People Innovation Excellence

Tips Mengambil Gambar untuk Fotografer Amatir

“A portrait is not made in the camera but on either side of it.” — Edward Steichen

Setiap fotografer profesional tentunya memiliki teknik tersendiri untuk dapat menghasilkan gambar yang bagus. Namun apakah hanya seorang profesional yang dapat memberikan  hasil yang bagus dalam setiap foto? Dengan berbekal latihan dan banyak mencoba tentunya seorang pemula pun dapat melahirkan hasil foto yang bagus. Berikut ini merupakan beberapa tips untuk mengambil gambar agar menghasilkan gambar yang tidak kalah dengan seorang profesional.

  1. Konsep

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan konsep foto yang akan diambil. Karena untuk hasil terbaik dibutuhkan prencanaan yang matang. Mengumpulkan referensi dari hasil karyac photografer profesional dapat membantu dalam menentukan konsep.

  1. Tempat ,waktu, & suhu

Setelah menentukan konsep, tentukan tempat yang akan dijadikan latar belakang foto, apakah indoor atau outdoor, di satu tempat atau beberapa tempat yang berbeda, dimana juga menentukan waktu pengambilan, apabila malam adakah pencahayaan yang cukup atau membutuhkan bantuan penerangan lain. Selain itu suhu juga dapat mempengaruhi hasil foto, karena dingin dan panasnya suhu dapat memberikan hasil yang berbeda.

  1. Teknik pengambilan foto

Meskipun bukan profesional, namun paling tidak kita harus memahami teknik dasar fotografi seperti aperture, exposure, iso, shutter, dan lain-lain. Sebelum mengambil foto, biasakan mencari angel sudut yang kira-kira sesuai dengan keinginan tanpa adanya objek. Setelah menemukan angle yang sesuai, barulah mengambil foto dengan objek.

  1. Editing

Terakhir adalah Editing, dimana hanya sebagai pemanis dalam sebuah foto. Umumnya editing foto besar-besaran adalah untuk tujuan komersil (foto produk atau pre-wedding), namun untuk sebuah karya fotografi biasanya lebih kepada warna dan saturasinya.  Karena bagaimanapun juga, editing tidak dapat mengubah momen, angle ataupun cerita dalam foto tersebut.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close