People Innovation Excellence

Pentingnya Komunitas Di Era Digital

 

Komunikasi efektif dihasilkan dari pemikiran tertruktur, yang dikombinasikan dengan wawasan dan pengetahuan mendalam yang berkaitan dengan kebutuhan, aspirasi dan perilaku komunitas yang menjadi sasaran.

Komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang serupa. Komunitas berasal dari communitas Latin yang berarti “kesamaan”.

Dalam perspektif umum kajian pemasaran, salah satu ciri yang dimiliki konsumen adalah berada di dalam sebuah komunitas.

Dimana, komunitas kemudian bisa menjadi media ampuh dalam aplikasi strategi pemasaran yang di buat oleh seorang pelaku pemasaran.

Lantas, bagaimana sebuah komunitas dapat dimanfaatkan dalam suatu strategi pemasaran?

Secara total seorang pelaku pemasaran yang fokus terhadap pelanggan yang menjadi sasarannya, akan jeli menilik apa yang menjadi kebutuhan pasar dan menjadikannya sebagai dasar dalam matriks komunikasi perencanaan yang efektif.

Strategi komunikasi yang ampuh senantiasa melibatkan pelanggan secara aktif tanpa adanya paksaan, membangun saluran-saluran informasi yang bermanfaat baik bagi perusahaan, konsumen, dan mampu memberikan keuntungan bagi pasar itu sendiri.

Relasi hasil interaksi dalam komunitas, menghubungkan tidak hanya dengan sesama pelanggan, secara linier juga mampu menghubungkan dengan non-pelanggan, yang membentuk loyalitas dan kemudian berperan sebagai input berharga dalam pengembangan kualitas produk dan pelayanan.

Penyebaran informasi dalam sebuah komunitas yang di dukung dengan era teknologi media massa digital, bersifat lebih efektif dalam peyebaran informasi, lebih cepat dengan cakupan yang luas (viral mass-media effect)

Kesuksesan perusahaan dalam membentuk komunitas yang terdiri atas konsumen pengguna produk yang loyal, adalah basis perusahaan untuk memulai sebuah kampanye dan proses komunikasi pemasaran lanjutan.

Media elektronik saat ini semakin maju. Ketika dahulu, komunitas untuk saling berbagi informasi menemui beberapa kendala seperti waktu, jarak, fasilitas dan lain- dunia internet memberi jawaban yang mumpuni, dengan banyaknya pilihan komunikasi media sosial.

Lewat media sosial, perusahaan bisa menciptakan keterikatan emosional dengan para pelanggannya leat komunitas dimana mereka berada.

Oriza Devi Salam (D5525)


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close