Pernah gak sih merasa bingung mau cari inspirasi dimana? Padahal inspirasi bisa datang dari mana aja mau dari kehidupan nyata atau dunia digital. Nah, pas banget BINUS Bekasi mengadakan talkshow yang dibintangi oleh Ferari Tioarbi, Senior Creative Director di VML Indonesia. Ferari lulus dengan gelar bachelor of multimedia dari Multimedia University, Malaysia dan sudah berkecipung di industri kreatif selama 10 tahun lebih. Apalagi, kliennya brand-brand ternama seperti SGM, Surya, Citra, Chupa Chups dan sebagainya. Wah, udah gak perlu diragukan lagi kredibilitasnya. Yuk, kita langsung intip pembicaraannya!

Ferari mengatakan bahwa sudah banyak platform-platform digital yang bisa kita gunakan untuk mencari inspirasi seperti Instagram, X (twitter), Youtube, Tiktok. Pinterest, Midjourney bahkan Chatgpt. Ada beberapa proyek yang memanfaatkan sosial media untuk mendapatkan ide. Salah satu contohnya ketika Ferari mendapatkan klien dari bank BCA. BCA datang dengan tujuan yakni ingin mengapresiasi nasabah-nasabahnya dan pelanggan makin sayang dan suka brandnya atau brand love. Semakin tinggi brand lovenya, semakin tinggi juga penjualannya. Tetapi BCA tidak tahu cara melakukannya. Setelah dicari tahu, Ferari menemukan di X (twitter) bahwa tanggapan masyarakat terhadap BCA sangatlah positif dari satpamnya yang ramah dan produk-produk yang ditawarkan. Akhirnya, muncul ide untuk bikin kampanye dengan hashtag #BCADenganTulus yang dibintangi oleh penyanyi kondang Indonesia, Tulus.

Tidak hanya sekedar hashtag, tetapi dibalut juga dengan short movie dan lagu yang terinspirasi dari apresiasi dan dukungan dari nasabah di media sosial. Alhasil, karya tersebut mendapatkan 46,8 juta views dan menjadi video yang paling banyak ditonton dalam sejarah Solusi BCA dan kanal Youtube institusi perbankan dan keuangan di Indonesia.

Dari contoh tersebut, kita bisa simpulkan bahwa media sosial tidak hanya dipakai untuk sarana komunikasi, tetapi juga untuk mencari ide yang kreatif serta inovatif. Dengan adanya berbagai pilihan media sosial, gunakanlah dengan bijak untuk mencari inspirasi untuk karya kamu.