People Innovation Excellence

Praktisi Kita – Wira Respati “The Life Learner”

Berpengalaman 7 tahun sebagai praktisi jurnalis televisi pada program berita Liputan 6 SCTV, Wira Respati bertekad untuk terus mengembangkan kompetensi akademis sekaligus berbagi pengalaman dengan menjadi civitas akademika Universitas Bina Nusantara, mulai twira cnn awardahun 2011.

Sesuai rumpun ilmunya, Wira terlebih dahulu mengampu matakuliah dasar seperti Teori Komunikasi, komunikasi pemasaran terpadu, dan Perkembangan Teknologi Komunikasi. Disaat yang sama, ia mulai melakukan kajian intensif terhadap trend dan kreatifitas penyebaran informasi melalui new media.

Dimata mahasiswa, Wira dikenal sebagai dosen yang gemar menerapkan pola diskusi interaktif dikelas. Baginya, mahasiswa penting untuk mengembangka kemampuan berpikir kritis dan menganalisa kasus-kasus terkini yang relevan dengan teori yang dipelajari. Salah satu riset yang menjadi pengayaan penting bagi  mahasiswanya adalah strategi IMC Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam mengkampanyekan sikap anti-korupsi melalui gerakan berbasis komunitas dan pemanfaatan sosial media.

Memasuki semester genap tahun 2013, Wira yang menyelesaikan master dibidang Ilmu Komunikasi, Universitas Indonesia tahun 2009, mulai mengampu matakuliah broadcasting dan Digital Journalism. Ia kemudian dipercaya Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia untuk mendukung misi besar Humas KPU dalam meningkatkan partisipasi masyarakat  pada Pemilu 2014. Sebagai Tenaga Ahl i Humas, ia bertanggungjawab dalam penyusunan strategi kehumasan khususnya pada pengadaan Public Service Advertisement, media relation, Social Media, hingga penyelenggaraan dan penyiaran debat calon presiden.

Selain perhatian penuh kepada mahasiswa dikelas, Wira senantiasa mendedikasikan diri dalam pengembangan sumber daya pemuda Indonesia. Pengalamannya di Industri dan akademis membuat ia ditunjuk  pemerintah Jepang (Cabinet Office of Japan) sebagai Facilitator untuk group theme: “Information & Media” Program Pertukaran Pemuda Antar Negara Kapal Asia Tenggara dan Jepang ke-42 atau SSEAYP 2014, di Tokyo. Masih dalam program yang sama, wira dipercaya  Kementrian Pemuda dan Olahraga RI sebagai trainer untuk mengembangkan kompetensi delegasi Indonesia, pada topik diskusi informasi dan media.wira campers

Dari sekian banyak aktifitas yang digeluti, Wira berkeyakinan dunia pendidikan akan selalu menjadi yang utama baginya. Karena dengan mengajar ia selalu memiliki kesempatan luas untuk berkontribusi kepada masyarakat.

Matakuliah yang pernah diampu: Intergrated Marketing Communication, Pengantar Ilmu Komunikasi, Teori Ilmu Komunikasi, Pengembangan Teknologi Komunikasi, Public Speaking, Teknik Reportase & Newscaster, Dasar-dasar Produksi Televisi, Produksi Program Radio & Televisi, Keproduseran & Programma Acara Penulisan Naskah Radio & Televisi, Publisistik dan Pers, News Writing Practice, Ethnography Communication Introduction to Graphic, Digital Campaign, Printed & Convergence Media.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close