“A portrait is not made in the camera but on either side of it.” — Edward Steichen

Setiap fotografer profesional tentunya memiliki teknik tersendiri untuk dapat menghasilkan gambar yang bagus. Namun apakah hanya seorang profesional yang dapat memberikan  hasil yang bagus dalam setiap foto? Dengan berbekal latihan dan banyak mencoba tentunya seorang pemula pun dapat melahirkan hasil foto yang bagus. Berikut ini merupakan beberapa tips untuk mengambil gambar agar menghasilkan gambar yang tidak kalah dengan seorang profesional.

  1. Konsep

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan konsep foto yang akan diambil. Karena untuk hasil terbaik dibutuhkan prencanaan yang matang. Mengumpulkan referensi dari hasil karyac photografer profesional dapat membantu dalam menentukan konsep.

  1. Tempat ,waktu, & suhu

Setelah menentukan konsep, tentukan tempat yang akan dijadikan latar belakang foto, apakah indoor atau outdoor, di satu tempat atau beberapa tempat yang berbeda, dimana juga menentukan waktu pengambilan, apabila malam adakah pencahayaan yang cukup atau membutuhkan bantuan penerangan lain. Selain itu suhu juga dapat mempengaruhi hasil foto, karena dingin dan panasnya suhu dapat memberikan hasil yang berbeda.

  1. Teknik pengambilan foto

Meskipun bukan profesional, namun paling tidak kita harus memahami teknik dasar fotografi seperti aperture, exposure, iso, shutter, dan lain-lain. Sebelum mengambil foto, biasakan mencari angel sudut yang kira-kira sesuai dengan keinginan tanpa adanya objek. Setelah menemukan angle yang sesuai, barulah mengambil foto dengan objek.

  1. Editing

Terakhir adalah Editing, dimana hanya sebagai pemanis dalam sebuah foto. Umumnya editing foto besar-besaran adalah untuk tujuan komersil (foto produk atau pre-wedding), namun untuk sebuah karya fotografi biasanya lebih kepada warna dan saturasinya.  Karena bagaimanapun juga, editing tidak dapat mengubah momen, angle ataupun cerita dalam foto tersebut.