Di tahun 2023 ini, Apple mengeluarkan produk baru dari series iphone, yaitu iphone 15. Jadi iphone 15 dibagi jadi empat tipe, ada Iphone 15, Iphone 15 plus, Iphone 15 Pro dan Iphone Pro Max. Dari semua tipe ini, mereka mempunyai perbedaan dari beberapa faktor. Seperti display, berat kamera dan processor (Ivan Metha, 2023). Tidak hanya itu, tapi Iphone 15 terdapat warna baru seperti hijau, merah muda, kuning, biru, putih dan hitam (Iskra Petrova, 2023).

Selama ini Apple mengeluarkan seri Iphone baru dalam waktu yang singkat. Contoh, baru saja tahun lalu tepatnya 16 September 2022, Iphone 14 baru dikeluarkan dan 2 tahun sebelumnya tepatnya 24 september 2021, Iphone 13 juga baru dirilis. Buat Saya, Iphone terlalu cepat dalam merilis seri baru. Karena update yang dikasih sangat tidak relevan dan kurang optimal.

Karena, di satu minggu sampai dengan 1 bulan Iphone 15 ini rilis ; banyak masalah yang terjadi dari pengguna iphone 15. Ada yang komplain mengenai layar iphone 15 yang tiba-tiba error dan tidak bisa dimatikan. Lebih parah lagi, ada orang yang mengalami malfungsi sehari setelah membeli Iphone 15 Pro Max dan orang tersebut adalah tiktokers dengan akun @cayydences. Ditambah lagi, kamera depan Iphone 15 ini betul-betul kasih detail pori-pori yang ada di muka kita. Hal ini pun menjadi sesuatu yang membuat market tidak tertarik untuk membelinya.

Selain itu, ada video youtube dari akun JerryRigEverything. Di video tersebut Ia mencoba untuk mematahkan Iphone 15 Pro Max untuk melihat durabilitasnya, tetapi HP tersebut langsung retak di sisi belakangnya yang terbuat dari titanium. Namun, hal ini tidak bisa memastikan jika Iphone 15 sangat ringkih. Karena, ada beberapa orang di sosial media yang coba untuk memecahkan  Iphone 15 dan rata-rata Iphone 15 itu tidak retak. Namun, tes durabilitas seperti menjatuhkan Iphone 15 dari ketinggian lebih cenderung untuk Iphone 15 pecah ataupun retak.

Selanjutnya, Iphone 15 mempunyai charger port yang baru. Sekarang sudah seperti HP Android, yaitu menggunakan charger type C. Hal ini lebih dilihat di sisi positifnya, karena dengan charger type C, kalau ada macbook atau airpods kita sebagai pemunya gadget-gadget Apple tidak perlu membawa banyak kabel. Untuk sisi negatif, pengguna Iphone sebelumnya mungkin merasa sia-sia, karena beberapa orang sudah beli charger berkali-kali dan sekarang charger mereka akan tidak dipakai dan tidak berguna.

Kesimpulannya, Iphone 15 ini cocok untuk orang yang benar-benar setia terhadap produk-produk Apple. Namun, dari segi harga dan update yang didapatkan lebih baik kalau ingin hemat lebih baik beli Iphone 14 atau 13. Karena series itu masih bagus untuk di jaman sekarang. Saya sendiri jika dapat kesempatan untuk mempunyai produk Apple, Saya lebih pilih Iphone 14 karena dari Assistant editor ITGD mengatakan baterai lebih tahan lama dan kamera yang lebih cerdas dan Saya setuju. Tetapi, kalau dipertimbangkan lagi secara umum kurang layak Iphone 15 untuk dibeli.

Referensi: