Communication Department mengadakan pengalaman Table Manner di BINUS Hotel Management
(Senin, 3/6) BINUS Communication Department berkolaborasi dengan program hotel management untuk membuat kelas table manner yang diadakan di restoran hotel management Binus Anggrek. Kesempatan ini tidak dilewatkan oleh mahasiswa/i yang ingin tahu lebih dalam mengenai table manner karena kemampuan ini sangat penting ketika diundang ke perjamuan makan malam atau dihadapkan dengan klien. Ditambah, kesadaran tentang bagaimana tata cara makan yang tepat dapat mencerminkan tingkat sopan santun seseorang. Ini termasuk hal-hal seperti bagaimana duduk dengan benar di meja, cara menggunakan peralatan makan dengan tepat, dan bahkan cara berbicara saat makan bersama orang lain. Semua ini merupakan bagian dari gambaran yang lebih besar tentang bagaimana kita berinteraksi dengan orang lain di meja makan.
Pengalaman pertama kami mengikuti kelas table manner sangat berkesan. Pada awal, mungkin banyak mahasiswa/i yang merasa canggung karena belum terbiasa dengan berbagai aturan makan yang detail. Namun, seiring berjalannya pelatihan, rasa canggung tersebut perlahan hilang, digantikan oleh rasa senang dan kepuasaan karena mendapatkan pengetahuan baru dari mengikuti kelas table manner ini. Sebelumnya, beberapa mahasiswa/i tidak mengetahui bagaimana cara menggunakan pisau, sendok, garpu, dan sendok. Dalam kelas table manner ini, mahasiswa/i diajarkan cara memegang dan menggunakan alat makan dengan tepat serta urutan penggunaannya, Selain itu, mahasiswa/i juga belajar tentang cara duduk yang baik dan postur tubuh yang benar saat makan. Lalu, mengambil dan menerima makanan juga diatur dengan etika tertentu serta bagaimana cara menolak makanan secara sopan jika tidak ingin. Kemudian, cara berkomunikasi yang baik dan sopan saat makan merupakan bagian yang penting table manner. Disini mahasiswa/i diajarkan untuk menjaga volume suara, menghindari topik pembicaraan yang tidak pantas dan menunjukkan rasa hormat kepada orang lain yang sedang berbicara.
Semua pelayan yang bertugas merupakan mahasiswa/i dari jurusan hotel management. Mereka menggunakan seragam khusus yang memberikan kesan profesionalisme. Begitu juga, para tamu dilayani dengan ramah dan sopan. Begitu juga, makanan yang disediakan, dimasak oleh para chef dari jurusan tersebut yang terdiri dari:
- Appetizer atau makanan pembuka, honey glazed chicken wings with pickled jicama.
- Main course atau hidangan utama, roasted whole chicken with creamy mushroom sauce, loaded potato skins, and sauce mix vegetable.
- Dessert atau makanan penutup yakni traditional english trifle.
Pengalaman ini tidak hanya berharga bagi jurusan hotel management karena mereka bisa mengaplikasikan ilmunya secara langsung. Tetapi juga, mahasiswa/i komunikasi ikut merasakan manfaat dari ilmu yang mahal ini sehingga bisa mempraktekkannya di situasi professional.
Comments :