Jum’at (17/5/2024), BINUS University mengadakan acara ‘Sharing Film Maker: Umay Shahab’. Muhammad Arfiza Shahab (lahir 16 Februari 2001), dikenal sebagai Umay Shahab adalah pemeran, sutradara, produser, penulis naskah, penyanyi, dan presenter Indonesia. Karirnya dimulai pada tahun 2009, Umay mulai merambah ke dunia tarik suara dengan mengeluarkan album berjudul Umay. Umay memulai karir penyutradaraannya dengan mengarahkan film pendek berjudul Cinta di Balik Awan pada tahun 2016. Pada tahun 2021, Umay memulai debut sebagai sutradara film panjang melalui judul Kukira Kau Rumah yang dirilis pada tanggal 3 Februari 2022 di bioskop. Umay Shahab menyampaikan pesan mengenai kesehatan mental dalam arahannya, yang saat ini menjadi topik pembicaraan namun sering terabaikan. Film ini berhasil menarik lebih dari 2 juta penonton, karir Umay pun semakin melonjak pesat.

Umay Shahab merupakan artis sekaligus penulis dari rumah produksinya yaitu Cinemaku Picture, yang kita bisa lihat sudah banyak hasil karyanya. Pada awalnya Umay memiliki cita-cita untuk menjadi penulis film, hingga diberi kesempatan oleh Cinemaku Picture untuk menampilkan sebuah karya tulis nya, awal karir Umay sebagai seorang penulis sebagai seorang penulis sinetron, hingga saat ini impian nya tercapai untuk menjadi penulis film. Sangat banyak insight Umay sebagai seorang penulis dalam sesi Artis Mengajar yang diselenggarakan oleh Departemen Komunikasi BINUS.

 

Dalam sesi Artis Mengajar ini, Umay membawakan materi tentang bagaimana prosedur pembuatan film, bagaimana penulisan skenario dan produksi film, apa saja yang perlu diperhatikan saat proses pembuatan film. Apa itu film? Film adalah media komunikasi yang memiliki kandungan nilai seni dan budaya, dengan menggabungkan unsur suara atau tanpa suara sehingga komunikasi menjadi efektif sehingga pesan yang disampaikan bisa ditangkap dengan baik.

 

Selain itu, Umay juga berbagi pengalamannya bagaimana cara untuk membentuk sebuah skenario secara detail, tahapan-tahapan pada produksi film, prosedur pembuatan film. Berbagai langkah yang Umay buat dalam menciptakan sebuah film dengan hasil yang maksimal, dari mulai mencari ide, gagasan utama, tema, dan kata kunci. Menurut Umay langkah utama pada kerangka pembuatan film untuk mencapai suatu tujuan yaitu menentukan karakter yang cocok untuk memerankan peran tersebut dan mencari solusi bagaimana menyelesaikan sebuah halangan serta rintangan yang dihadapi para tokoh.

 

Dan yang tidak tertinggal poin penting dalam pembuatan film melakukan langkah yang ketiga sebagai langkah yang terakhir dalam proses produksi film. Langkah tersebut kinerja kerja untuk merangkum dari dua langkah yang tadi dan merubah menjadi sebuah sinopsis, Umay juga memberi sebuah gambaran konversi pada sebuah skenario yang biasa dibuat saat produksi film dan membuat dalam bentuk durasi halaman pada skenario.

Tak berhenti disitu, Umay pun menjelaskan bagaimana perbedaan yang dirasakannya ketika di hadapan layar dan di balik layar. Ternyata tantangan untuk mengatasi banyak orang dan situasi adalah jawabannya. “Bedanya mungkin lebih ke tantangannya gimana cara ngehandle 100 orang lebih terus juga gimana cara bisa menghandle situasi, krisis gitu jadi banyak hal yang lebih dihandle sekarang dan itu lebih menantang sih,” jelas Umay Shahab. Terlebih lagi ia sudah berkecimpung di depan layar mulai usia 5 tahun.

Tahapan Produksi Film

 

  1. Pra Produksi
  • Konsep/ Cerita
  • Penulisan Skenario
  • Casting, Reading
  • Hunting Lokasi, Recce
  • Meeting Persiapan Produksi: Color Palette, Mood Board, Wardrobe, Make-up
  • Equipment Camera dan Lighting

 

  1. Produksi
  • Pengambilan Gambar/ Shooting
  • Foto Poster

 

  1. Pasca/ Post Produksi
  • Editing Offline, Picture Lock
  • Editing Online: Grading, Music Scoring, Sound Design, CGI, Final Materi (DCP/ Copy A)
  • Poster, Teaser, Trailer, Release
  • Promosi On Air (Social Media, Media Electronic)
  • Promosi Off Air (Jumpa Fans, Acara Diskusi, Dll)

Setelah Umay selesai dengan materinya, tim Departemen Komunikasi BINUS melanjutkan acara ini dengan sesi QnA yang ditujukan kepada Umay sebelum kegiatan Artis Mengajar ini berakhir.