Cover letter menjadi bagian penting dalam proses aplikasi kerja untuk mahasiswa. Fungsi cover letter adalah merupakan ruang bagi para pelamar untuk menjelaskan secara detail tentang pengalaman, kualifikasi, motivasi, dan tujuan bagi pelamar. Membuat cover letter dibutuhkan penulisan yang baik untuk memberika kesan pertama yang positif untuk para perekrut sebagai bahan kualifikasi untuk proses selanjutnya yaitu wawancara.

Pada masa kini, teknologi AI dapat membantu pembuatan cover letter secara lebih cepat dan efisien. Beberapa website yang menawarkan fitur bagi mahasiswa tingkat akhir sebagai referensi pembuatan cover letter, berikut beberapa fitur yang perlu kalian ketahui, antara lain:

  1. Template

Website dengan AI membantu menyediakan template cover letter yang beragam. Berbagai macam kategori yang disesuaikan dengan industry dan posisi yang ingin kalian tuju. Hanya perlu memberikan beberapa data dan informasi, AI akan memberikan saran dan menyesuaikan dengan template sesuai dengan kebutuhan spesifik bagi pembuat cover letter. Contoh website yang dapat memberikan berbagai macam template adalah :

a. Canva

b. resume.io

2. Koreksi Bahasa

Dalam prosesnya, ada beberapa website yang memberikan fitur koreksi Bahasa untuk cover letter untuk menjadi lebih formal. Fitur yang ditawarkan ialah berupa koreksi dalam tata Bahasa. Fitur lanjutan yang dapat kita nikmati selanjutnya memberikan rekomendasi dengan pemilihan kata dan frasa yang professional. Berikut beberapa website yang dapat membantu pengolahan kata dalam cover letter kalian:

a. Resume Worded

b. Zety

  1. Personalisasi

Fitur AI dalam menganalisi deskripsi pekerjaan yang sesuai dengan kalimat atau kata yang  kalian input. AI dapat menganalisis kebutuhan, dengan menggunakan kalimat yang telah adna input. Untuk itu, kalian perlu menuliskan pengalaman dan posisi, sehingga AI dapat dengan mudah memberikan cover letter yang sesuai dengan kebutuhan anda. Fitur tersebut dapat dinikmati pada website berikut:

a. Kickresume

b. Cakeresume

Pemanfaatan fitur AI dalam pembuatan cover letter adalah sebuah inovasi modern dengan memberikan banyak keutungan bagi mahasiswa. Kemampuan memberukan kenyamanan penggunaan dengan memberikan kemudahan dengan interface yang simple dan dapat dipahami. Dalam prosesnya AI dapat memberikan kalian pengalaman terbaik pada proses pembuatan cover letter dengan memanfaatkan fiturnya. Teknologi AI pada website diatas dalam menjadi referensi bagi mahasiswa Tingkat akhir untuk membantu brainstorm. Peluang yang ada harus dimanfaatkan dengan baik, namun penggunaannya harus tetap pertanggung jawab. Sebagai mahasiswa, teknologi AI tetap harus dibantu oleh kecerdesaan dan kreativitas mahasiswa sendiri. Tidak ada salahnya dalam mencoba fitur AI pada website untuk membantu pencarian kerja. Selamat mencoba dan tetaplah bertanggung jawab.