People Innovation Excellence

Mahasiswi Jurusan MarComm Peminatan PR Internship di Sub Bagian Analisis Berita dan Opini Publik, Kominfo

magang kominfo

Peserta Internship 3 + 1 Marcomm Binus dengan Kepala Sub Bagian Analisis dan Opini Publik Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (tengah)

Sejak 23 Februari 2015, 3 (tiga) mahasiswi Jurusan Marketing communication  mendapatkan kesempatan melakukan program internship 4 (empat) bulan di Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Ketiga mahasiswi tersebut: Karina Mentari, Tasha Setiawaty dan Wanda Laela Aziz yang ditempatkan pada divisi Pusat Informasi dan Humas atau disingkat PIH di bawah bimbingan Teguh Wahyono,  Kepala Subbag Analisis dan Opini Publik.

Dalam program internship ini mereka mendapat pembelajaran bahwa humas pemerintah harus menjaga dan mempertahankan citra positif terhadap masyarakat dengan mempublikasikan program – program, prosedur, kebijakan yang positif  atau peraturan yang dijalankan Kemenkominfo.  Selain itu, melakukan media monitoring yang dilakukan setiap hari sangatlah penting. Media monitoring ini untuk memantau  berita-berita dan isu yang beredar di masyarakat di media massa cetak maupun elektronik.  Humas berhak mengklarifikasi kebenaran berita tersebut agar citra Kemenkominfo selalu positif di mata publik. Berita yang diperoleh didistribusikan   kepada seluruh pejabat dan staff di Kemenkominfo. Tujuan dari distribusi berita ini agar semua staff mengetahui isu yang beredar dan memiliki satu konsep di masyarakat mengenai Kominfo.

            Mereka bertiga sangat bangga berkesempatan terlibat dalam 2 (dua) peyelenggaraan konferensi pers yang diselenggarakan Pusat Informasi dan Humas (PIH). Konferensi pers pertama adalah konferensi pers mengenai peluncuran program Direktorat Jenderal Aplikasi dan Informatika. Dalam konferensi pers tersebut dihadiri Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, anggota DPR RI Budiman Sudjatmiko, Dirjen Aptika Bambang Heru Tjahjono dan Direktur Pemberdayaan Informatika, Septriana Tangkary.

       Kepala Sub Bidang Analisa Berita dan Opini Publik selalu berkomunikasi secara langsung dengan pegawainya dengan menggunakan email, dan kadang-kadang dengan social media whatapps.  Untuk menciptakan hubungan baik Sub Bidang bagian Analisa Berita dan Opini Publik dari bagian Pusat Informasi dan Humas (PIH) selalu menerapkan: (1) Perlakuan yang adil, (2) Tidak pernah bersikap marah atas pekerjaan yang salah, (3) Ketenangan kerja, (4) Penghargaan atas hasil kerja, (5) Perasaan diakui dan (6) Memecahkan masalah secara bersama-sama.

Di bulan Maret, peserta internship dilibatkan mengurus dokumentasi Program Pemberdayaan Masyarakat di bidang TIK yang diselenggarakan dengan tujuan mendekatkan keteladanan, kekreatifitasan, dan keinovatifan yang diwujudkan secara nyata oleh Kominfo untuk masyarakat Indonesia. Program ini dilaksanakan melalui tiga kegiatan yaitu Kartini Next Generation Award (KNG Award), Duta Internet Cerdas, Kreatif, dan Produktif (CAKAP), dan Indonesia ICT Award (INAICTA) dan program akan diselenggarakan dengan pendekatan kemitraan melalui dua program yaitu Festival TIK untuk Rakyat (FestTIK) dan Festival Desa TIK (DesTIKa). Acara ini diselenggarakan di ruang serbaguna di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika. Hadir pada acara tersebut, menteri  Rudiantara. Tasha salah satu mahasiswi internship mendapat tugas membuat  notulen  acara Program Pemberdayaan Masyarakat.

Bulan April, peserta internship kembali mendapat tugas mendokumentasi pada kegiatan untuk memperingati 60 tahun Konferensi Asia Afrika 2015,  24 Maret 2015 di Gedung Sapta Pesona Jakarta. Kegiatan akbar ini menghasilkan banyak kliping berita mengenai KAA 2015. Rangkaian aktivitas dari KAA ini dimulai 19 April – 24 April 2015 diikuti 562 media yang mendaftar meliput online di situs aacc2015.id. media dibatasi hingga 1000 awak. Kegiatan utama di KAA adalah Senior Official Meeting (SOM), Ministerial Meeting, dan Leaders Meeting setelah itu akan ditutup dengan Bandung Heritage Walk atau napak tilas. Selain Core Events, yaitu SOM, Ministerial Meeting, Leaders Meeting, dan Bandung Heritage Walk, juga ada side events antara lain Asia Afrika Carnival, Promosi Pariwisata, dan News Asia Afrika Youth Conference 2015.

            Untuk menyukseskan peringatan KAA, Kemkominfo melakukan sosialisasi di sejumlah universitas dan media sosial dibantu divisi Pusat Informasi dan Humas (PIH) dari berbagai Sub Bidang.  Di dalam Deklarasi Kemitraan Strategis Asia Afrika membahas isu-isu terorisme, organisasi kriminal transnasional, ketahanan nasional, ketahanan energi, pariwisata, gender, dan pemberdayaan perempuan. Tim divisi PIH yang dipimpin  Kepala PIH  juga  menjabat Humas dan media massa di panitia KAA memberikan wadah bagi awak media dalam meliput kegiatan Konferensi Asia Afrika yang terdiri dari 60 persen dari dalam negeri dan 40 persen dari luar negeri, yang paling besar yaitu Jepang (200 media) dan Cina (100 media). Kominfo yang dibantu  PIH dengan membangun satu media center di Hall A, Jakarta Convention Center (JCC).

Dari berbagai program yang dilaksanakan Kominfo bertujuan untuk kepentingan masyarakat Indonesia yang mengarah dan berfokus pada pembangunan pemerintah Indonesia. Namun, dari program KAA ini, pemerintah ingin menyukseskan hubungan independen dengan berbagai negara demi kepentingan segala aspek di Indonesia. Khususnya di bidang komunikasi yang menjadi tugas dan tanggung jawab Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Kegiatan lainnya, mereka juga menjadi notulis  di acara peresmian “Press Room” 13 April 2015 di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika. Fasilitas press room dilengkapi ruang Press Conference, delapan unit komputer, 6 Unit TV LCD dan jaringan internet dengan daya akses 20 MB. Kepala Pusat Informasi dan Humas (PIH), Ismail Cawidu meresmikan ruangan “Press Room” ini. Press room digunakan pada Senin hingga Jumat,  mulai Pkl. 09.00 hingga 16.00 WIB.

Konferensi pers yang terakhir terkait dengan pengumuman 6 (Enam) Calon Anggota KRT-BRTI Periode 2015–2108,  diketuai Basuki Yusuf Iskandar.  Mereka bertugas menyimak jalannya konferensi pers tersebut dengan mencatat statement yang dikeluarkan para pembicara serta mebuat dokumentasi. (Lidya Wati Evelina/FM SCC Marketing Public Relations/Pembimbing program Internship 3 +1)


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close