People Innovation Excellence

Peran Content Writer di Dunia Digital Agency

Dunia pemasaran saat ini sudah mengikuti perkembangan teknologi yaitu dengan menggunakan dunia digital dalam memasarkan suatu produk. Digital marketing tentunya membutuhkan peran dari praktisi marketing communication untuk menciptakan persona digital yang akan di tampilkan melalui media digital seperti media sosial. Salah satu praktisi marketing communication yang dapat mewujudkan keinginan daripada klien yang akan bersaing di dunia digital yaitu perusahaan digital agency, perusahaan yang berintegrasi untuk mengerti akan keinginan daripada klien dalam mewujudkan setiap strategi pemasaran yang bertujuan untuk mengembangkan suatu brand.

Mengingat perkembangan dunia bisnis digital yang sangat pesat metode promosi yang dilakukan oleh digital agency sangat beragam. Salah satunya yaitu menggunakan media sosial, mengingat penggunaan media sosial yang berkembang sangat pesat. Kini hampir setiap brand beralih menggunakan media sosial dalam melakukan media promosi, media sosial yang biasa digunakan yaitu Instagram, Twitter, Facebook, dan YouTube. Media sosial dari setiap brand dikemas menjadi sebuah platform yang nantinya akan disukai oleh customer profile yang ada. Dimulai dari design, fitur yang digunakan, serta konten yang relevan dengan persona brand itu sendiri.

Selama melakukan program magang di perusahaan digital agency, menurut saya perusahaan ini bukanlah perusahaan yang bisa berdiri sendiri dalam mewujudkan keinginan daripada kliennya. Divisi yang ada di perusahaan digital agency pasti memiliki peran yang berkesinambungan satu dengan lainnya karena perusahaan digital agency memanfaatkan media digital seperti Website Development dan juga Social Media Ads yang pastinya membutuhkan dukungan dari setiap divisi dari segi konsep, konten, design dan lain-lain.

Lalu apakah peran seorang content writer sangat berpengaruh dalam pengembangan suatu brand di dunia digital?

Selama proses magang berlangsung, menurut saya content writer sangat berpengaruh karena konten yang dibuat merupakan kunci bagaimana proses digital marketing dapat berhasil dalam penyampaian pesan kepada para customer profile. Karena konten-konten yang dibuat harus relevan dengan strategi-strategi yang telah ditentukan atau disepakati sebelumnya.

Bagaimana membuat konten yang relevan? Konten-konten dibuat harus disesuaikan dengan strategi yang sudah dibuat sebelumnya. Sumber inspirasi bisa didapatkan dari banyak referensi di buku ataupun internet. Menurut pengalaman yang pernah saya jalani selama proses magang berlangsung, inspirasi bisa didapatkan dari mana saja, selain dari buku ataupun internet. Sumber inspirasi bisa didapatkan dari honest review mengenai produk yang sedang dikembangkan brandingnya di dunia digital. Contohnya, MicroAd Indonesia melibatkan content writer intern dalam sebuah campaign yang bernama MUJEGILU atau muka jelek gigi ngilu akibat gigi sensitif. Tugasnya adalah membuatkonten teaser campaign yang membahas tentang munculnya ekspresi MUJEGILU karena mengkonsumsi makanan yang jadi sebab gigi ngilu akibat gigi sensitif. Konten mengenai gigi sensitif mudah didapatkan dari internet ataupun pengalaman orang lain yang mengalami gigi sensitif.

contoh konten yang ditulis oleh mahasiswa komunikasi

Selain konten tentang kesehatan gigi dan mulut, saya juga pernah membuat konten mengenai gaya rambut dari brand GATSBY Total Mens Grooming. Konten yang dibuat baik berupa referensi gambar, GIF, storyboard video, beserta keterangannya yang berhubungan dengan Men’s Grooming, contohnya adalah konten tentang model potongan rambut, perawatan wajah serta solusi masalah bau badan. Kegiatan dalam setiap bulan yaitu membantu mentor untuk menyelesaikansepuluh konten  Instagram post, dua belas konten Instagram stories dan sebelas konten Facebook post. Selain membuat konten, seorang content writer juga harus mengikuti proses pemotretan untuk pengambilan gambar maupun video.

Kesimpulannya, dalam menulis konten sumber inspirasi mudah didapatkan dari mana saja, selama masih berkesinambungan dengan strategi yang sudah disepakati sebelumnya dan jangan lupa untuk tetap memberikan informasi yang benar melainkan sesuai dengan fakta yang ada bukan dari informasi yang tidak dapat dipercaya karena saat ini penyebar informasi yang tidak benar atau hoax dapat dinarapidanakan.

Mohamad Rizqi Zarkasih
2001608950

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close