Mencari pekerjaan adalah proses hidup yang perlu dilalui, khususnya bagi para mahasiswa Tingkat akhir yang sudah menyelesaikan perkuliahan. Informasi lowongan kerja pada masa kini dapat dicari dan diakses dengan menggunakan mesin pencarian seperti Google. Namun, kita perlu mengetahui beberapa website yang dapat mempermudah untuk meperoleh informasi lowongan kerja, bahkan hingga membantu dalam proses dalam melamar pekerjaan. Bagi para pelamar pekerjaan, artikel ini akan membahas referensi website untuk kalian telusuri dan dapat membantu proses pencarian kerja mereka.

 

Website lowongan kerja sendiri memiliki keunggulan yang dapat dimanfaatkan. Akses website dapat dijangkau dengan luas yang artinya akan banyak informasi tentang lowongan kerja dari berbagai industry dan posisi. Website dirancang untuk memudahkan para user dalam mencari dan menemukan pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi anda. Ada beberapa fitur tambahan yang dapat menjadi pertimbangan seperti adanya informasi tambahan tentang tips dan trik bagi pelamar, bahkan ada fitur easy apply dengan maksud membantu pelamar dalam mengirimkan CV ke Perusahaan yang dituju. Tentunya fitur tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.

Berikut referensi website untuk memudahkan anda dalam mencari pekerjaaan:

  1. JobStreet

Merupakan website lowongan terbesar di Asia Tenggara. Perlu diketahui JobStreet juga memberikan pengalaman bagi pelamar untuk mencari pekerjaan di luar negeri. Informasi yang diberikan juga cukup detail sesuai dengan filter yang sudah kalian atur. Anda dapat menemukan informasi seperti lokasi Perusahaan dan posisi yang dibutuhkan. Ada beberapa informasi yang mencatumkan informasi gaji rata-rata untuk posisi tersebut.

  1. LinkedIn

LinkedIn merupakan platform social media bagi para professional untuk networking dengan berbagi pengalaman professional mereka. Selain itu, LinkedIn berguna untuk melamar pekerjaan dan profiling industry yang kalian tuju. Fitur yang perlu kalian manfaatkan adalah Easy Apply melalui profile LinkedIn kalian. Platform sosial media memudahkan pengguna untuk berinteraksi dengan professional yang nantinya dapat menjadi rekomendasi bagi mereka.

  1. Indeed

Indeed adalah mesin pencarian lowongan kerja terbesar di dunia. Memiliki kemiripan dengan JobStreet, namun Indeed lebih luas karena merupakan website internasional. Kalian dapat menunggah resume kalian untuk memudahkan kalian dalam melamar pekerjaan. Prosesnya akan lebih mudah. Fitur lainnya adalah notifikasi pembukaan lowongan pada Perusahaan yang sudah kalian bidik atau inginkan.

4. Binus Career

Web Binus Career dapat menjadi referensi bagus untuk mahasiswa yang sedang menjalani enrichment internship atau mahasiswa tingkat akhir yang ingin segera bekerja setelah lulus kuliah. Banyaknya perusahaan yang dapat dipilih sesuai dengan spesifikasi dan kategori. Dalam web ini terdapat menu seperti Online Recruitment, Expo, Career Development, Placement dan Social Media.

Bantuan website dalam mencari lowongan pekerjaan dapat mempermudah pelamar dalam mencari kerja. Platform mencari kerja yang berbentuk website memberikan kalian fitur untuk meningkatkan pengalaman mencari kerja kalian. Efektivitas website tersebut sangatlah tinggi bagi para pelamar. Namun, pelamar harus tetap memberikan konten yang original dan memberikan data diri yang sesuai sehingga dapat dipertanggungjawabkan. Semakin banyak peluang bagi kalian untuk menemukan pekerjaan yang sesuai minat dan bakat kalian. Manfaatkan website-website yang ada dengan baik dan benar, dengan begitu kalian dapat merasakan manfaatnya!