People Innovation Excellence

Perkembangan New Media Pengaruhi Cara Kerja Wartawan Indonesia

photo (2)Dr. Ninok Leskono (kiri) pada lokakarya Jambore Nasional Komunikasi 2015 (photo: Lidia Evelina)

27/05. Jambore Nasional Komunikasi 2015 menghadirkan rektor Universitas Multimedia Nusantara (UMN) yang juga anggota Dewan Pers Dr. Ninok Leksono. Dalam makalahnya Ninok menjabarkan perkembangan new media yang kemudian mempengaruhi jurnalisme dunia maupun di Indonesia. Perkembangan new media melahirkan jurnalisme baru yang bergerak dari jurnalisme online ke jurnalisme konvergen.

Mudahnya mengakses internet dan sosial media membuat jurnalisme yang dilakukan warga menjadi berkembang. Meski begitu, menurut Ninok citizen journalism atau peer-to-peer journalism belum mempengaruhi kerja wartawan setidaknya di Koran Kompas. Wartawan memang “ngintip” apa yang terjadi di media sosial tapi ketika ingin informasi tersebut menjadi berita harus melakukan verifikasi.

Menurut ninok, yang 32 tahun menjalani profesi sebagai wartawan, kerja di bidang ini pun berubah seiring perkembangan new media. Dewan pers bahkan sudah memfasilitasi pembelajaran bagi warga pewarta untuk melakukan kerja jurnalistik dengan benar melalui pedoman pemberitaan siber.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close