People Innovation Excellence

KENALI PELUANG USAHA, DARI NOL MERANGKAK HINGGA SUKSES

Kita semua tentu memiliki impian untuk menjadi pengusaha yang sukses dan juga dapat memilki usaha sendiri bukan? Oleh karena itu, artikel ini adalah jawaban untuk anda para pemula bisnis yang akan memulai sebuah usaha. Pertama kita harus mengenali apa itu bisnis, bisnis adalah usaha menjual barang atau jasa yang dilakukan oleh perorangan, sekelompok orang atau sebuah organisasi kepada konsumen atau masyarakat dengan tujuan utamanya adalah memperoleh keuntungan atau laba (profit). Pada dasarnya, kita melakukan bisnis adalah untuk memperoleh laba atau keuntungan (profit).

Untuk lebih mengenal bisnis lebih jauh ada baiknya dipahami terlebih dahulu beberapa macam jenis yang pada umumnya. Macam-macam bisnis ini dapat dikelompokkan  berdasarkan  aktivitasnya, yaitu :

 

  • Manufakturadalah suatu proses pengolahan barang non jasa yang bersifat fisik, kata manufaktur sendiri berasal dari bahasa latin yaitu “manus faktus” yang artinya dibuat atau diolah dengan menggunakan tangan. Contoh bisnis manufaktur adalah pabrik pembuatan batu bata dan tempe.
  • Jasa adalah setiap tindakan atau kinerja yang ditawarkan oleh satu pihak ke pihak yang lain yang secara prinsip tidak berwujud dan tidak menyebabkan perpindahan kepemilikan, produksi jasa dapat terikat atau tidak terikat pada suatu produk fisik. Contoh bisnis jasa adalah konsultan dan psikolog.
  • Pengecer dan distributoradalah pihak yang berperan sebagai perantara barang antara produsen dengan konsumen. Kebanyakan toko dan perusahaan yang berorientasi konsumen adalah distributor dan konsumen. Contoh toko waralaba.
  • Bisnis Pertanian dan Pertambangan adalah bisnis yang memproduksi barang-barang mentah, seperti tanaman dan barang tambang seperti minyak bumi dan batu bara.
  • Utilitas adalah bisnis yang mengoperasikan jasa untuk publik, seperti listrik dan air, dan biasanya didanai oleh pemerintah.
  • Bisnis Transportasiadalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dengan cara mengantarkan barang individu dari sebuah lokasi ke lokasi yang lain. Contonya Travel.

 

Memulai usaha baru memang bukanlah perkara yang mudah, berbagai tantangan dimulai dari modal yang dikeluarkan dan persaingan pasar turut mewarnai perkembangan sebuah usaha. Dalam menjalankan bisnis, adanya persaingan pasar memang bukan hal yang baru. Baik usaha yang memang memiliki peluang pasar cukup bagus, atau pun peluang usaha yang pasarnya tidak terlalu bagus. Bagus tidaknya peluang usaha disini tentunya di ukur dengan tingginya permintaan pasar. Dan berikut ini adalah beberapa peluang usaha yang bisa di coba untuk para pemula yang ingin membuat usaha sendiri berdasarkan riset pasar.

 

  • Peluang bisnis dengan jual es krim

Pasti sudah banyak orang yang mengakui akan lezatnya es krim. Tidak hanya anak-anak dan kalangan remaja, namun juga orang dewasa. Makanan jenis ini memang banyak dicari karena ia memiliki ciri khas yang unik dan rasa yang enak di lidah terlebih lagi sekarang terdapat berbagai varian yang beragam. Es krim memang berbeda dengan jenis makanan yang lain. Maka hal ini dapat menjadi peluang yang sangat besar jika Anda membuka usaha ini. Jika Anda mempunyai keseriusan untuk membuka bisnis jual es krim, setidaknya Anda membutuhkan modal sekitar Rp. 15 juta sampai Rp. 20 juta rupiah. Memang jika dilihat dari sisi modal, jumlahnya bisa dikatakan besar, namun jenis bisnis satu ini termasuk bisnis yang mudah balik modalnya.

 

  • Jasa Cuci Mobil dan Motor

Jasa cuci mobil dan juga motor termasuk jasa yang tidak membutuhkan banyak modal. Anda hanya membutuhkan uang untuk operasional bulanan misalnya untuk pembayaran listrik, air dan juga karyawan. Bisnis ini juga memiliki keuntungan yang cukup menjanjikan. Di antaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Keuntungan untuk cuci motor adalah antara Rp. 5000 sampai dengan Rp. 7000 untuk setiap motor.
  • Adapun keuntungan untuk cuci mobil adalah Rp. 10.000 sampai dengan Rp. 000 untuk setiap mobil.

