(Sabtu, 27/4) – Binus University mengadakan pelatihan public speaking bersama Komunitas Yayasan Bulir Padi. Pelatihan ini terjalin antara Binus University dan Yayasan Bulir Padi bersama memahami perkembangan global, dimana keterampilan berbicara di depan umum atau Public Speaking menjadi salah satu aspek yang sangat penting bagi setiap individu. Binus University menghadirkan Pak Marginata sebagai Fasilitator dari Communication Department dan juga para peserta dari Yayasan Bulir Padi. Pelatihan Public Speaking yang dibawakan oleh Pak Marginata mengedukasi dan memberikan pelatihan kepada siswa/i Yayasan Bulir Padi mengenai bagaimana menerapkan Public Speaking secara baik dan benar.

Selama pelatihan berlangsung, beliau menjelaskan bagaimana cara berbicara di depan umum dengan lancar dan baik. Selain itu, pentingnya untuk memperhatikan kepercayaan diri yang akan mempengaruhi cara berbicara di depan umum agar tidak terlihat gugup. Public Speaking tentunya harus menjadi dasar kemampuan yang akan berguna di dunia kerja nanti. Oleh karena itu, pelatihan yang diadakan ini sangat  berguna untuk mempersiapkan peserta agar dapat siap di dunia perkuliahan hingga dunia kerja. Public speaking dapat diasah secara otodidak dari waktu ke waktu. Pak Marginata menekankan bahwa Public Speaking yang baik dan yang benar dapat diterapkan dengan mengenali audiens nya terlebih dahulu dan memperhatikan bahasa tubuh saat sedang berbicara.

Siswa/i Yayasan Bulir Padi juga diajak langsung untuk mempraktekan bagaimana menerapkan aspek-aspek Public Speaking. Kemudian, terdapat sesi praktek dan diberikan kesempatan untuk menyampaikan materi kepada audiens di dalam kelas sebagai bentuk pelatihan menggunakan teknik-teknik Public Speaking yang sudah dibahas di sesi sebelumnya. Dalam sesi ini, para siswa/i Yayasan Bulir Padi dibuat menjadi 5 kelompok untuk mengumpulkan materi sesuai dengan tema yang telah mereka buat dan nantinya akan mereka tampilkan lewat perwakilan anggota.

Setelah sesi praktek tersebut para dosen berdiskusi dan menentukan pemenang dari acara pelatihan ini. Para pemenang tersebut mendapatkan hadiah yang telah disediakan Merchandise dari Binus University X TFI Binus. Keseruan acara pelatihan ini tentunya diharapkan akan menjadi pengalaman bagi para peserta untuk menerapkan Public Speaking kedepannya. Kegiatan ini diharapkan juga agar para siswa/i yang berada di Yayasan Bulir Padi berani tampil di depan umum dengan public speaking yang baik guna menjadi bekal bagi mereka untuk menghadapi karir profesional di masa yang akan datang. Selain itu, kolaborasi antara Binus University dan Yayasan Bulir Padi merupakan contoh nyata dari upaya bersama dalam mempersiapkan generasi masa depan yang tangguh dan siap menghadapi perubahan global.