COMIC 2020

Kompetisi tahunan Communication in Action (COMIC) kembali diselenggarakan di tahun 2020

Comic 2020

Youth Against Mis- and Disinformation

 

COMIC merupakan salah satu event kompetisi tahunan yang diadakan oleh Communication Department BINUS University. Kompetisi berskala nasional ini terbuka bagi mahasiswa, siswa/i SMU sederajat dan komunitas/umum. COMIC diharapkan dapat menjadi wadah bagi kaum muda untuk berkreasi. Selain sebagai wadah kreasi, COMIC juga berfungsi sebagai media untuk lebih memperkenalkan Communication Department BINUS University pada masyarakat.

Seiring dengan perkembangan internet semakin pesat, mengakibatkan banyak penyebaran informasi yang salah. Penyebaran informasi atau berita yang salah disebut juga dengan berita hoax. Berita hoax adalah sebuah potongan informasi yang terlihat seperti faktual namun aslinya keliru atau merupakan informasi palsu. Penyebaran informasi palsu belakangan yang beredar di media social mulai menuai berbagai respon dari banyak pihak.

Secara general, penyebaran informasi atau berita hoax dikategorikan menjadi: Misinformasi dan Disinformasi. Pengertian Misinformasi adalah tindakan memberikan informasi yang salah kepada orang lain, sementara Disinformasi adalah penyebaran informasi yang sengaja dibuat salah.

Maraknya penyebaran informasi yang bersifat mis dan disinformasi memberikan dampak yang menghawatirkan bagi masyarakat, terutama pada generasi muda. Informasi dari berita Hoax yang sangat provokatif dapat mengiring pembaca kepada opini yang negatif. Opini negative dari informasi yang bersifat Mis dan DisInformasi akan dapat menyebabkan fitnah, penyebar kebencian dan membuat masyarakat menjadi takut, terancam dan dapat merugikan pihak yang diberitakan sehingga dapat merusak reputasi dan  menimbulkan kerugian materi. Berdasarkan data dari Kementrian Komunikasi dan Informatika, terdapat 800 ribu situs di Indonesia yang terindikasi penyebaran berita palsu dan konten-konten negative yang menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat (kominfo.go.id, 2017).

Untuk itu sangat penting adanya suatu wadah yang dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat khususnya para generasi muda mengenai Mis dan Disinformasi agar masyarkat dan khususnya generasi muda menyaring informasi yang didapat. Berdasarkan hal tersebut, Communication Department, Binus University merasa perlu untuk berpartisipasi dalam meningkatkan pengetahuan dan kesadaran mengenai penyebaran informasi yang salah dikalangan anak muda. Melalui kompetisi tahunan COMIC 2020, diharapkan dapat berkontribusi dengan konten-konten positif untuk memerangi Misinformasi dan Disinformasi dikalangan generasi muda. Adapun tema yang dianggkat pada COMIC 2020 adalah Youth Against Mis- and Disinformation.

Mata Lomba Comic 2020

  • Campaign Creative, Registrasi: Rp. 100.000/karya
  • E-Poster, Registrasi: Rp. 100.000/karya
  • Public Speaking, Registrasi: Rp. 100.000/karya

Timeline Comic 2020

 

Ketentuan Umum COMIC 2020

  1. Peserta adalah mahasiswa aktif dan siswa/i SMA sederajat seluruh Indonesia, yang dibuktikan dengan mengirimkan kartu identitas mahasiswa/siswa.
  2. Peserta lomba untuk Creative Campaign dan E-Poster terdiri dari 3-7 orang. Anggota dapat berasal dari Universitas atau SMU Sederajat yang sama maupun dari Universitas / SMU yang berbeda. Sedangkan untuk peserta lomba Public Speaking adalah individu yang mewakili dari Universitas atau SMU Sederajat.
  3. Karya yang dilombakan merupakan karya asli (orisinil) peserta dan belum pernah diikut sertakan atau dipublikasikan untuk keperluan yang bersifat komersil.
  4. Untuk membuktikan hasil karya dan kreativitas yang ORISINIL, peserta diwajibkan mengirimkan dengan surat pernyataan orisinalitas yang ditanda tangani diatas materai Rp.6000,-. Surat pernyataan orisinalitas di kirimkan bersamaan dengan pengiriman karya lomba
  5. Panitia berhak menggunakan karya untuk keperluan publikasi
  6. Hasil keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

