Broadcasting / penyiaran adalah sebuah prroses pengiriman sinyal ke berbagai lokasi secara bersamaan baik melalui satelit, radio, televisi dan media lainnya. Broadcasting merupakan salah satu bagian dari ilmu komunikasi. Broadcasting sendiri lebih memfokuskan ke bidang penyiaran. Dan orang yang melakukan penyiaran disebut broadcaster / penyiar. Jika kita mengambil kuliah broadcasting kita tidak hanya belajar tentang penyiaran saja, tapi juga belajar tentang ilmu kemasyarakatan, agar kita bisa mengerti bagaimana bisa terjung langsung di tengah-tengah masyarakat.

Dalam mengkomunikasikan suatu karya dan informasi penyiaran / broadcasting memiliki pengaruuh yang sangat besar untuk disebarkan kepada masyarakat luas. Konten yang dibuat harus memiliki daya tarik yang tinggi agar tidak membosankan untuk dilihat dan didengarkan, tapi tidak mengubah fakta yang ada.

Dibandingkan dengan media cetak, media penyiaran / broadcasting memiliki kemampuan yang lebih cepat dalam menyampaikan sesuatu dan bahkan bisa langsung menyiarkan atau menyampaikan sebuah peristiwa secara langsung. Tapi di sisi lain menyampaikan pesan cara umum, cepat dan selintas untuk menjangkau khalayak luas dalam suatu rentang waktu dapat menimbulkan konflik dengan cepat juga karena tidak diproses panjang dulu. Jadi, broadcasting atau penyiaran adalah suatu proses komunikasi atau penyebaran informasi melalui media yang dapat dilakukan dengan cepat. Akan tetapi kita perlu memperhatikan banyak hal secara detail agar tidak menimbulkan konflik (GNH)

Bibliography

Kuliah Broadcasting itu Keren Lho…

.http://windabroadcast.weebly.com/apa-itu-broadcasting.html