Pentingnya Olah Kata dalam Bahasa Jurnalistik
Suasana pelatihan jurnalistik di SMA St. Leo
Dua dosen Jurusan Marketing Communication melakukan P2M di SMA ST.Leo, Duri Kosambi, Cengkareng. Lidya Wati Evelina, MM dan Dr. Virienia memberikan pembekalan kepada siswa kelas III SMA mengenai pentingnya memahami penggunaan bahasa dalam program Pengabdian pada Masyarakat (P2M).
Materi pelatihan yang diberikan pada pertemuan Rabu, 19 Agustus 2015 adalah Karakteristik Bahasa Jurnalistik. Penjelasan dibagi ke dalam 3 topik pembahasan. Pertama, pemahaman mengenai Fungsi bahasa yang paling mendasar. Bahasa dapat menjelmakan pemikiran yang menjadi landasan perbuatan dan hasilnya dinilai. Penilaian hasil memengaruhi kembali pemikiran dan menyebabkan pengaruh selanjutnya.
Pembahasan mengenai topic kedua, tentang karakteristik bahasa Jurnalistik yang dibedakan menurut medianya seperti surat kabar, Radio, televisi dan media online internet.
Pembahasan yang terakhir mengenai topic ketiga, mengenai diksi dalam bahasa Jurnalistik meliputi kata bersinonim , Kata bernilai rasa, Kata konkret, Kata abstrak, Kata umum, Kata khusus dan Kata lugas.
Siswa/I SMA tersebut mendengarkan serius mengenai kisah sukses Public Figure karena penggunaan bahasa mereka yang menarik. Disebutkan Andi Noya, Helmy Yahya, Mario teguh yang berhasil mengolah kata sehingga mereka menghasilkan banyak uang.
Laporan: Lidya Wati Evelina/FM SCCC Marketing Public Relations
Comments :