People Innovation Excellence

Brand dari Indonesia yang Mendunia

Beberapa brand  asli Indonesia sudah menembus pasar global. Bila kita melihat data dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia yang tercatat hingga akhir tahun 2009 terdapat 175 merek (brand) baru lokal yang mampu berbicara di pasar internasional dan diperkirakan sampai akhir tahun 2015 ini jumlahnya bisa mencapai 250-300 brand. Cukup banyak brand Indonesia yang bisa menembus pasar international atau dianggap sebagai brand luar negeri. Berikut adalah beberapa produk Indonesia yang sudah mendunia:

  1. Tv Buatan Kusrinyang sudah mendapatkan SNI dengan perjuangan melewati meja hijau dan masuk penjara serta TV-nya di hancurkan aparat. SNI yang didapat bukan karena masuk penjara atau pencitraan, tetapi produknya memang benar-benar lulus uji persyaratan SNI. Merk TV buatan anak bangsa tersebut adalah Veloz, Maxreem dan Zener.
  2. Polytrondengan berbagai macam produknya, di awal Polytron banyak memproduksi berbagai macam TV dan audio yang paling lengkap mulai dari TV tabung hingga TV LED,  sekarang sudah berkembang hampir semua jenis elektronik, seperti smartphone, tablet dan HP standar telepon dan SMS.
  3. MITOproduk ponsel yang  cukup merakyat karena banyak yang menggunakannya.
  4. Zyrexadalah laptop hasil karya anak bangsa yang perakitannya dilakukan di Indonesia dan komponennya asli buatan Indonesia, laptop ini telah dipasarkan kelas dunia. Menurut pengalaman konsumen yang menggunakan produk ini berpendapat bahwa laptop ini lumayan kuat dan bandel, kualitas bagus dengan harga yang ramah di kantong. Selain model laptop terdapat juga versi dekstopnya atau PC.
  5. United Bikesalah satu produsen sepeda hasil karya anak bangsa dengan desain elegan dan inovatif. Adapun beberapa produknya yaitu: Mountain Bike, Road Bike, BMX, Kids Bike, City Bike, Bike Equipment.
  6. Miyakomerupakan produk peralatan elektronik konsumen kebutuhan rumah tangga asli Indonesia diproduksi oleh PT Kencana Gemilang yg didirikan sejak tahun 1970, didukung oleh suku cadang bermutu dan suku cadang yang tersebar di Indonesia. Produk Miyako sudah memenuhi standar SNI sehingga aman untuk di gunakan. Produk yang saat ini di produksi, yaitu: blender, kipas angin, magic warmer, mixer, rice box, regulator gas, vacuum cleaner, cooker, coffee maker, hair dryer, juicer, magic warmer plus, mixer, oven, rice cooker, toaster, water dispenser, kompor gas, setrika, dll.
  7. Cosmos,sama seperti Miyako, Cosmos juga salah satu perusahaan di bidang elektronik asal Indonesia. Didirikan sejak tahun 1976, brand ini juga pernah mendapatkan penghargaan top brand pada 2012. Produk ini berkantor pusat di Cengkareng dengan nama PT Star Cosmos.  Produk Cosmos apa saja? mungkin hampir semua kebutuhan elektronik rumah tangga tersedia.
  8. Baterai ABC.Baterai ini sudah dari zaman dulu ketika radio masih banyak pendengarnya.
  9. Jeans LEA.Banyak mayarakat Indonesia yang beranggapan bahwa brand LEA berasal dari Amerika. Tetapi setelah ditelusuri ternyata LEA merupakan hasil karya anak bangsa yang sudah mendunia.
  10. Terry Palmer.Sekilas dari namanya pasti mengira produk luar, padahal penghasil produk handuk berkualitas ini adalah PT Indah Jaya yang diproduksi di Tangerang. Handuk yang diklaim paling higieneis dan sudah sangat terkenal di mancanegara.

Beberapa contoh produk di atas membuktikan bahwa Indonesia juga bisa menciptakan produk-produk yang bagus dan berkualitas. Hanya saja karena pengaruh budaya barat yang merajalela, masyarakat Indonesia lebih menyukai produk luar sehingga produk lokal menjadi kurang diminati. Indonesia pada usia 100 tahun diprediksi bisa menyebarkan produk lokal keseluruh dunia, seperti budaya barat yang sudah merajalela. Banyak generasi muda Indonesia yang tidak kalah kreatif, serta dengan dukungan kemajuan teknologi saat ini dapat menjadi salah satu cara untuk menyebarluaskan produk Indonesia ke luar negeri. (RIKNF)

Referensi

http://www.tempo.web.id/100-produk-asli-buatan-indonesia/

By: Raden Iftikhari Khansa Nur Fadhilah


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close