Binus Communication Department mengadakan mentoring mengenai teknik pembuatan iklan layanan masyarakat yang efektif dengan narasumber, Andre Donas selaku Creative Director di Luar Kotak Creative Culture Community dan juga arkeolog.

Iklan layanan masyarakat adalah alat pemasaran yang bersifat persuasif dan berfungsi untuk menyampaikan pesan sosial yang bisa mendidik masyarakat. Andre berkata bahwa tujuan  untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, mendorong perubahan perilaku, meningkatkan kesadaran, dan mengatasi masalah yang terjadi. Sayangnya, kebanyakan iklan layanan masyarakat menjadi “iklan sekali pukul” yakni cuman sekali tayang. Seharusnya, kita memperlakukan iklan layanan masyarakat seperti membangun brand. Kita harus benar-benar memikirkan strategi menyampaikan pesan secara efektif.

Untuk membangun iklan layanan Masyarakat yang efektif, ada 6 langkah bagaimana cara kampanye bekerja, yakni

  • Awareness

Untuk membangun awareness atau kesadaran, kita harus tahu masalah apa yang ingin diangkat. Jika Masyarakat tahu bahwa masalah ini penting, maka kita berhasil membangun kesadaran di antara asyarakat.

  • Knowledge

Setelah tahu masalahnya, masyarakat akan mulai mencari informasi mengenai perkara tersebut. Lalu, masyarakat bisa memutuskan apakah masalah ini esensial untuk kepentingan pribadi atau tidak.

  • Liking

Di tahap ini, orang-orang sudah mulai menumbuhkan rasa empati dan peduli terhadap masalah tersebut

  • Preference

Di bagian ini, masyarakat mulai memperlihatkan keberpihakannya. Ada yang pro dan kontra. Pihak pro menunjukkan dukungannya terhadap masalah yang diangka, sementara yang kontra akan menyuarakan ketidaksetujuannya.

  • Conviction

Masyarakat sudah mulai yakin bahwa masalah ini pantas diangkat. Tetapi, ada juga yang belum yakin karena butuh informasi tambahan.

  • Purchase

Tahap terakhir ini menunjukkan keyakinannya dengan merubah perilakunya.

      Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Dumb_Ways_to_Die

Salah satu contoh iklan layanan masyarakat yang sukses adalah Dumb Ways to Die. Sebagian besar orang mengetahui ini adalah aplikasi game, padahal ini adalah iklan layanan masyarakat yang dirilis oleh Metro Trains Melbourne. Awalnya, kampanye ini dibuat untuk meningkatkan kesadaran terhadap keselamatan kereta api. Tidak seperti iklan layanan masyarakat lainnya, Dumb Ways to Die dikemas dengan cara unik dan kreatif, ditambah lagunya yang gampang diingat oleh semua orang bahkan menjadi sound viral di tiktok. Lalu, merambah ke game yang bisa diunduh di IOS atau google play store. Efek yang terjadi adalah berkurangnya jumlah kecelakaan sebesar 20% semenjak kampanye tersebut diluncurkan. Ini menunjukkan bahwa iklan layanan masyarakat tersebut berhasil karena mencapai tahap conviction.

Kampanye iklan layanan masyarakat yang kita dengar, kesannya membosankan. Akan tetapi, bisa menjadi menarik jika kita tahu cara mengemasinya seperti Dumb Ways to Die yang sukses menyampaikan pesannya tidak menggunakan cara yang tradisional.