People Innovation Excellence

Berawal dari coba-coba hingga menjadi hobi dan rutinitas

Pada dasarnya olahraga itu sangat penting bagi kesehatan tapi alangkah baiknya  olahraga dijadikan sebagai hobi bahkan rutinitas agar badan tetap fit. Olahraga adalah suatu aktivitas fisik yang terencana dan terstruktur yang melibatkan gerakan tubuh berulang-ulang dan ditujukan untuk meningkatkan kebugaran jasmani. Salah satu manfaat  olahraga yaitu untuk meningkatkan kesehatan pada tubuh.

Olahraga merupakan sebagian kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari karena dapat meningkatkan kebugaran yang diperlukan dalam melakukan tugasnya. Olahraga tidak memandang umur dan juga dapat dimulai sejak usia muda hingga usia lanjut dan dapat dilakukan setiap hari.  Olahraga termasuk kegiatan yang positif bagi tubuh kita, sehingga kita dapat meningkatkan metabolisme dan kebugaran tubuh. Olahraga itu sangat penting menurut saya karena saya sendiri merasakan sendiri efek dari olahraga itu sendiri.

Paling tidak kita luangkan waktu seminggu sekali untuk berolahraga agar badan tetap bugar dan sehat. Olahraga pun tidak harus yang berat seperti angkat beban, lari marathon, dan tinju. Bahkan saat kita naik turun tangga itu sudah bisa dikatakan berolahraga sehingga dari aktivitas itu kita sudah bisa menghasilkan keringat dari dalam tubuh. Olahraga tidak memandang umur, orang tua anak muda bahkan anak-anak. Jenis aktivitas kesukaan masing-masing orang pun berbeda-beda misalnya anak muda suka berolahraga seperti basket, sepakbola, tennis, zumba, boxing.

 

 

 

 

 

 

 

Jenis olahraga dilihat dari usia:

  1. Usia 5-12

Biasanya pada usia ini anak-anak berolahraga sambil bermain dan berolahraga pada saat jam pelajaran olahraga disekolahnya. Olahraga yang biasa dilakukan anak pada usia segini yaitu lompat tali, sepak bola, estafet.

  1. Usia 13-20an

    Pada usia ini, kita cenderung malas untuk berolahraga, dan berfikir jika berolahraga akan membuang-buang waktu. Tetapi tergantung pada masing-masing orang, jika dia menyukai olahraga maka rutinitasnya dipenuhi dengan olahraga Pada usia 20-an, merupakan waktu tepat untuk memulai kebiasaan berolahraga, di mana metabolisme manusia berada di puncak tertinggi.

    Latihan kardio bagus untuk Anda yang berusia 20-an. Seperti berlari selama 30 menit sebanyak tiga kali dalam seminggu. Sebelum memulai berlari, lakukanlah pemanasan selama lima menit. Setelah berlari jika Anda masih memiliki waktu lakukan pendinginan agar tidak terjadi peregangan pada otot.

    2. Usia 30-an

    Pada usia ini biasanya karena semangat dan kemampuan tertinggi yang didapat pada usia 30-an, banyak yang menganggap masih memiliki kemampuan serupa di usia tersebut. Padahal, memasuki usia 30-an merupakan sinyal kondisi tubuh menurun.

    Latihan yang cocok dilakukan sebaiknya terkonsentrasi pada olahraga kardio, seperti  bersepeda santai, jogging, atau berenang jarak menengah. Lakukan minimal tiga hari dalam seminggu selama 30 menit.

    3. Usia 40-an

    Pada usia ini, dampak akan penuaan sudah mulai terlihat. Jika Anda tidak pernah melakukan olahraga, sejumlah masalah kesehatan, seperti kanker, jantung, stroke, dan lainnya akan selalu menghantui. Biasanya di usia ini orang-orang yang berolahraga karena ajakan teman yang sama-sama butuh waktu untuk berolahraga.

    Mulailah berkonsentrasi untuk melakukan olahraga-olahraga ringan, seperti yoga, pilates, berjalan kaki, maupun jogging. Lakukanlah olahraga tersebut selama 30 menit dalam kurun waktu tiga hari per minggu.

 

Disini saya sendiri termasuk orang yang sangat gemar berolahraga, aktivitas saya  diolahraga tergolong cukup aktif bahkan saya sempatkan berolahraga seminggu 5x kalau memang saya memiliki waktu senggang dan tidak ada kesibukan, jika memang saya tidak memiliki waktu sama sekali saya hanya melakukan olahraga seminggu 3x dan itu benar-benar harus maksimal karena saya melihat makanan apa yang saya konsumsi selama seminggu itu harus saya bakar dengan baik juga. kebetulan saya bergabung dalam suatu tempat fitness/gym di daerah tangerang. di situ saya mengikuti berbagai macam olahraga yang cukup berat menurut saya. Pada awal mula saya memasuki dunia fitness saya banyak menemukan orang-orang yang awalnya hanya mencoba-coba hingga akhirnya ketagihan dan sampai menjadi rutinitas mereka untuk berolahraga. Menurut pendapat mereka yang hobi berolahraga menurutnya “sehari tidak berolahraga itu seperti badan terasa berat dan justru kurang fit. Seringnya olahraga justru kita dapat mengatur pola makan kita sehari-hari”.

Saya juga memiliki jadwal kelas dan latihan apa saja yang saya ikuti pada hari itu. saya mengikuti olahraga zumba, body combat(semacam boxing, muaythai). sesudah berolahraga saya menyempatkan diri untuk menghangatkan badan saya dengan memasuki ruang sauna, menurut saya sauna sesudah olahraga memiliki efek yang baik bagi tubuh. kebetulan saya memiliki bentuk badan yang gemuk dan saya bercita-cita ingin kurus. sehingga saya harus memaksimalkan waktu saya untuk mencapai target tersebut. Waktu juga penting untuk berolahraga, menurut saya waktu yang efektif berolahraga itu pagi menuju siang.

Melalui survey yang saya temukan di tempat fitness, orang-orang yang bergabung disana awalnya hanya mengisi waktu luang dan mempunyai target menurunkan berat badan. Tetapi semakin kesini olahraga menjadi lifestyle bahkan mereka menghabiskan rutinitasnya disana untuk berolahraga dan mencari teman. Tetapi menurut saya, olahraga bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja

 

Di tulisan ini saya ingin berbagi seputar olahraga yang saya ikuti dan sekalian mengajak kalian untuk gemarlah berolahraga karena olahraga sangat penting. ( Zahra)

 

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close