BINUS X EMTEK : MEMBANGUN SEMANGAT MERAH PUTIH GENERASI MILLENIAL DI TENGAH ERUPSI DUNIA DIGITAL BERSAMA SUTANTO HARTONO DAN BEVERLY GUNAWAN PADA ACARA STADIUM GENERALE
(Rabu, 13/3) – Binus University kembali menggelar acara dan seminar dengan tema “Semangat Merah Putih” bersama EMTEK Grup pada tanggal 13 Maret 2024. BINUS menghadirkan Beverly Gunawan sebagai moderator, dengan narasumber Sutanto Hartono yang merupakan Manager Director EMTEK sekaligus CEO SCTV. Tujuan dari acara ini adalah membangun semangat bagi para mahasiswa/i BINUS untuk mendapatkan ilmu dan pemahaman di bidang komunikasi pada era persaingan bisnis digital yang semakin meningkat. Acara ini juga dapat menjadi bekal dan peningkatan skill yang mungkin dibutuhkan pada saat kita menghadapi dunia bisnis digital nanti.
Moderator dan Narasumber pada acara kali ini adalah Beverly Gunawan seorang presenter dan wartawan Liputan 6 SCTV yang telah memiliki banyak pengalaman di bidang jurnalis dan komunikasi. Lebih lanjut, sarjana lulusan Loyola Marymount University ini telah memiliki banyak prestasi dan pengalaman meliput yang penting seperti mewawancarai langsung Presiden RI Joko Widodo dan Presiden AS Barack Obama tahun 2015 lalu. Tak kalah penting, Narasumber yang mengisi acara kali ini, Sutanto Hartono merupakan Manager Director EMTEK Grup sekaligus CEO SCTV. Dibawah Beliau, berhasil memimpin platform Vidio menjadi Platform OTT (over-the-top media services) Nomor 1 di Indonesia.
Dalam acara ini, Sutanto Hartono selaku Manager Director EMTEK sekaligus CEO SCTV membagi kiat sukses dalam membangun Vidio menjadi platform nomor 1 di Indonesia. Ia menjelaskan bahwa ketika membangun platform Vidio perlu melihat adanya beberapa tantangan dan perubahan kompetisi platform digital di Indonesia. Platform Vidio membangun kerja sama dengan beberapa perusahaan produksi untuk membuat konten film atau series. Ia juga membagikan bahwa Platform Vidio terus berinovasi menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat.
Sutanto Hartono menjelaskan bahwa masyarakat Indonesia gemar menikmati konten lokal, dengan itu Vidio merilis “Vidio Original Series” yang bekerjasama dengan perusahaan produksi ternama di Indonesia untuk menghadirkan series-series lokal yang berkualitas. Terhitung sampai tanggal 24 Maret sudah ada 81 judul dalam “Vidio Original Series”. Dan dibandingkan dengan OTT lainnya, Vidio menjadi OTT yang paling banyak memiliki konten lokal premium, dalam kurun waktu 1 tahun sudah ada 408 episode yang rilis. Vidio juga menjadi rumah dari konten-konten olahraga, hal ini menjadi salah satu alasan penting mengapa banyak orang yang berlangganan Vidio.
Lebih lanjut, Ia menambahkan bahwa sebagai generasi muda penting untuk meningkatkan semangat dan keterampilan untuk menghadapi persaingan di dunia digital ini. Sutanto Hartono juga menyampaikan terkait lima poin penting advertising yang terdiri atas content, reach, influencers, event, dan integration. Dengan semangat muda, Ia menjelaskan bahwa Generasi Milenial membutuhkan ide – ide kreatif untuk menciptakan peluang kerja dan meningkatkan pertumbuhan bisnis di era digital khususnya dalam industri OTT.
Setelah itu sesi tanya jawab diadakan dan disambut dengan antusias oleh para mahasiswa/1 BINUS yang masih penasaran dengan materi yang disampaikan. Sebelum benar-benar menutup acara, Dr. Yanti, S.Kom.,M.M. selaku pengajar sistem informasi di BINUS memberikan plakat sebagai kenang-kenangan kepada Sutanto Hartono yang telah menjadi narasumber dan memberikan informasi yang bermanfaat bagi mahasiswa/1 BINUS.
Comments :