Jika kebetulan Anda mempunyai tempat yang cukup strategis, maka Anda bisa mendapatkan setidaknya 40 motor dan juga 10 mobil untuk setiap harinya. Artinya Anda akan mendapatkan keuntungan sekitar Rp. 420.000 per hari atau bisa dibilang Rp. 12.600.000 untuk setiap bulannya. Katakanlah anda akan membayar 4 orang pekerja dengan gaji masing-masing sebesar Rp. 1.200.000 untuk setiap bulannya. Kemudian biaya operasional seperti air dan juga listrik sebanyak enam juga. Maka Anda pun masih memiliki untung sebanyak Rp. 6.000.000.

 

  • Peluang usaha menjahit

Dalam beberapa tahun ke depan akan menjadi masa kejayaan untuk para penjahit. Pada saat ini banyak sekali transaksi online yang dilakukan pada bidang fashion. Sebagai satu contoh seseorang pengusaha dapat membuat 15.000 pcs jilbab dalam setiap bulannya. Dengan dibantu oleh salah satu home industry yang bergerak di bidang jahit-menjahit atau konveksi. Jika kita hitung, seorang pengusaha  jahit tersebut mengambil laba atau untung sebesar Rp. 3000 untuk setiap itemnya, maka hanya dengan Rp. 15.000 saja ia dapat mendapatkan keuntungan Rp. 45.000.

 

  • Peluang usaha kolam pemancingan ikan

Peluang usaha yang menjanjikan selanjutnya adalah usaha kolam pemancingan ikan. Usaha ini sangat cocok untuk Anda yang kebetulan memiliki lahan luas dan tidak terpakai alias tidak terurus. Maka hal tersebut sangat cocok jika Anda dapat memanfaatkan lahan tersebut untuk dapat membuka usaha kolam pemancingan yang notabene memiliki prospek cukup baik dan selalu diminati. Untuk memulai usaha ini Anda hanya cukup untuk memiliki modal awal sekitar Rp. 11.800.000 dengan rincian berikut ini:

  • Pembuatan kolam membutuhkan pipa, mesin pompa dan lain sebagainya dengan dana sejumlah Rp. 3.000.000
  • Bibit ikan dengan dana sejumlah Rp. 2.000.000
  • Peralatan yang terdiri dari alat masak, jaring, kail, gelas, piring dan lain sebagainya dengan dana sejumlah Rp. 2.000.000

Berdasakan hasil rincian di atas, hasil total pengeluarannya adalah Rp. 7.000.000,- Selain itu diperlukan biaya operasional untuk setiap bulannya adalah:

  • Untuk pegawai Rp. 2.800.000
  • Untuk bahan masakan Rp. 1.000.000
  • Untuk bibit ikan Rp. 1.000.000

Total keseluruhan biaya yang diperlukan untuk operasional adalah Rp. 4.800.000.

 

  • Peluang usaha makanan khas daerah

Selain ada peluang yang cukup besar dan menjanjikan untuk membuka usaha es krim, Anda juga bisa membuka usaha makanan khas daerah. Pada era milenial seperti saat ini, orang akan cenderung mencari sesuatu yang sedang dibutuhkan melalui media internet. Termasuk saat orang-orang mencari jenis makanan khas daerah karena, pada saat ini sulit untuk menemukan makanan khas daerah.

Para konsumen cenderung melakukan pembelian atas barang atau makanan khas tersebut tidak hanya porsi satuan, namun membeli dengan jumlah yang banyak. Dalam waktu sehari, para konsumen dapat membeli 5 pcs untuk setiap masing-masing orangnya. Maka sudah dipastikan bahwa dalam satu hari ada 25 pcs yang berhasil dibeli oleh pelanggan. Jika dalam satu item Anda menjual seharga Rp. 5000 saja, maka dalam sehari Anda bisa memperoleh keuntungan sebesar Rp. 125.000 atau mendapatkan penghasilan Rp. 3.750.000 untuk setiap bulannya.

Bagaimana apakah anda tertarik dengan salah satu peluang usaha tersebut? Tentu dibutuhkan kerja keras dan tekat yang kuat untuk membuat sebuah usaha baru terlebih lagi untuk pemula agar usaha yang kita jalankan dapat berjalan dan juga terus berkembang. (MARTHA)

References :

https://moondoggiesmusic.com/peluang-usaha/


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close