Sehingga hal tersebut akan merugikan perusahaan tempat mereka bekerja dan juga merugikan diri mereka sendiri.

Selain itu, orang-orang yang bekerja sebagai Public Relations biasanya pandai dalam hal berkomunikasi. Hal tersebut tentu saja menjadi salah satu kelebihan mereka yang bekerja di dunia Public Relations. Pandai berkomunikasi artinya bukan hanya suka mengobrol atau suka berbicara di depan umum. Namun, pandai berkomunikasi artinya mereka dapat menyampaikan pesan yang ingin mereka sampaikan kepada orang lain. Selain itu, mereka juga biasanya pandai dalam bernegosiasi dengan orang maupun perusahaan lain.

Orang-orang yang bekerja sebagai Public Relations juga memiliki tuntutan untuk dapat menulis dan mendesain sesuatu. Mereka akan diminta untuk menulis press release, in house magazine, dan lain sebagainya. Mereka juga akan diminta untuk memberikan desain maupun komentar tentang desain dari seorang klien yang ingin menampilkan produk baru ataupun mengganti desain yang telah usang.

Namun dibalik menyenangkannya pekerjaan sebagai Public Relations, terdapat beberapa hal yang menjadikan pekerjaan tersebut menjadi cukup sulit seperti menjaga citra perusahaan. Sebagai Public Relations, kita diminta untuk selalu menjaga citra perusahaan di tempat kita bekerja. Karena jika kita tidak dapat menjaga citra perusahaan, kita akan membuat banyak klien yang ingin bekerja sama dengan perusahaan tempat kita bekerja menjadi ragu dan dapat memutuskan untuk tidak melanjutkan kerja sama tersebut.

Selain itu, kita juga harus selalu menjaga reputasi dari perusahaan tersebut sehingga tidak akan membuat perusahaan tersebut menjadi buruk karena banyaknya isu yang diberikan oleh kompetitor lain. Selain itu, kita juga harus siap untuk merencanakan, membuat, dan menyiapkan berbagai event yang akan diadakan oleh perusahaan seperti peluncuran produk baru atau konferensi pers.

Setelah mengetahui tentang Public Relations, tentunya kita dapat lebih memikirkan dengan matang jurusan yang akan kita ambil nantinya. Jangan memilih hanya karena mengikuti orang lain, namun pilihlah berdasarkan apa yang kita suka.

 

NADYA FAHYUSNI NABILLA

2101667153

LA51


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close