Seperti yang kita semua ketahui make up sangat berperan penting dalam kehidupan beberapa Wanita, karena pada dasarnya banyak yang menganggap Wanita tidak bisa lepas dari make up saat berpergian entah itu hanyalah liptint ataupun bedak. Karena fungsi make up itu sendiri untuk membantu memberikan kesan yang lebih fresh dan lebih berwarna. Namun alangkah baiknya sebelum kita menggunakan make up kita menggunakan perawatan kulit agar dapat melindungi kulit dari kandungan-kandungan  yang ada di dalam make up, karena seperti yang kita ketahui jenis kulit itu ada berbagai macam jadi alangkah baiknya apabila kita melindungi kulit kita terlebih dahulu sebelum menggunakan make up.

Jenis-jenis kulit pada manusia pastinya berbeda-beda ada baiknya jika kita mengenal kulit wajah kita terlebih dahulu sebelum kita ingin membeli produk make up. Jika tipe kulit anda kering ada baiknya anda menggunakan produk make up yang lebih banyak memiliki kandungan pelembab nya agar mendapatkan efek finishing seperti yang kita harapkan. Namun, jika tipe kulit anda berminyak  biasanya cendrung cepat membuat make up anda luntur karena adanya produksi minyak pada wajah anda yang berlebihan namun tidak usah khawatir anda bisa menggunakan make up yang memiliki kandungan mattifying karena kandungan tersebut dapat memberikan hasil make up yang akan lebih tahan lama.

Berikut adalah beberapa tahapan untuk make up bagi pemula, dengan memperlajari tahapan-tahapan ini anda akan dapat menempatkan penggunaan produk dengan lebih tepat.

  1. Primer

Primer sendiri memiliki fungsi yang sangat penting yaitu untuk menjadi base make up, primer juga berguna untuk membuat make up lebih menempel pada kulit dan tahan lama. Apa aitu base make up? Base make up adalah alas dari make up atau step pertama yang berfungsi untuk memberikan hasil matte atau glowing. Hasil matte atau glowing itu sendiri bisa anda pilih sesuai dengan tipe kulit wajah anda.

  1. Foundation

Foundation sendiri berfungsi sebagai alas bedak yang dapat meratakan warna kulit wajah kita, foundation sendiri dapat kita pilih sesuai warna tone kulit kita. Cara memilih foundation yang mudah adalah pilih foundation yang warnanya satu tone di atas kulit kita agar tidak membuat  warna tone wajah kita terlalu putih atau medok. Memilih warna tone yang tepat dapat membuat wajah anda terkesan lebih fresh dan tidak membuat make up anda cakey. Dan yang terepenting adalah jangan menggunakan foundation terlalu tebal agar make up tidak cracking.

  1. Concealer

Concealer berfungsi untuk menutupi dark circle pada wajah anda maka dari itu alangkah baiknya memilih warna concealer yang lebih putih dua tone diatas warna kulit wajah asli anda. Biasanya concealer digunakan di bawah mata untuk menutupi kantong mata ataupun di beberapa bekas jerawat yang masih merah.

  1. Bedak

Bedak berfungsi untuk mengunci foundation dan concealer agar tetap stay dan tidak bergeser.

  1. Bronzer

Bronzer sendiri memiliki fungsi untuk memberikan dimensi pada wajah sehinga warna coklat yang didapat dari bronzer dapat membuat wajah kita lebih tirus.

  1. Blush on atau yang bisa kita artikan sebagai pemerah pada pipi berguna untuk memberi kesan lebih fresh pada make up agar make up tidak terlihat pucet. Blush on sendir juga memiliki beragam warna ada pink,merah,peach,dll sehingga kita mempunyai beragam pilihan yang dapat kita sesuaikan dengan keinginan kita.
  2. Pensil Alis

Sebenarnya ada beberapa macam produk alis yaitu brow powder, brow mascara,dan brow gel. Namun lebih disarankan jika menggunakan pensin alis karena lebih mudah digunakan untuk pemula, fungsi dari pensil alis itu sendiri untuk mengisi bagian-bagian dari alis yang kosong atau bisa juga digunakan untuk membentuk alis serta menebalkan alis agar terlihat lebih rapih dan berbentuk.

  1. Mascara

Mascara berfungsi untuk melentikan bulu mata agar bulu mata terlihat lebih hitam dan Panjang. Karena menurut saya bulumata sendiri itu sangat penting dan bisa membuat make up anda lebih hidup.

  1. Lipstick

Lipstick adalah step terakhir dari make up lipstick sendiri adalah bagian paling penting pada make up untuk memberikan kesan agar tidak pucet.

Dan juga saya ingin merekomendasikan brand produk-produk make up yang murah tetapi memiliki kualitas yang bagus untuk pemula dan sudah ber BPOM, yaitu maybelline,wardah,make over,emina,luxcrime. Bran-brand tersebut dapat mudah untuk di temukan karena memiliki banyak store dan ada dimana mana contohnya ada di watsons,guardian,matahari,metro,dll. Namun anda bisa bebas memilih brand apapun yang secocoknya dengan kulit wajah anda. Itulah beberapa tahapan-tahapan mudah untuk pemula agar bisa belajar menggunakan make up.