People Innovation Excellence

STRATEGI PENGELOLAAN MEREK MALESBANGET.COM

males-banget                                                                                                          Foto: malesbanget.com
STRATEGI PENGELOLAAN MEREK MALESBANGET.COM
(Dikutip dari Penelitian Soeliandra Agustia Triningsih dengan bimbingan Dosen: Dr. Ulani Yunus, MM)
 
Malesbanget.com (MBDC) terbentuk pada 1 April 2002 secara tidak sengaja oleh 6 orang yang percaya akan kekuatan yang dimiliki oleh internet, sebagai sarana untuk menampung dan berbagi kepada sesama manusia pandangan serta pikiran apapun tentang dunia ini.
Malesbanget.com adalah pelopor website humor dan hiburan Indonesia yang berfokus dalam memproduksi konten dan video aktif yang orisinil. Beberapa tahun setelah masa jaya MBDC 1.0, akhirnya non aktif pada tahun 2006, karena dunia internet belum siap menerima kehadiran portal humor ini. Sampai kemudian pada 1 April 2011 MBDC bangkit kembali dengan kemasan yang lebih baik dan tidak hanya dengan menyuguhkan konten artikel humor saja, malesbanget.com juga memproduksi konten video seperti tutorial, infografik, dan web series.
Penelitian tentang Malesbanget.com ini untuk mengetahui strategi pengelolaan merek dan untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan malesbanget.com dalam upaya mengelola merek sehingga mampu bertahan sebagai media online.
Dari hasil penelitian, kegiatan yang dilakukan Malesbanget.com dalam upaya pengelolaan mereka yaitu dengan (1) memperkuat merek yang memperkuat konten yang informatif, lucu dan menghibur. (2) Revitalisasi merek dengan melakukan eksperimen terhadap konten dengan mencoba mengadakan konten news. (3) Penyesuaian Portfolio merek dengan bekerjasama dengan media lain yang lebih besar dan cakupan audiens yang lebih luas.
Malesbanget.com berisikan hal-hal yang sebenarnya relevan untuk banyak orang tetapi merupakan hal-hal kecil yang biasanya menurut orang kebanyakan tidak penting untuk dibahas sehingga ketika orang membacanya akan berkata “males banget”. Tulisan Malesbanget.com itu sendiri tidak menggunakan font tetapi merupakan hasil tangan sehingga dapat dilihat ada garis-garis yang tidak rata. Hal ini mempresentasikan bahwa males.com dinamis dan tidak kaku.
Strategi merek lainnya dilakukan dengan melakukan interaksi dengan pembaca dan penontonnya dengan menggunakan promosi di media social seperti Twitter, Facebook, dan instagram. Malesbanget.com senantiasa memberikan respon kepada komentar-komentar di media social maupun website.
Malesbanget.com juga memiliki kegiatan yang menyertakan audiensinya secara offline yaitu “Kumcer” atau kumpul cerita seperti bermain olahraga bersama dan mengundang audiens ke kantor malesbanget.com dalam acara “MBDC House Party.
Strategi-strategi interaksi tersebut ditujukan untuk memperkuat brand personality dari malesbanget.com sebagai merek atau media online yang friendly.Setiap sarana online dan  offline  seperti visual dari website, media social, newsletter hingga sarana-sarana seperti roll banner, kartu nama, merchandise, digunakan oleh malesbanget.com untuk menggambarkan identitas dari malesbanget.com sebagai media online.
Kesimpulan penelitian ini bahwa malesbanget.com sudah dan masih melakukan strategi merek dalam upaya pengelolaan merek dari waktu ke waktu. Strategi yang dilakukan malesbanget.com terfokus pada konten sebagai sumber brand positoning. Malesbanget.com memiliki konten yang sangat unik jika dibandingkan dengan kebanyakan media online sekarang yang sebagian besar merupakan media online berita atau hard news. Dengan mengedepankan tiga nilai utama yaitu informatif, humor dan menghibur.
Dalam upaya penguatan merek, malesbanget.com melakukannya dengan menjaga konsistensi dari kualitas dan kuantitas konten, meningkatkan kesadaran merek melalui media digital dan event offline, melakukan inovasi pada konten serta menjaga hubungan baik dengan pembaca setia. Editor: Lidya Wati Evelina/FMSCC Marketing Public Relations

Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close