Sudah  jadi  bagian  dari  tugas  seorang  mahasiswa  untuk  menjalani  yang  namanya magang. Bagi  mahasiswa  tingkat  akhir,  pasti  kalian  sangat  akrab  dengan  kata  magang.  Ya,magang memang merupakan salah satu syarat wajib untuk mendapatkan gelar sarjana. Tuntutan dunia kerja yang semakin tinggi mengakibatkan proses magang menjadi sangat penting untuk kedepannya.

Mengingat pentingnya magang, segala hal tentang magang telah diatur dalam Undang-Undang No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan  khususnya pasal  21 – 30.  Dan lebih spesifiknya diatur dalam  Peraturan  Menteri  Tenaga  Kerja  dan  Transmigrasi  no.  Per.22/Men/IX/2009  tentang Penyelenggaraan Pemagangan di Dalam Negeri. Dalam Peraturan Menteri tersebut. Pemagangan diartikan sebagai bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan  di  lembaga  pelatihan  dengan  bekerja  secara  langsung  di  bawah  bimbingan  dan pengawasan instruktur atau pekerja  yang lebih berpengalaman dalam proses produksi  barang atau jasa di perusahaan, dalam rangka menguasai keterampilan atau keahlian tertentu.

20150313_111646_1

Tapi  kini  mahasiswa tak  perlu  menunggu  hingga  semester  akhir  untuk bisa  magang.Sudah banyak kampus yang membuat program magang lebih cepat dari seharusnya. Salah satu contoh nya adalah  Binus University  yang membuat  program magang lebih  awal  untuk para mahasiswa semester  6.  Program  ini  menarik  banyak  perhatian  mahasiswa  Binus  University semester 5, bagaimana tidak tawaran untuk dapat magang di semester 6 ini terlihat menggiurkan.Karena pelajaran  dan  tugas  –  tugas  mahasiswa  semester  “tua”  dianggap  semakin  sulit  dan banyak dari para mahasiswa yang merasa lelah dan jenuh sehingga tawaran magang di semester depan  ini seperti  angin  segar  untuk  istirahat  sejenak  dari  rutinitas  mahasiswa  dan  berganti aktivitas ditempat  kerja.  Selain  dapat  menghilangkan  rasa  jenuh  mahasiswa,  magang  pada semester 6 dapat meringankan tugas mahasiswa pada saat semester akhir nanti.

Seperti  yang sudah diketahui kewajiban lain yang harus dipenuhi mahasiswa sebelum lulus adalah skripsi atau pun tugas akhir. Biasanya mahasiswa akan keteteran untuk mengerjakan tugas laporan magang dan skripsi  sekaligus,  maka dari  itu  program magang lebih cepat  ini  sangat menguntungkan bukan? Dalam kegiatan magang, mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengaplikasikan semua ilmu yang telah dipelajari di bangku kuliah selama 5 semester kemarin dan mempelajari detail tentang seluk beluk standar kerja yang profesional. Nah pengalaman ini kemudian dapat menjadi bekaldalam menjalani jenjang karir yang sesungguhnya saat telah mendapat gelar sarjana nanti. Prosesmagang  juga  juga  dapat  menambah  wawasan  para  mahasiswa  mengenai dunia  industri  dan meningkatkan keterampilan serta keahlian praktek kerja.

Seperti yang bisa dilihat digambar kami selaku mahasiswa Broadcasting yang sedang magang dapat mempraktikan  langsung apa  saja  yang  sudah  dipelajari  di kelas.  Kami  juga  dapatmendapatkan apa yang sebelumnya tidak didapatkan saat sedang kuliah yaitu mengoperasikanalat – alat untuk kebutuhan produksi yang nanti nya akan disiarkan di televisi local mau punnasional. Para mahasiswa bisa merasakan bagaimana bekerja selayaknya seorang professional. (Desya Damashinta)