People Innovation Excellence

SEBERAPA PENTINGKAH BAHASA ASING?

Apakah kemampuan menguasai berbagai bahasa sangat pening pada zaman sekarang? Apakah sudah banyak orang yang sudah menyadarinya? Banyak sekali orang yang masih belum menyadari pentingnya edukasi dalam bahasa. Namun melihat perkembangan zaman sekarang ini bahasa merupakan salah satu kunci kesuksesan dalam perkembangan bisnis yang besar. Bahasa dapat membantu kita untuk menjalin relasi dengan orang yang berada dalam keadaaan yang jauh dari kita. Perusahaan akan memberikan gaji yang cukup besar kepada karyawan yang dapat menguasai bahasa asing dikarenakan mereka dapat menguntungkan bagi perusahaan jika mendapat klien dari negara yang berbeda.

Salah satu bahasa yang wajib dikuasai di semua kalangan umur adalah Bahasa Inggris. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang paling sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Mengapa bahasa Inggris? Hal ini dikarenakan bahasa Inggris merupakan bahasa penyatu dunia yang membuat bahasa ini paling sering digunakan secara general. Bahasa Inggris dapat digunakan di berbagai negara tanpa batas. Semua negara akan memasukkan mata pelajaran Bahasa Inggris menjadi pelajaran wajib di pendidikan formal.

Banyak sekali orang tua yang masih belum menyadari pentingnya bahasa Inggris untuk dipelajari oleh anaknya. Biaya les untuk belajar bahasa relatif cukup tinggi yang membuat orang tua berpikir ulang akan memberikan anaknya les bahasa tambahan. Disisi lain, ada anak yang merasa belajar bahasa asing cukuplah sulit karena bukan bahasa ibu mereka. Mereka tidak terbiasa menggunakan bahasa asing tesebut membuat mereka bermalas-malasan belajar dan tidak mencapai hasil yang maksimal.

Padahal menguasai banyak bahasa asing akan meningkatkan nilai jual diri di masa depan. Bahasa merupakan suatu kemampuan yang paling menjanjikan. Terdapat berbagai bidang pekerjaan yang mendapatkan gaji besar hanya dengan menguasai bahasa asing. Salah satunya adalah penerjemah bahasa yang menggunakan kemampuan mereka untuk membantu orang maupun perusahaan yang mau melakukan hubungan kerjasama dengan orang asing.

Di era modern seperti sekarang ini tidak ada alasan untuk tidak menguasai bahasa asing. Jika kalian yang sudah tidak duduk di bangku sekolah tapi ingin mempelajari bahasa asing ada beberapa lembaga yang menyediakan pendidikan yang dikhususkan untuk remaja sampai dewasa misalkan Wallstreet maupun English First. Kalau waktu yang menjadi penghambat, kalian bisa mencoba pembelajaran manual sendiri di beberapa website yang telah tersedia.

Beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan inggris tanpa mengikuti les yaitu:

  1. Menonton serial atau film western ( barat ) tanpa subtitle / terjemahan

Dengan cara ini kalian akan mencari tahu kosakata yang tidak diketahui dan berusaha untuk mengingat dan menyerapnya ke dalam ingatan kalian

  1. Mendengarkan banyak musik yang berbahasa Inggris

Setelah berulang-ulang mendengarkan lagu, secara tidak langsung kalian akan menghapal dan mulai menginggat kata-kata yang menurutmu sulit untuk dihapal. Segala sesuatu yang dilakukan terus-menerus dan berulang akan jauh lebih melekat diingatan.

  1. Membaca berbagai jenis buku impor

Buku impor cenderung memiliki kata-kata yang cukup sulit untuk diartikan bagi orang yang tidak menguasai bahasa Inggris sepenuhnya, Hal ini dikarenakan bahasa yang digunakan cukup berat karena melewati saringan editornya. Dengan cara ini kita bisa mengasah daya penalaran kita dalam bahasa Inggris, berusaha untuk mengartikan per bagian bukan per kata.

  1. Jangan pernah takut untuk berbicara dengan bahasa Inggris

Kalian tidak akan bisa menilai kemampuan bahasa Inggris yang kalian miliki jika tidak pernah dipraktekkan.

Bahasa asing semakin diperlukan pada saat telah terbukanya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Semua orang bersaing satu sama lain untuk memperebutkan peluang yang diinginkan. Siapa yang kuat maka dia yang akan bertahan di dunia perbisnisan di era modern sekarang. Tentulah bisnis membutuhkan berbagai bahasa untuk dikuasai agar kita bisa terus berintraksi dan berhubungan baik dengan customer yang berada di luar negeri.    Jadi tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu baru. Lakukan sekarang atau tidak selamanya.

IRENE


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close