Komunikasi nonverbal memainkan peran penting dalam interaksi sosial sehari-hari. Mengutip dari Jurnal Komunikasi Verbal dan Nonverbal (2016) karya Tri Indah Kusumawati, komunikasi nonverbal adalah komunikasi yang penyampaian pesannya dikemas dalam bentuk bukan kata-kata. Nonverbal juga dapat diartikan sebagai tindakan manusia yang sengaja dikirimkan serta diinterpretasikan seperti tujuan pesannya, dan memiliki potensi umpan balik dari penerimanya. Ini berarti bahwa kita tidak hanya berkomunikasi melalui kata-kata, tetapi juga melalui bahasa tubuh dan ekspresi wajah.

Bahasa Tubuh: Bahasa tubuh, termasuk postur dan gerakan, dapat menyampaikan berbagai pesan. Misalnya, berdiri tegak dan membuka tangan menunjukkan kepercayaan diri dan keterbukaan, sementara menyilangkan tangan mungkin menandakan ketidaknyamanan atau penolakan. Tri Indah Kusumawati menyatakan bahwa tindakan-tindakan ini sering diinterpretasikan oleh orang lain untuk memahami maksud dan perasaan kita dalam interaksi sosial.

Ekspresi Wajah: Ekspresi wajah adalah bentuk komunikasi nonverbal yang paling mudah dikenali dan sering menyampaikan emosi secara langsung. Senyum, misalnya, menunjukkan keramahan dan kesiapan untuk berkolaborasi, sedangkan ekspresi marah atau cemberut bisa mengindikasikan ketidakpuasan. Ekspresi wajah memberikan umpan balik kepada lawan bicara mengenai bagaimana pesan kita diterima.

Kontak Mata: Kontak mata yang tepat menciptakan rasa keterhubungan dan kepercayaan. Terlalu sedikit atau terlalu banyak kontak mata bisa membuat percakapan terasa tidak nyaman. Menjaga kontak mata yang seimbang membantu menjaga komunikasi tetap efektif.

 

Dengan memahami bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan kontak mata, kita dapat meningkatkan kualitas interaksi sosial kita. Komunikasi nonverbal melengkapi kata-kata kita dan memperkuat pesan yang ingin kita sampaikan.

 

 

Referensi:

Burgoon, J. K., Guerrero, L. K., & Floyd, K. (2016). Nonverbal Communication (7th ed.). Boston: Pearson.

Mehrabian, A. (1972). Nonverbal Communication. Chicago: Aldine Publishing Company.

Hsee, C. K., & Ruan, B. (2016). The Role of Nonverbal Communication in Negotiations. Journal of Applied Social Psychology, 46(12), 693-703. https://doi.org/10.1111/jasp.12365

Kompas.com. (2022, January 3). Komunikasi Nonverbal: Pengertian dan Contohnya. Kompas.