Mekanisme Pendaftaran COMIC 2020

  1. Setiap peserta wajib mengisi formulir pendaftaran dan melakukan pembayaran pada 10 September 2020 hingga 20 Oktober 2020 melalui laman: bit.ly/PendaftaranCOMIC2020
  2. Setelah melakukan pendaftaran, peserta melakukan pembayaran pada periode 10 September 2020 hingga 20 Oktober 2020 melalui rekening berikut: BCA 5271752998 a.n. Sari Ramadanty
  3. Peserta yang telah melakukan pembayaran lomba dapat melakukan konfirmasi pembayaran kepada panitia via Line ID: ComicBinus dan email ke comicbinus@gmail.com dengan format:

COMIC2020_Pendaftaran atas nama_Asal Universitas_Lomba yang diikuti_Transfer atas nama

Contoh: COMIC2020_Naura_BINUS_ VideoCampaign_Naura

  1. Peserta yang telah melakukan pembayaran akan mendapatkan email dari panitia mengenai Brief mata lomba yang diikuti.

 

Reading List

  • “Penyebar Hoax di Indonesia”, https://kominfo.go.id/content/detail/12008/ada-800000-situs-penyebar-hoax-di-indonesia/0/sorotan_media
  • “Misinformation, disinformation, and mal-information”; https://en.unesco.org/sites/default/files/f._jfnd_handbook_module_2.pdf
  • “Types of Mis and Disinformation”, https://groundviews.org/2018/05/12/infographic-10-types-of-mis-and-disinformation/
  • “Fake news. It’s complicated”, https://firstdraftnews.org/latest/fake-news-complicated/
  • “How we can protect truth in the age of misinformation”, https://www.youtube.com/watch?v=-7ORAKULel4

 

Liputan Acara COMIC 2019

MENTAL HEALTH

 

Pemenang COMIC 2019

E – Poster

  • Juara 1 : Scentific Medico Team 1 – Universitas Muhammadiyah Malang
  • Juara 2 : Ella Xenia Maharani – Binus University
  • Juara 3 : KOI – Universitas Prasetya Mulya

Video Campaign

  • Juara 1 : Joins Production – Binus University
  • Juara 2 : Nestapa – Universitas Brawijaya
  • Juara 3 : SKS PROD – Binus University

Campaign Proposal

  • Juara 1 : PRemiere – Universitas Gajah Mada
  • Juara 2 : Oranger – Universitas Diponegoro
  • Juara 3 : VIALACTEA – Binus University

 

Liputan Acara COMIC 2018

THINK THEN POST: STOP CYBERBULLYING


Pemenang COMIC 2018

E – Poster

  • Juara 1 : Faire – Universitas Kristen Petra
  • Juara 2 : Dinda, Fira, Syafira – Binus University
  • Juara 3 : Rinchel – Universitas Kristen Petra

Video Campaign

  • Juara 1 : Lens Production – Binus University
  • Juara 2 : Suwung Production – Universitas Muhamadaiyah Malang
  • Juara 3 : AONE – Binus University

Public Speaking

  • Juara 1 : Maharani Katansa
  • Juara 2 : Tri Nur Auliyaa
  • Juara 3 : Valencienes Michelle Haryono

PEMENANG COMIC 2017:

JUARA 1: E-KTP dari UMJ

JUARA 2: DRIE dari Binus University

JUARA 3: M-CREATIVE dari UMJ


Liputan Acara Final COMIC 2017:

Ditunggu partisipasi kalian ya!